Roboguru

Tuliskan 3 macam jenis usaha perseorangan beserta contohnya!

Pertanyaan

Tuliskan 3 macam jenis usaha perseorangan beserta contohnya! space 

  1. ... space 

  2. ... space 

Pembahasan Soal:

Ada beberapa jenis usaha yang dapat dilakukan oleh perusahaan perorangan, diantanya:

  1. Perdagangan, kegiatan menjual barang kepada konsumen tanpa harus diolah terlebih dahulu, jenis usaha ini yang paling banyak dijumpai di lingkungan sekitar kita. Seperti, pedagang makanan, warung, dan sebagainya.
  2. Jasa, kegiatan menjual jasa kepada konsumen. Jenis usaha ini juga paling banyak dijumpai di lingkungan sekitar kita, seperti jasa ojek online, jasa dokter di rumah sakit atau puskesmas, dan sebagainya.
  3. Industri Kecil, kegiatan pembuatan sebuah barang dari barang mentah menjadi barang jadi, seperti usaha meubel, keramik, dan sebagainya. space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Rachman

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini yang termasuk ciri badan usaha milik swasta perorangan adalah

Pembahasan Soal:

Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) Perseorangan adalah badan usaha yang didirikan oleh satu orang dimana orang tersebut merupakan pendiri, pemodal sekaligus orang yang menjalankan usaha tersebut. Ciri-ciri BUMS perseorangan antara lain:

  • Maju mundur usaha tergantung kepada pemiliknya. Hal ini lantaran BUMS perseorangan hanya dimiliki dan dijalankan oleh satu orang sehingga maju mundurnya usaha tergantung kepada keahlian pemiliknya.
  • Modalnya berasal dari satu orang yang juga merupakan pengelola dan pemilik usaha.
  • Manajemennya sangat sederhana. Hal ini lantaran BUMS perseorangan hanya dijalankan oleh satu orang dan tidak ada struktur organisasi yang jelas sehingga manajemennya pun sangat sederhana.
  • Pemilik usaha memiliki kewenangan yang tidak terbatas terhadap usaha. Hal ini lantaran tidak ada pemilik lainnya dalam badan usaha perseorangan.

Dengan demikian, yang termasuk ciri badan usaha milik swasta perorangan adalah maju mundurnya badan usaha tergantung pada pemilik badan usaha.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space

0

Roboguru

Berikut ini merupakan badan usaha yang tidak berbadan hukum, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Badan usaha yang tidak berbadan hukum yaitu :undefined 

  1. Firma (Fa)undefined 
  2. Persekutuan komanditer (CV)undefined 
  3. Persekutuan Perdataundefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah Bundefined 

0

Roboguru

Mengapa perusahaan perseorangan sulit berkembang?

Pembahasan Soal:

Perusahaan perseorangan sulit untuk berkembang dikarenakan:

  1. Perusahaan tersebut hanya dikelola dan dibangun oleh pribadi sendiri
  2. Lebih sulit memperoleh modal
  3. Pemilik bertanggungjawab terhadap hutang secara penuh.space

0

Roboguru

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah. Begitu juga dengan Indonesia, UKM memiliki peranan yang sángat penting sehingga perlu dike...

Pembahasan Soal:

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) didefinisikan sebagai kegiatan ekonomi produktif yang berdiri sendiri. Usaha ini dilakukan perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar serta memenuhi kriteria lain. Ada pun peran dari UMKM dalam perekonomian adalah:

  1. Sarana memeratakan tingkat perekonomian rakyat kecil. UMKM berperan dalam pemerataan tingkat perekonomian rakyat sebab berada di berbagai tempat. UMKM bahkan menjangkau daerah yang pelosok sehingga masyarakat tidak perlu ke kota untuk memperoleh penghidupan yang layak.
  2. Sarana mengentaskan kemiskinan. UMKM berperan untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan sebab angka penyerapan tenaga kerja terhitung tinggi.
  3. Sarana pemasukan devisa bagi negara. UMKM menyumbang devisa bagi negara sebab pasarnya tidak hanya menjangkau nasional melainkan hingga ke luar negeri.space 

0

Roboguru

Badan usaha dibedakan menjadi perusahaan perorangan, CV, firma dan perusahaan terbuka. Dasar pengelompokkan badan usaha tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Badan usaha milik swasta dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain badan usaha perseorangan, Firma, Komanditer (CV) dan perusahaan terbuka.

Firma adalah adalah badan usaha yang didirikan oleh beberapa orang atau beberapa perusahaan dengan memakai nama bersama. Komanditer (CV) adalah badan usaha yang didirikan oleh dua orang atau lebih dimana orang-orang tersebut ada yang berkontribusi modal (sekutu pasif) dan berkontribusi terhadap kerja (sekutu aktif). Perusahaan perseorangan adalah badan usaha yang didirikan oleh satu orang dimana orang tersebut bertindak sebagai pemodal sekaligus orang yang menjalankan usaha.  Perusahaan publik atau perusahaan terbuka adalah badan usaha yang sahamnya telah dimiliki sekurang-kurangnya oleh 300 pemegang saham.

Penggolongan badan usaha ini didasarkan pada struktur modalnya dan jumlah orang yang terlibat dalam badan usaha tersebut. undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved