Roboguru

Tulisakan reaksi ionisasi senyawa di bawah ini dan tentukan termasuk elektronik kuat,lemah,atau non elektronik! HCIO4

Pertanyaan

Tulisakan reaksi ionisasi senyawa di bawah ini dan tentukan termasuk elektronik kuat,lemah,atau non elektronik!

HCIO4

Pembahasan Soal:

reaksi ionisasi HCIO4 :

H C I O subscript 4 yields H to the power of plus sign and C I O subscript 4 to the power of minus sign (asam kuat)

Larutan elektrolit kuat adalah larutan yang memiliki daya hantar listrik sangat baik karena dalam larutan terdapat banyak ion yang bebas bergerak yang disebabkan terjadinya peristiwa ionisasi sempurna. Artinya, semua zat elektrolit terurai menjadi ion-ionnya. Larutan elektrolit kuat dapat dihasilkan dari asam kuat, basa kuat dan garam netral.

Jadi, HCIO4 termasuk dalam elektrolit kuat .

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Nurul

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Diketahui beberapa larutan beserta konsentrasinya sebagai berikut:           Larutan yang diperkirakan memiliki kekuatan daya hantar listrik sama ditunjukkan oleh angka ....

Pembahasan Soal:

Larutan yang memiliki daya hantar yang sama dapat diketahui dari jenis elektrolit, konsentrasi, dan jumlah ionnya.

Larutan urea begin mathsize 14px style C O open parentheses N H subscript 2 close parentheses subscript 2 end style merupakan satu-satunya larutan non-elektrolit (larutan yang tidak dapat terionisasi) dan tidak ada konsentrasi larutan lain yang sama dengannya. Larutan lainnya merupakan larutan elektrolit kuat (asam/basa kuat).

Larutan begin mathsize 14px style H Cl end style dan begin mathsize 14px style K I end style memiliki jumlah ion yang sama, yaitu 2 ion berikut reaksi ionisasinya:

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell H Cl end cell rightwards arrow cell H to the power of plus sign and Cl to the power of minus sign end cell row cell space space K I end cell rightwards arrow cell K to the power of plus sign and I to the power of minus sign end cell end table

Namun, keduanya memiliki konsentrasi yang berbeda, maka keduanya tidak memberikan daya hantar listrik yang sama.

Larutan begin mathsize 14px style H subscript 2 S O subscript 4 end style dan begin mathsize 14px style Ca open parentheses O H close parentheses subscript 2 end style memiliki jumlah ion yang sama, yaitu 3 ion berikut reaksi ionisasinya:

space space space H subscript 2 S O subscript 4 yields 2 H to the power of plus sign and S O subscript 4 to the power of 2 minus sign end exponent Ca open parentheses O H close parentheses subscript 2 yields Ca to the power of 2 plus sign and 2 O H to the power of minus sign

Keduanya memiliki konsentrasi 0,5 M. Jadi, larutan yang diperkirakan memiliki kekuatan daya hantar listrik sama ditunjukkan oleh angka 1 dan 5.

Jadi, jawaban yang benar adalah larutan 1 dan 5 dan jawaban tidak terdapat pada opsi.

0

Roboguru

Terdapat beberapa senyawa: Asam cuka Asam sulfat Gula Alkohol Urea Di antara larutan berikut yang termasuk elektrolit kuat adalah ....

Pembahasan Soal:

Larutan elektrolit kuat dapat menghantarkan arus listrik dengan baik sehingga saat diuji dengan alat penguji elektrolit menghasilkan nyala lampu terang dan banyak gelembung gas. Elektrolit kuat dalam air akan terionisasi sempurna menjadi ion-ionnya sehingga derajat ionisasi (undefined) = 1. Larutart elektrolit kuat terdiri atas larutan-larutan asam kuat, basa kuat, dan garam (kecuali garam merkuri).

  1. Asam cuka = asam lemah (elektrolit lemah)
  2. Asam sulfat = asam kuat (elektrolit kuat)
  3. Gula = nonelektrolit
  4. Alkohol = nonelektrolit
  5. Urea = nonelektrolit

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Pasangan larutan berikut yang merupakan elektrolit kuat dan lemah adalah ...

Pembahasan Soal:

Senyawa - senyawa yang termasuk elektrolit kuat adalah asam kuat, basa kuat, dan garam yang terbentuk dari reaksi asam kuat dengan basa kuat. Namun, senyawa yang termasuk elektrolit lemah adalah asam lemah, basa lemah, dan garam yang terbentuk dari reaksi asam lemah dan basa lemah.

Jadi, yang termasuk senyawa elektrolit kuat yaitu begin mathsize 14px style Na Cl space dan space H subscript 2 S O subscript 4 end style, sedangkan senyawa elektrolit lemah yaitu begin mathsize 14px style N H subscript 4 O H space dan space C H subscript 3 C O O H end style.

0

Roboguru

Berdasarkan data tersebut, larutan non elektrolit dan larutan elektrolit kuat secara berturut-turut terdapat pada larutan ....

Pembahasan Soal:

Uji daya hantar listrik dapat digunakan untuk menentukan suatu larutan bersifat elektrolit kuat, elektrolit lemah, atau non-elektrolit.

Larutan Non-Elektrolit yaitu larutan yang tidak menghantarkan listrik, karena zat terlarutnya tidak terionisasi dalam air. Umumnya berasal dari senyawa kovalen nonpolar dan kovalen polar yang tidak terionisasi. Pada pengujian daya hantar listrik, di elektroda tidak ada gelembung dan lampu tidak menyala (padam).

Larutan Elektrolit Kuat yaitu larutan yang zat terlarutnya terionisasi sempurna dalam air menjadi ion-ion yang bergerak bebas. Pada pengujian daya hantar listrik, di elektroda ada gelembung dan lampu menyala terang.

Berdasarkan penjelasan diatas, larutan nonelektrolit adalah larutan W dan larutan elektrolit kuat adalah larutan X.

Jadi, jawaban yang tepat adalah larutan W dan X.space 

0

Roboguru

Dalam suatu percobaan beberapa larutan diberi label P, Q, R, dan S. Kempat larutan diuji daya hantar listriknya untuk menyalakan rangkaian sebuah lampu. Hasil pengujian menunjukkan larutan P dan Q dap...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan data, larutan P dan Q dapat menyalakan lampu dan gelembung gas yang terbentuk di dalam larutan Q lebih banyak dibandingkan larutan P. Artinya keduanya merupakan elektrolit, dan kekuatan elektrolit Q lebih kuat dibandingkan P. Sementara, larutan R dan S tidak dapat menyalakan lampu tetapi terbentuk sedikit gelembung gas dalam larutan R dan tidak terdapat gelembung gas dalam larutan S. Oleh karena itu, larutan R merupakan elektrolit yang lebih lemah lagi, dan S adalah nonelektrolit.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved