Roboguru

Tujuan Sumpah Pemuda tahun 1928 adalah...

Pertanyaan

Tujuan Sumpah Pemuda tahun 1928 adalah...

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda merupakan tonggak utama perjuangan bangsa khususnya para pemuda dalam membangkitkan semangat di masa Pergerakan Nasional. Sumpah Pemuda berisi ikrar para pemuda-pemudi Indonesia yang menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa yakni Indonesia. Sumpah Pemuda dicetuskan pada 28 Oktober 1928, yang bertujuan untuk.

  1. Membangkitkan jiwa nasionalisme, Sumpah Pemuda bertujuan untuk membangkitkan rasa nasionalisme bangsa Indonesia, khususnya para pemuda untuk menentang, melawan, dan mengusir penjajah.
  2. Membangun kesatuan dan persatuan, untuk meraih kemerdekaan, seluruh masyarakat Indonesia harus bersatu. Karena itulah, Sumpah Pemuda dibuat guna membangun dan mempertebal kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.
  3. Melaksanakan cita-cita untuk mengumpulkan seluruh pemuda Indonesia, Sumpah Pemuda bertujuan mengumpulkan seluruh pemuda agar bersatu demi Indonesia. Selain itu, sumpah ini juga melecut semangat juang para pemuda untuk membela Tanah Air.
  4. Menghilangkan rasa kedaerahan yang menjadi penghalang persatuan bangsa Indonesia. Karenanya, Sumpah Pemuda dibuat untuk menghilangkan tembok tersebut dan membangun kesatuan yang lebih luas.

Dengan demikian, tujuan Sumpah Pemuda tahun 1928 adalah untuk membangkitkan jiwa nasionalisme, membangun kesatuan dan persatuan, melaksanakan cita-cita untuk mengumpulkan seluruh pemuda Indonesia, dan menghilangkan rasa kedaerahan yang menjadi penghalang persatuan bangsa.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved