Roboguru

Tugas utama dibentuknya Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) adalah...

Pertanyaan

Tugas utama dibentuknya Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) adalah...

  1. membahas dan menyepakati batas wilayah sebagai negara baru yakni Indonesia

  2. mengesahkan Undang-Undang Dasar serta menentukan presiden dan wakil presiden Indonesia

  3. merumuskan dasar negara dan rancangan Undang-Undang Dasar bagi negara Indonesia

  4. mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan keperluan pergantian kekuasaan dari pihak Jepang kepada bangsa Indonesia

Pembahasan Soal:

BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dibentuk pertama kali pada 1 Maret 1945 oleh Jepang dalam rangka menarik simpati dari rakyat Indonesia. Tujuan utama dibentuknya BPUPKI ialah untuk mengkaji, mendalami, serta menyelidiki bentuk dasar yang cocok guna kepentingan sistem pemerintahan negara Indonesia setelah kemerdekaan. Jadi, BPUPKI dibentuk untuk mempersiapkan proses kemerdekaan Indonesia. Sedangkan Tugas utama dari BPUPKI adalah untuk mempelajari, menyelidiki, dan mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan aspek-aspek politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan hal-hal penting yang diperlukan dalam usaha pembentukan negara Indonesia merdeka. Awalnya BPUPKI dibentuk oleh pemerintah Jepang sebagai upaya mendapatkan simpati dan dukungan dari bangsa Indonesia agar bersedia membantu dalam perang melawan Sekutu. Adapun sebagai gantinya, Jepang menjanjikan akan membantu proses kemerdekaan Indonesia. Sementara, yang ditunjuk menjadi ketua adalah Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T) Radjiman Wedyodiningrat, dan wakil ketuanya ialah Hibangase Yosio dari pihak Jepang dan Raden Pandji Soeroso dari pihak Indonesia. Selama BPUPKI berdiri, secara resmi melakukan sidang sebanyak dua kali. Sidang pertama dilaksanakan pada 29 Mei-1 Juni 1945. Sidang kedua dilaksanakan pada 10 Juli-17 Juli 1945.
Dengan demikian, tugas utama dibentuknya Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) adalah mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan keperluan pergantian kekuasaan dari pihak Jepang kepada bangsa Indonesia.undefined

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined

 

 

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 25 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tujuan dibentuknya BPUPKI adalah...

Pembahasan Soal:

Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk pada 1 Maret 1945. Badan itu dibentuk untuk menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting tentang ekonomi, politik, dan tatanan pemerintahan sebagai persiapan kemerdekaan Indonesia. Badan itu diketuai oleh Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat, R.P Suroso sebagai wakil ketua merangkap kepala Tata Usaha dan seorang Jepang sebagai wakilnya Tata Usaha, yaitu Masuda Toyohiko dan Mr. R. M. Abdul Gafar Pringgodigdo. Semua anggotanya terdiri dari 60 orang dari tokoh-tokoh Indonesia, ditambah tujuh orang Jepang yang tidak punya suara.

Dengan demikian, tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting yang dibutuhkan untuk persiapan kemerdekaan Indonesia.

0

Roboguru

Suatu badan yang tugas utamanya untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (独立準備調査会 Dokuritsu Junbi Chōsakai?) adalah sebuah badan yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan balatentara Jepang pada tanggal 29 April 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Badan ini dibentuk sebagai upaya mendapatkan dukungan dari bangsa Indonesia dengan menjanjikan bahwa Jepang akan membantu proses kemerdekaan Indonesia. BPUPKI beranggotakan 67 orang yang diketuai oleh Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat dengan wakil ketua Ichibangase Yosio (orang Jepang) dan Raden Pandji Soeroso.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Berikut adalah tujuan dibentuknya BPUPKI ....

Pembahasan Soal:

Tujuan utama dari BPUPKI adalah untuk "menyelidiki hal-hal yang penting sekaligus menyusun rencana mengenai persiapan kemerdekaan Indonesia”. Selain itu, BPUPKI juga bertugas mempersiapkan semua hal penting yang berkaitan dengan dasar negara dan bidang-bidang lain yang dibutuhkan dalam usaha membentuk suatu negara yang merdeka beserta tata pemerintahannya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut!  No.    K     L    1)  Jumlah wakil presiden ditetapkan dua orang.    Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan.    2)  Negara...

Pembahasan Soal:

Rancangan yang undang-undang BPUPKI yang dibahas dalam rapat PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 antara lain:

  1. Presiden harus bergama Islam, mengingat sebagian besar rakyat Indonesia beragama Islam.
  2. Jumlah wakil presiden ditetapkan dua orang.
  3. Presiden Republik Indonesia memegang kekuasan.
  4. Negara berdasar atas Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.

Berdasarkan penjelasan di atas, keterangan K1), K3), dan L1) merupakan keterangan yang benar.

1

Roboguru

Tugas utama BPUPKI adalah....

Pembahasan Soal:

BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau disebut juga Dokuritsu Junbi Cosakai merupakan badan bentukan Jepang yang memiliki tugas untuk mempelajari dan menyelidiki hal penting yang berhubungan dengan segi politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan lainnya yang diperlukan dalam usaha pembentukan negara Indonesia merdeka. Badan ini diresmikan pada 29 April 1945 dan diketuai oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved