Roboguru

Tugas penumpasan terhadap Pemberontakan PKI Madiun tahun 1948 dilakukan oleh....

Pertanyaan

Tugas penumpasan terhadap Pemberontakan PKI Madiun tahun 1948 dilakukan oleh....undefined 

  1. pasukan TNI di bawah pimpinan kolonel Gatot Subroto dan Kolonel Sungkonoundefined 

  2. pasukan TNI di bawah pimpinan Kolonel Gatot Mangkuprojo dan Kolonel Sungkonoundefined 

  3. pasukan TNI di bawah pimpinan Kolonel Soeharto dan Kolonel Gatot Subrotoundefined 

  4. pasukan TNI di bawah pimpinan Kolonel Sohearto dan Kolonel Sungkonoundefined 

  5. pasukan TNI di bawah pimpinan Kolonel Gatot Mangkuprojo dan Pasukan RPKAD pimpinan Sarwo Edhie Wibowoundefined 

Pembahasan Soal:

Pemberontakan PKI di Madiun dianggap pemerintah sebagai ancaman terhadap keutuhan bangsa. Untuk menumpas pemberontakan tersebut, pemerintah Republik Indonesia melancarkan operasi militer di Madiun. Pemerintah mengirim Divisi Siliwangi I dan Divisi Siliwangi II di bawah pimpinan Kolonel Sungkono dan Kolonel Gatot Soebroto untuk menyerang gerakan PKI di Madiun. Pasukan Divisi Siliwangi I menyerang Madiun dari arah timur, sedangkan Pasukan Divisi Siliwangi II menyerang dari arah barat.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Untuk menumpas pemberontakan PKI Madiun pemerintah menggerakkan pasukan Divisi Siliwangi dan Divisi Brawijaya menyerang dari arah barat dan timur Madiun. Para pemberontak PKI Madiun yang terdesak mela...

Pembahasan Soal:

Pemberontakan PKI Madiun, terjadi pada 18 September 1948 di Madiun. Pemberontakan ini dilakukan oleh Front Demokrasi Rakyat (FDR), yaitu PKI dan kawan-kawannya, karena pemberontakan ini pemerintah melakukan operasi penumpasan yang dipimpin A. H. Nasution. Divisi Siliwangi dan Divisi Brawijaya mengepung para pemberontak dari arah barat dan timur, para pemberontak PKI di Madiun yang terdesak oleh pasukan Siliwangi dan Brawijaya, sehingga mereka melakukan gerakan mundur ke arah selatan, yaitu ke wilayah Gunung Wilis, pada akhirnya Madiun berhasil di rebut kembali dan TNI melakukan pengejaran dan pembersihan terhadap pasukan pemberontak PKI.

Dengan demikian pemberontak PKI Madiun yang terdesak melakukan gerakan mundur menuju selatan ke arah wilayah Gunung Wilis.

0

Roboguru

Bagaimana akhir pemberontakan PKI 1948?

Pembahasan Soal:

Pemberontakan PKI 1948 atau yang juga disebut Peristiwa Madiun adalah pemberontakan komunis yang terjadi pada tanggal 18 September 1948 di kota Madiun. Pemberontakan ini dilakukan oleh Front Demokrasi Rakyat, yang terdiri atas Partai Komunis Indonesia, Partai Sosialis Indonesia, Partai Buruh Indonesia, Pemuda Rakyat, dan Sentral Organisasi Buruh Seluruh Indonesia. Pemberontakan ini diawali dengan jatuhnya kabinet RI yang pada waktu itu dipimpin oleh Amir Sjarifuddin karena kabinetnya tidak mendapat dukungan lagi sejak disepakatinya Perjanjian Renville. Lalu dibentuklah kabinet baru dengan Mohammad Hatta sebagai perdana menteri, namun Amir beserta kelompok-kelompok sayap kiri lainnya tidak setuju dengan pergantian kabinet tersebut. Untuk memulihkan keamanan secara menyeluruh di Madiun, pemerintah bertindak cepat. Provinsi Jawa Timur dijadikan daerah istimewa, selanjutnya Kolonel Sungkono diangkat sebagai gubernur militer. Operasi penumpasan dimulai pada tanggal 20 September 1948 dipimpin oleh Kolonel A. H. Nasution. Salah satu operasi penumpasan ini adalah pengejaran Musso yang melarikan diri ke Sumoroto, sebelah barat Ponorogo. Dalam peristiwa itu, Musso berhasil ditembak mati. Sedangkan Amir Sjarifuddin dan tokoh-tokoh kiri lainnya berhasil ditangkap dan dijatuhi hukuman mati. Amir sendiri tertangkap di daerah Grobogan, Jawa Tengah.undefined

Dengan demikian, pemberontakan PKI di Madiun dapat dipadamkan oleh pemerintah dengan mengerahkan TNI dan akhirnya dua tokoh PKI Madiun yaitu Musso ditembak mati, sedangkan Amir Sjarifuddin dijatuhi hukuman mati.

0

Roboguru

Pemerintah Republik Indonesia melancarkan operasi militer dengan mengirim Divisi Siliwangi I dan 11 untuk menumpas pemberontakan PKI di Madiun. Dalam operasi militer tersebut pasukan Divisi Siliwangi ...

Pembahasan Soal:

Pemberontakan PKI di Madiun dianggap pemerintah sebagai ancaman terhadap keutuhan bangsa. Untuk menumpas pemberontakan tersebut, pemerintah Republik Indonesia melancarkan operasi militer di Madiun. Pemerintah mengirim Divisi Siliwangi I dan Divisi Siliwangi II di bawah pimpinan Kolonel Sungkono dan Kolonel Soebroto untuk menyerang gerakan PKI di Madiun. Pasukan Divisi Siliwangi I menyerang Madiun dari arah timur, sedangkan Pasukan Div isi Siliwangi II menyerang dari arah barat.

Dengan demikian Divisi Siliwangi I menyerang Madiun dari arah timur.space space

0

Roboguru

Pemberontakan PKI Madiun pada tahun 1948 tidak dilakukan secara maksimal, karena banyak dari tokoh-tokoh dan milisi pasukan komunis yang berhasil melarikan diri dan tidak sempat diadili. Salah satu fa...

Pembahasan Soal:

Penumpasan PKI di Madiun sebenarnya dilakukan oleh berbagai kesatuan TNI, Brimob dan laskar-laskar yang pro terhadap NKRI. Dalam upaya penumpasan tersebut, kota Madiun dan sekitarnya dalam kurung waktu sekejap berhasil kembali diambil alih oleh TNI. Sisa-sisa pasukan PKI yang selamat melarikan diri ke hutan, namun dalam upaya penumpasan pemberontakan PKI sampai akarnya tersebut urung dilakukan karena Belanda melakukan Agresi Militer II terhadap wilayah Republik Indonesia.

Maka, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Pada tahun 1950 terjadi pemberontakan Andi Aziz di Makassar, pemberontakan ini disebabkan oleh ...

Pembahasan Soal:

Pemberontakan Andi Aziz terjadi pada 8 April 1950 di Makassar. Pemberontakan ini terjadi karena kekecewaan KNIL (Koninklijk Nederlandsch-Indische Leger, Pasukan Kolonial Hindia Belanda) terhadap hasil Konferensi Meja Bundar yang mana KNIL harus bergabung dengan APRIS (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat) bersama pasukan TNI yang didominasi oleh TNI dari Jawa. KNIL menuntut diberikan wewenang atas keamanan di Negara Indonesia Timur. Di bawah kepemimpinan Andi Aziz, seorang mantan perwira KNIL, pemberontakan dilakukan. Pasukan Andi Aziz menuntut agar pasukan TNI ditarik dari Makassar, Negara Indonesia Timur dipertahankan, dan KNIL diberi wewenang atas keamanan di Negara Indonesia Timur.
Pemberontakan meletus setelah bekas serdadu KNIL menyerang markas APRIS dan menyandera sejumlah perwira APRIS di Makassar. Setelah menguasai Makassar, Pasukan Andi Aziz mengultimatum agar pemerintah memenuhi tuntutannya. Menanggapi ultimatum tersebut, pada 8 April 1950. Pemerintah mengeluarkan ultimatum agar Andi Azis datang ke Jakarta, jika tidak Kapal Laut "Hang Tuah" akan meyerang Makassar. Pemerintah juga meminta agar Andi Azis bertanggung jawab atas tindakannya dalam 4 x 24 jam, namun ultimatum tersebut diabaikan. Sehingga pemerintah mengirim pasukan di bawah komando Kolonel Alex Kawilarang. Pemberontakan ini berakhir ketika Andi Azis ditangkap pada 15 April 1950 di Jakarta dan mendapat hukuman 15 tahun penjara.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah D

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved