Roboguru

Tradisi peringatan hari lahir orang-orang suci dari zaman Indonesia Hindu setelah zaman Indonesia Islam bermetamorphosa menjadi upacara ...

Pertanyaan

Tradisi peringatan hari lahir orang-orang suci dari zaman Indonesia Hindu setelah zaman Indonesia Islam bermetamorphosa menjadi upacara ...

  1. (...)

  2. (...)

Pembahasan Soal:

Tradisi Upacara Sekaten merupakan warisan budaya Islam di Tanah Jawa. Sebuah tradisi yang dimulai sejak Jaman Demak, yakni jaman Kerajaan Islam setelah runtuhnya Kerajaan Majapahit pada tahun 1400 Saka atau 1478 Masehi. Seperti diketahui bahwa Kebudayaan Jawa sebagian besar merupakan hasil akulturasi, tidak terkecuali dengan Tradisi Sekaten. Terdapat Folklore yang berkembang dimasyarakat bahwa Upacara Sekaten adalah salah satu warisan nilai budaya yang dilaksanakan turun-temurun oleh nenek moyang. Di zaman dahulu upacara serupa diselenggarakan tiap tahun oleh raja-raja di Tanah Hindu, berwujud selamatan atau sesaji untuk arwah para leluhur. Ritual ini diselenggarakan dalam dua tahap, sebagai berikut:

  1. Tahap pertama disebut dengan Aswameda yang berlangsung selama enam hari, didalamnya terdapat doa-doa, pujian serta tetabuhan.
  2. Tahap kedua disebut dengan Asmaradana yang merupakan upacara penutup di hari ketujuh, dengan pembakaran dupa besar disertai dengan mengheningkan cipta atau semedi.

Perkembangan selanjutnya, dengan masuknya agama dan pengaruh Hindu ke Jawa, maka upacara Aswameda dan Asmaradana masuk pula ke dalam kehidupan budaya Jawa.

Dengan demikian penjelasan tentang upacara tradisi Sekaten yang berasal dari agama Hindu.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 10 Juni 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved