Roboguru

Tokoh muslim yang terkenal dibidang kedokteran dan juga ahli dalam bidang filsup adalah...

Pertanyaan

Tokoh muslim yang terkenal dibidang kedokteran dan juga ahli dalam bidang filsup adalah...

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Tokoh yang satu ini memiliki potensi, kemampuan, dan kecerdasan yang luar biasa. Terlahir dengan nama lengkap Abu Ali Al-Husein ibn Abdullah ibn Al-Hasan ibn Ali ibn Sina dan terkenal dengan panggilan Ibnu Sina, dan di Barat lebih dikenal dengan Avicenna. Lahir di desa Afsyanah, dekat Bukhara, Transoxiana, Persia Utara pada 370 H atau 980 M. Ibnu Sina terkenal dengan ingatan yang tajam dan kecerdasan yang luar biasa. Bayangkan saja, pada usia 10 ia telah mampu menghafal Al Quran, sastra Arab. Konon katanya, Kitab Metafisika karangan Aristoteles dapat ia hafal. Tidak mengherankan, karena ingatan dan kecerdasannya tersebut, pada usia 16 tahun ia telah banyak menguasai ilmu pengetahuan, sastra arab, fikih, ilmu hitung, ilmu ukur, filsafat dan bahkan ilmu kedokteran yang dipelajarinnya sendiri. Sangat luar biasa, di usianya yang masih 18 tahun, ia telah memiliki profesi dalam berbagai bidang seperti; Guru, Penyair, Filosof, Pengarang, dan Dokter. Kemampuannya dalam dunia pengobatan sangat termasyur sehingga ia pernah diundang untuk mengobati Sultan Samanid di Bukhara yakni Nuh ibn Manshur. Hebatnya lagi, Ibnu Sina tercatat telah menghasilkan karya-karya cemerlang. Bayangkan saja, karya-karya yang ditinggalkannya tidak kurang dari 267 karya, baik kitab maupun risalah.

Dengan demikian, tokoh muslim yang terkenal dibidang kedokteran dan juga ahli dalam bidang filsup adalah  Ibnu Sina.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Para juru dakwah Islam di Filipina dikenal dengan Julukan...

Pembahasan Soal:

Proses dakwah islam yang berlangsung di Jawa bersamaan dengan proses dakwah di Filipina yakni pada abad ke-14. Islam pertama sekali masuk ke kawasan Filipina sendiri dibawa oleh tokoh ahli fikih bernama Sherif Macdum  atau yang dikenal juga dengan Sharif Karim al-Makhdum. Kedatangannya Sherif Macdum ini kemudian diikuti dengan kedangan pedagang arab dan juga para pendakwah ke wilayah Filipina. Para juru dakwah ini pun kemudian oleh masyarakat setempat disebut makhdumin. Istilah ini sendiri diambil dari nama Sherif Macdum.

Dengan demikian, para juru dakwah Islam di Filipina dikenal dengan julukan makhdumin.

0

Roboguru

Peradaban Mesopotamia berasal dari bahasa Yunani. Arti dari Mesos adalah….

Pembahasan Soal:

Dalam bahasa Yunani, kata mesopotamia berasal dari kata mesos yang artinya “tengah” atau “di antara”, dan potamos yang artinya “sungai”. mesopotamia memiliki arti “diantara sungai-sungai”.

Berdasarkan pernyataan di atas, maka jawabannya adalah B

0

Roboguru

Pengaruh dari adanya peradaban?

Pembahasan Soal:

Pengaruh dari adanya peradaban diantaranya adalah:

  1. Munculnya norma, peradaban berhubungan erat dengan norma. Norma adalah tingkah laku yang dianggap wajar, yang diterima dan sekaligus diharapkan oleh banyak orang. Dimana norma merupakan hasil dari peradaban yang berkembang yang dapat bergeser seiring perkembangan peradaban.
  2. Sistem sosial yang teratur, pada sebuah peradaban dapat dikatakan maju ketika masyarakatnya sudah memiliki sistem sosial yang teratur.
  3. Perubahan Tata Nilai dan Sikap, adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semua irasional menjadi rasional.
  4. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan berkembangnya ilmu pengetahuandan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.

Dengan demikian, peradaban berpengaruh terhadap munculnya norma, sistem sosial yang teratur, perubahan tata nilai dan sikap serta berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini !  Peradaban adalah bagian yang halus dan indah seperti seni masyarakat yang telah maju, ke dalam kebudayaan tertentu artinya memiliki peradaban yang tinggi.  Per...

Pembahasan Soal:

Menurut Huntington peradaban adalah identitas terluas dari budaya yang melalui proses identifikasi dalam unsur obyektif seperti agama, bahasa, sejarah dan adat-istiadat serta mengalami identifikasi diri secara subjektif. Contohnya adalah Masyarakat Amerika Serikat yang merupakan penjelajah dari Eropa memiliki kebiasaan, pola pikir agama dan bahasa yang sama. Kesamaan ini mempersatukan mereka dalam bentuk objektif sedangkan identifikasi diri mereka sebagai ras kaukasoid adalah subjektif. Kesamaan secara objektif dan subjektif ini dipersatukan dalam satu peradaban yang kemudian kita kenal sebagai “peradaban barat”.space 

Berdasarkan pernyataan diatas, maka jawaban yang tepat adalah Dspace 

0

Roboguru

Berikut adalah ciri-ciri dari sebuah peradaban…. Masyarakat belum bisa baca tulis Banyaknya media-media jurnalistik yang bermunculan Manusia semakin kritis Berkembangnya tulisan Teknologi infor...

Pembahasan Soal:

Ciri utama dari sebuah peradaban adalah mulai dikenalnya bacaan dan tulisan. Hal ini dikarenakan sebelum berkembangnya sebuah peradaban, kehidupan manusia masih belum mengenal tulisan yang dikenal dengan masa pra-aksara. Begitu manusia mulai mengenal sebuah tulisan, ilmu pengetahuan serta teknologi turut serta berkembang dalam kehidupan masyarakat itu. Selain itu, manusia semakin kritis yang ditandai dengan banyaknya ragam tulisan yang muncul dan menjamurnya media-media jurnalistik sebagai wujud dari kebebasan pers, kebebasan berpendapat, dan kebebasan mengeluarkan pikiran. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved