Roboguru

Thiobacillus ferrooxidans berperan untuk ....

Pertanyaan

Thiobacillus ferrooxidans berperan untuk .... 

  1. penguraian lumpur 

  2. kloning makhluk hidup 

  3. memisahkan logam dari biji logam 

  4. kultur jaringan tumbuhan 

  5. rekayasa genetika 

Pembahasan Soal:

Thiobacillus ferrooxidans merupakan bakteri tergolong kemolitotrof, yaitu mendapatkan energi dari oksidasi senyawa anorganik, seperti amonia, nitrit, sulfit, besi, atau hidrogen. Bakteri ini banyak ditemukan di daerah pertambangan dengan lingkungan asam dan miskin senyawa organik karena mampu mengekstrak karbon dari CO2 di udara. Thiobacillus ferrooxidans merupakan mikroorganisme yang dimanfaatkan dalam bidang pertambangan dalam teknik pemisahan logam dari bijinya.space 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan contoh mikroorganisme beserta kegunaannya dalam bioteknologi!

Pembahasan Soal:

Contoh mikroorganisme yang berperan dalam bioteknologi yaitu pemanfatan bakteri Thiobacillus ferrooxidans yang digunakan dalam pemisahan logam dari bijih logam. Thiobacillus ferrooxidans adalah bakteri kemolitrotof (bakteri pemakan batuan), yaitu menggunakan batu yang mengandung sulfur untuk mendapatkan energi dan menghasilkan asam sulfat sebagai limbahnya. Jika Thiobacillus ferrooxidans ditumbuhkan dalam lingkungan yang mengandung bijih lembaga akan menghasilkan bijih tersebut disertai pemisahan logam tembaganya. Proses ini disebut pencucian mikrobial (microbial bleaching). Thiobacillus ferrooxidans memiliki kemampuan dalam menghasilkan asam sulfat dan besi sulfat yang akan memecahkan batuan sehingga logam mineral dapat dilepaskan dari batuan. Jika batuan tadi dilalui oleh air, tembaga sulfat yang terlarut akan terbawa dan tekumpul sebagai logam.  

Roboguru

Thiobacillus ferrooxidans berperan untuk ....

Pembahasan Soal:

Jawaban         :  c. memisahkan logam dari biji logam

Pembahasan  : Thiobacillus ferrooxidans adalah bakteri kemolitotrof (bakteri pemakan batuan), yaitu menggunakan batu yang mengandung sulfur untuk mendapatkan energi dan menghasilkan asam sulfat sebagai limbahnya. Jika Thiobacillus ferrooxidans ditumbuhkan dalam lingkungan yang mengandung bijih lembaga akan menghasilkan bijih tersebut disertai pemisahan logam tembaganya. Proses ini disebut pencucian mikrobial (microbial bleaching). Thiobacillus ferrooxidans memiliki kemampuan dalam menghasilkan asam sulfat dan besi sulfat yang akan memecahkan batuan sehingga logam mineral dapat dilepaskan dari batuan. Jika batuan tadi dilalui oleh air, tembaga sulfat yang terlarut akan terbawa dan tekumpul sebagai logam.

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Pengolahan limbah dengan sistem lumpur aktif menggunakan bakteri anaerob heterotrof. SEBAB Pengolahan...

Pembahasan Soal:

Sistem dengan pengolahan lumpur aktif adalah pengolahan limbah cair dengan membiakkan bakteri aerobik dalam suatu tangki (bak) limbah yang diberi aerasi dengan tujuan untuk menurunkan bahan organik yang mengandung karbon atau nitrogen dalam limbah. Bakteri yang berperan dalam menurunkan bahan organik karbon adalah bakteri heterotrof. Sumber energinya berasal dari oksidasi senyawa organik dari bahan organik karbon yang menghasilkan karbon dioksida, amonia, bahan untuk sel baru, dan lumpur.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Pasangan nama organisme dan pemanfaatannya dalam bioteknologi yang tidak benar adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Roboguru

Mikroorganisme yang dimanfaatkan di bidang pertambangan sebagai pemisah logam dari bijihnya adalah. . . .

Pembahasan Soal:

Mikroorganisme yang dimanfaatkan dalam bidang pertambangan sebagai pemisah logam dari bijinya adalah Thiobacillus ferrooxidans. Bacillus thuringiensis dimanfaatkan sebagai agen biopestisida, Corynebacterium glutamicum dimanfaatkan dalam pembuatan glutamat, asam amino, vitamin dan juga dalam bioremediasi arsenik. Acetobacter aceti dimanfaatkan dalam pembuatan asam asetat, sementara Saccharomyces bayanus banyak dimanfaatkan dalam pembuatan wine dan cider. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved