Roboguru

Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati ba...

Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga mampu meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan meminum air perasan dari jeruk nipis yang dapat dicampur dengan madu, kecap atau gula sehingga rasa asamnya berkurang.


Teks tersebut termasuk jenis teks eksposisi....space 
 

  1. teksundefined 
     

  2. analisisundefined 

  3. beritaundefined 

  4. perbandinganundefined 

  5. prosesundefined 

Jawaban:

Jenis teks eksposisi menurut Gorys Keraf, antara lain eksposisi definisi, identifikasi, perbandingan atau pertentangan, ilustrasi, klasifikasi, dan analisis.

  1. Eksposisi Definisi
    Definisi dapat ditinjau dari berbagai macam sudut. Definisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kata, frasa, aiau kalimat yang mehgungkapkan makna keterangan atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas. Definisi juga dapat diartikan rumusan tentang  ruang lirigkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembicaraan atau studi.  Definisi berisi penjelasan tentang makna suatu kata atau frasa. Definisi memberikan batasan makna dari penggunaan sebuah kata/frasa.
  2. Eksposisi ldentifikasi
    Eksposisi identifikasi adalah sebuah metode yang berusaha menyebutkan ciri-ciri atau unsur-unsur pengenal suatu objek.
  3. Eksposisi Perbandingan atau Pertentangan
    Metode perbandingan adalah suatu cara untuk menunjukkan kesamaan dan perbedaan antara dua objek atau lebih mempergunakan dasar-dasar tertentu.
  4. Eksposisi Ilustrasi
    Eksposisi ilustrasi adalah suatu metode untuk mengadakan gambaran atau penjelasan yang khusus dan konkret terhadap suatu prinsip yang bersifat umum.
  5. Eksposisi Klasifikasi
    Metode klasiflkasi adalah sebuah metode yang bersifat alamiah untuk menampilkan pengelompokan sesuai dengan pengalaman manusia. Barang, hal, atau gagasan yang dikenal melalui pengalaman dapat disusun secara sistematis.
  6. Eksposisi Analisis
    Pada dasarnya, analisis adalah suatu cara membagi-bagi suatu subjek ke dalam komponen­ komponennya. Kata analisis berasal dari bahasa Yunani yaitu analyein yang berarti menanggalkan, menguraikan. Eksposisi analisis sendiri dapat dilakukan pada objek seperti watak seseorang, gagasan seseorang, sebuah,organisasi, sebuah proses, dan permasalahan yang sedang dihadapi. Cara menganalisis teks eksposisi sebagai berikut.
  • Eksposisi Analisis Kausal
    Eksposisi analisis kausal adalah paparan yang mempersoalkan hubungan kausal atau sebab-akibat.

  • Analisis proses
    Eksposisi analisis proses adalah sebuah metode analisis yang berusaha menjawab pertanyaan "Bagaimana sesuatu bekerja?" dan "Bagaimana sesuatu terjadi?". Sebuah analisis teks eksposisi proses dianggap baik apabila penulis dapat mempertanggungjawabkan semua langkah dalam tahap-tahap perkembangan sebuah objek menerapkan sebuah prinsip, dan mengartikan sebuah peristiwa tersebut.

Teks di atas menguraikan proses/tahap.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved