Roboguru

Terdapat tiga cara untuk menyusun rangkaian paralel. Jelaskan tiga cara tersebut!

Pertanyaan

Terdapat tiga cara untuk menyusun rangkaian paralel. Jelaskan tiga cara tersebut! space

Pembahasan Soal:

Terdapat cara untuk membuat rangkaian listrik paralel sebagai berikut: 

  1. Membuat rangkaian paralel dari kabel dan sakelar. Menyiapkan komponen yang diperlukan seperti lampu, baterai, saklar, dan kabel. Kemudian hubungkan bola lampu pertama dengan baterai ke terminal positif, lalu sambungkan saklar dengan baterai dengan cara ambil kabel lain dan hubungkan dengan terminal negatif baterai, sedangkan untuk ujung kabel lainnya sambungkan dengan saklar. Hubungkan saklar dengan bola lampu pertama, terlebih dahulu sambungkan kabel dengan saklar. Langkah selanjutnya balutkan kabel ke empat pada bagian kiri bola lampu. Sedangkan untuk kabel yang tersisa, balutkan pada salah satu sisi kanan bola pertama. Untuk ujung kabel lainnya sambungkan pada sisi kanan bola lampu.
  2. Membuat rangkaian paralael dari kertas alumunium. Memilih baterai sebagai sumber tegangan kemudian sambungkan dengan muatan atau lampu. Siapkan kertas alumunium yang berfungsi sebagai konduktor. Fungsi alumunium yaitu untuk menghubungkan sumber daya dengan muatan. Sambungkan setrip konduktor pertama dengan terminal positif baterai dan setrip konduktor kedua ke terminal negatif baterai. Langkah yang selanjutnya yaitu sambungkan lampu. Agar balutan tersebut tidak lepas, rekatkan menggunakan selotip kabel. Sambungkan ujung kedua bola lampu dengan setrip, lalu nyalakan saklar agar bola lampu menyala.
  3. Rangkaian listrik  yang didistribusikan ke setiap rumah dikelola langsung oleh Perusahaan Listrik Negara atau dikenal dengan PLN yang mengurusi semua aspek kelistrikan di Indonesia. Sumber tenaga listrik PLN menggunakan batu bara yang dikelola lagi hingga menghasilkan listrik yang didistribusikan ke seluruh Indonesia. rangkaian listrik di PLN memiliki rangkaian yang lebih rumit dari kdua rangkaian di atas. 

Dengan demikian, cara untuk membuat rangkaian listrik paralel adalah dari kabel dan sakelar, dari alumunium, dan rangkaian listrik yang didistribusikan pada setiap rumah. space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 22 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved