Roboguru

Terangkan mengenai semangat kekeluargaan/persaudaraan yang dimiliki pemuda saat peristiwa Sumpah pemuda 1928!

Pertanyaan

Terangkan mengenai semangat kekeluargaan/persaudaraan yang dimiliki pemuda saat peristiwa Sumpah pemuda 1928!

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda dianggap sebagai salah satu peristiwa sejarah paling penting di Indonesia. Betapa tidak, peristiwa ini berhasil membawa Indonesia ke arah kemerdekaan sebab setelahnya perjuangan dilandaskan persatuan, kerja sama dan kerja-kerja intelektual.

Dengan demikian, pada persitiwa Sumpah Pemuda ini, ada banyak nilai yang terkandung seperti sudah disebutkan di atas. Nilai cinta tanah air maknanya pemuda dan pemudi Indonesia memandang dirinya sebagai bangsa yang bermartabat dan harus sejajar dengan bangsa lain di dunia. Nilai rela berkorban artinya perjuangan pemuda dan pemudi tidak akan mudah namun juga tak boleh goyah meski harus berkorban. Nilai persatuan maknanya bahwa dengan sumpah pemuda maka mereka mengikrarkan diri sebagai satu kesatuan yakni bangsa Indonesia. Nilai persaudaraan artinya tak peduli asalnya dari mana, semua pemuda dan pemudi Indonesia berikrar sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Semua nilai yang ada di dalam Sumpah Pemuda ini wajib kita jadikan teladan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut yang tidak termasuk makna yang terkandung dalam Sumpah Pemuda 1928, yaitu . . . .

Pembahasan Soal:

Awal 1930-an dianggap sebagai puncak pergerakan nasional Indonesia, apalagi ketika didukung oleh adanya kemantapan identitas nasional yang diikrarkan melalui Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Bertanah air, berbangsa, dan berbahasa satu telah menjadi kesepakatan bersama.

0

Roboguru

Apa arti sumpah pemuda?

Pembahasan Soal:

Sumpah pemuda adalah ikrar pemuda-pemudi Indonesia. Ikrar ini digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) dan dihadiri oleh organisasi pemuda lainnya. Ikrar tersebut kemudian melahirkan sebuah sumpah yang dibawa pemuda-pemudi untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam buku Makna Sumpah Pemuda (2012) oleh Sri Surdaniyatun, sumpah pemuda berasal dari kata sumpah dan pemuda. Sumpah diartikan janji dan harus ditepati. Sehingga sumpah pemuda berarti janji para pemuda yang diucapkan saat kongres pemuda II di Jakarta, 28 Oktober 1928.


Isi Sumpah Pemdua berbunyi sebagai berikut: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonsia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dengan demikian, sumpah pemuda merupakan ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang diucapkan  saat kongres pemuda II di Jakarta, 28 Oktober 1928.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia Pernyataan tersebut menunjukkan adanya....

Pembahasan Soal:

Setelah Sumpah Pemuda diikrarkan. Nasionalisme kebangsaan para pemuda semakin menguat. Para pemuda pada masa pergerakan nasional berperan besar dalam usaha meraih kemerdekaan Indonesia

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Keragaman pandangan yang dimiliki para pemuda tidak menyurutkan semangat mereka untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia. Pernyataan tersebut menunjukkan ikrar...

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda juga menunjukkan adanya sikap menghargai perbedaan (toleransi). Keragaman pandangan yang dimiliki para pemuda tidak menyurutkan semangat mereka untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia. Para pemuda mengesampingkan kepentingan pribadi dan kepentingan kelompoknya untuk mencapai kemajuan bangsa. Keragaman suku, agama, dan pandangan bukan menjadi penghambat. Keragaman tersebut justru menjadi kekuatan utama untuk menggalang kesatuan bangsa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Menurut pengertian bahasa yang sederhana, Sumpah Pemuda berarti ....

Pembahasan Soal:

Sumpah pemuda merupakan salah satu tonggak perjuangan pada masa pergerakan nasional. Sumpah pemuda bertujuan untuk membangkitkan semangat persatuan pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan. Sumpah Pemuda tercetus pada 28 Oktober 1928 di Batavia. Sumpah Pemuda tercipta dari Kongres Pemuda II yang diselenggarakan dua hari, yaitu 27-28 Oktober 1928. Atas hal tersebut, setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Dengan demikian, sumpah pemuda dapat diartikan sebagai menyatunya seluruh pemuda Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved