Roboguru

Teori yang menyatakan bahwa pada masa lalu galaksi-galaksi pernah berdekatan dan kini terpencar di jagat raya dikenal dengan ....

Pertanyaan

Teori yang menyatakan bahwa pada masa lalu galaksi-galaksi pernah berdekatan dan kini terpencar di jagat raya dikenal dengan ....space

  1. Teori Kontraksispace

  2. Teori Keadaan Tetapspace

  3. Teori Ekspansispace

  4. Teori Nebulaspace

  5. Teori Ledakan Besarspace

Pembahasan Soal:

Teori Ledakan Besar adalah sebuah teori tentang pembentukan alam semesta yang terjadi sekitar 13.700 miliar tahun yang lalu. Menurut Georges Lemaitre, seorang Ilmuwan Astrofisika berkebangsaan Belgia, mengajukan teori bahwa dahulu terdapat galaksi-galaksi yang saling berdekatan. Alam semesta bermula dari suatu atom purba tunggal bersifat panas dan padat yang kemudian meledak sehingga galaksi-galaksi yang berdekatan tersebut terpencar di jagat raya yang terbentuk dan mengembang keluar.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Kartikasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 14 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ciri khas dari teori Big Bang dalam pembentukan Jagatraya adalah….

Pembahasan Soal:

Menurut teori Big Bang, jagat raya terbentuk dari ledakan dahsyat yang terjadi kira-kira 13.700 juta tahun yang lalu. Akibat ledakan tersebut materi-materi dengan jumlah sangat banyak terlontar ke segala penjuru alam semesta. Materi-materi tersebut akhirnya membentuk bintang, planet,debu, meteor, asteroid, meteor, dan pertikel lainnya.

Berdasarkan pengamatan dan penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa jagat raya ini tidak bersifat statis. Semakin jauh jarak galaksi dari Bumi, semakin cepat proses pengembangannya (bersifat dinamis).

0

Roboguru

Tuliskan dan jelaskan teori-teori terbentuknya jagat raya?

Pembahasan Soal:

Banyak pendapat yang dikemukakan oleh para ahli mengenai asal mula terbentuknya jagat raya. Teori-teori tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Teori mengembang dan memampat (oscillation theory)= alam semesta terbentuk karena adanya sebuah siklus materi yang diawali dengan masa mengembang yang disebabkan oleh adanya reaksi dari inti hidrogen pada tahap ini terbentuklah galaksi-galaksi. Tahapan ini diperkirakan berlangsung selama 30 milyar tahun kemudian galaksi-galaksi dan bintang yang terbentuk tadi akan meredup, kemudian memampat lagi yang dimana didahului dengan keluarnya pancaran panas yang sangat tinggi dan setelah tahapan tersebut terjadi tahap mengembang dan kemudian tahap memampat lagi.
  2. Teori keadaan tetap (steady state theory)= alam semesta tidak memiliki awal dan akhir. Alam semesta tetap sama sepanjang waktu, tidak ada galaksi baru yang terbentuk.
  3. Teori ledakan besar (the big bang theory)= pembentukan alam semesta terjadi sekitar 13.700 milyar tahun yang lalu. Dahulu terdapat galaksi-galaksi yang saling berdekatan. Galaksi-galaksi berasal dari massa tunggal yang menyimpan suhu dan energi yang sangat besar. Hal ini menimbulkan ledakan yang mahadahsyat hingga menghancurkan massa tunggal tersebut. Akibat ledakan tersebut, banyak materi yang terlontar ke segala penjuru semesta sehingga membentuk jagat raya.undefined  

0

Roboguru

Kelemahan dari teori Big Bang adalah ....

Pembahasan Soal:

Teori Big Bang menyatakan bahwa alam semesta terbentuk dari ledakan bola raksasa yang mengalami fusi helium dan hidrogen. Hasil ledakan tersebut kemudian menyebar ke berbagai arah dan membentuk benda-benda langit seperti saat ini. Kelemahan dari teori Big Bang adalah teori ini hanya menjelaskan bagaimana awal mula alam semesta dapat terbentuk, tetapi tidak menjelaskan akhir dunia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Dua teori tentang pembentukan alam semesta dan tata surya adalah teori...

Pembahasan Soal:

Alam semesta terbentuk dari unsur-unsur yang hampir sama. Dua teori tentang pembentukan alam semesta dan tata surya adalah teori:

  • Teori jagat raya mengembang/ ekspansi yaitu Jagat raya tidak bersifat statis semakin jauh jarak galaksi dari Bumi, semakin cepat proses pengembangannya, dan teori jagat raya memepat/ kontraksi menyebutkan galaksi dan bintang yang telah terbentuk akan meredup, kemudian memampat yang didahului oleh keluarnya pancaran panas yang sangat tinggi.
  • Teori Big Bang menyebutkan galaksi berasal dari massa tunggal yang menyimpan suhu dan energi yang sangat besar yang kemudian mengalami ledakan.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah E.

0

Roboguru

Deskripsikan teori Big-Bang!

Pembahasan Soal:

Teori Big Bang menyebutkan pembentukan alam semesta berasal dari ledakan benda sangat padat dan pada, secara terus mengembang hingga saat ini. Ledakan Dahsyat atau Dentuman Besar (Big Bang) diperkirakan terjadi sekitar 13,7 miliar tahun lalu. Bukti yang memperkuat teori ini yaitu dikemukakannya hipotesa tentang proses yang secara terus menerus mengembang.

  1. Vesto Sliper (1929) menemukan bahwa garis spektrum Galaxy makin jauh bergeser menuju ke arah merah. 
  2. Alan Guth (1980) berhasil menghitung pergeseran spektrum Galaxy berwarna merah dengan kecepatan menjauh.
  3. Arno Penzias dan Robert Wilson (1965), menemukan sisa dentuman besar yang disebut radiasi latar belakang kosmik, yang diperkuat oleh Penemuan George Smoot (1989).space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved