Roboguru

Teori yang menyatakan bahwa alam semesta berasal dari keadaan panas dan padat yang ledakan besar adalah teori ....

Pertanyaan

Teori yang menyatakan bahwa alam semesta berasal dari keadaan panas dan padat yang ledakan besar adalah teori ....space

  1. keadaan tetapspace

  2. big bangspace

  3. proto planetspace

  4. pasang surutspace

Pembahasan Soal:

Big Bang (Ledakan Dahsyat atau Dentuman Besar) dalam kosmologi adalah salah satu teori ilmu pengetahuan yang menjelaskan perkembangan dan bentuk awal dari alam semesta. Teori ini menyatakan bahwa alam semesta ini berasal dari kondisi super padat dan panas, yang kemudian mengembang sekitar 13.700 juta tahun lalu. Para ilmuwan juga percaya bahwa Big Bang membentuk sistem tata surya. Ide sentral dari teori ini adalah bahwa teori relativitas umum dapat dikombinasikan dengan hasil pemantauan dalam skala besar pada pergerakan galaksi terhadap satu sama lain, dan meramalkan bahwa suatu saat alam semesta akan kembali atau terus. Konsekuensi alami dari Teori Big Bang yaitu pada masa lampau alam semesta punya suhu yang jauh lebih tinggi dan kerapatan yang jauh lebih tinggi.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan perbedaan dan persamaan teori-teori tentang terbentuknya jagat raya.

Pembahasan Soal:

Saat ini terdapat beberapa teori tentang terbentuknya jagat raya. Teori tersebut di antaranya adalah Teori Big Bang, Teori Ekspansi dan Kontraksi, serta Teori Steady State. Di antara ketiga teori tersebut terdapat beberapa persamaan dan perbedaan.

Persamaan teori terbentuknya jagat raya adalah sebagai berikut.

  • Ketiga teori berpendapat bahwa terjadi suatu proses yang menyebabkan jagat raya tetap ada hingga saat ini.
  • Teori Big Bang dan Teori Ekspansi dan Kontraksi sama-sama beranggapan bahwa jagat raya terbentuk karena adanya materi yang mengembang dari suatu kondisi yang mulanya sangat padat.
  • Teori Steady State dan Teori Ekspansi dan Kontraksi sama-sama berpendapat bahwa terdapat siklus yang berulang yang terjadi di jagat raya.

Perbedaan teori terbentuknya jagat raya adalah sebagai berikut.

  • Teori Steady State, beranggapan bahwa jagat raya tidak mengalami perubahan dan akan terus sama. Hal tersebut dikarenakan adanya siklus pembentukan materi baru yang menggantikan galaksi yang terus menjauh. Anggapan bahwa materi yang hancur akan terus diperbarui, maka teori ini tidak menganggap adanya peristiwa awal atau akhir dari jagat raya.
  • Teori Big Bang menganggap bahwa terdapat proses awal mula jagat raya, yaitu dari suatu massa tunggal yang sangat padat kemudian mengalami dentuman besar dan terjadilah pengembangan alam semesta.
  • Teori Ekspansi dan Kontraksi beranggapan bahwa jagat raya memang sudah terbentuk melalui siklus, yang terdiri dari masa ekspansi yang menyebabkan terbentuknya galaksi, dan masa kontraksi yang membuat galaksi dan bintang-bintang menyusut. Siklus tersebut terus terjadi secara berulang.space 

0

Roboguru

Mengapa teori ledakan besar saat ini dianggap paling sesuai untuk menjelaskan pembentukan jagat raya?

Pembahasan Soal:

Proses terbentuknya jagat raya menurut Teori Ledakan Dahsyat adalah  alam semesta mengembang dari keadaan awal yang sangat padat dan panas dan terus mengembang hingga sekarang sampai suatu massa yang meledak dan mengembang. Galaksi-galaksi pada jagat raya terus mengembang dan semakin lama semakin jauh dari pusat ledakan. Akibat ledakan tersebut materi-materi dengan jumlah sangat banyak terlontar ke segala penjuru alam semesta. Materi-materi tersebut akhirnya membentuk bintang, planet, debu, meteor, asteroid, meteor, dan pertikel lainnya. Teori ledakan besar (big bang) dianggap paling benar karena di buktikan adanya pergeseran merah atau yang disebut red shif dalam ilmu astronomi. Karena diselidik meskipun semua benda yang di jagat raya ini memiliki daya tarik gravitasi terhadap inti benda-benda di jagat raya ini malah bukannya saling mendekat tetapi bertahap mengalami gerak menjauh dari pusatnya, ini membuktikan layaknya sebuah ledakan yang terjadi pastinya benda-benda terlontar dan saling menjauh meski saat kini pusat dari alam semesta adalah Matahari. 

 

0

Roboguru

Jelaskan proses pembentukan jagat raya berdasar pada Big Bang Theory.

Pembahasan Soal:

Big Bang Theory menyatakan bahwa jagat raya merupakan kumpulan dari galaksi-galaksi yang saling berdekatan satu sama lain. Galaksi-galaksi ini berasal dari massa tunggal dengan energi yang sangat besar. Hal ini menimbulkan ledakan yang maha dahsyat terhadap galaksi tersebut dan akibatnya banyak materi yang bertebaran ke segala penjuru alam semesta dalam bentuk serpihan. Dan serpihan-serpihan tersebut terbentuk menjadi planet-planet dan benda langit lainnya.space

0

Roboguru

Tuliskan dan jelaskan teori-teori terbentuknya jagat raya?

Pembahasan Soal:

Banyak pendapat yang dikemukakan oleh para ahli mengenai asal mula terbentuknya jagat raya. Teori-teori tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Teori mengembang dan memampat (oscillation theory)= alam semesta terbentuk karena adanya sebuah siklus materi yang diawali dengan masa mengembang yang disebabkan oleh adanya reaksi dari inti hidrogen pada tahap ini terbentuklah galaksi-galaksi. Tahapan ini diperkirakan berlangsung selama 30 milyar tahun kemudian galaksi-galaksi dan bintang yang terbentuk tadi akan meredup, kemudian memampat lagi yang dimana didahului dengan keluarnya pancaran panas yang sangat tinggi dan setelah tahapan tersebut terjadi tahap mengembang dan kemudian tahap memampat lagi.
  2. Teori keadaan tetap (steady state theory)= alam semesta tidak memiliki awal dan akhir. Alam semesta tetap sama sepanjang waktu, tidak ada galaksi baru yang terbentuk.
  3. Teori ledakan besar (the big bang theory)= pembentukan alam semesta terjadi sekitar 13.700 milyar tahun yang lalu. Dahulu terdapat galaksi-galaksi yang saling berdekatan. Galaksi-galaksi berasal dari massa tunggal yang menyimpan suhu dan energi yang sangat besar. Hal ini menimbulkan ledakan yang mahadahsyat hingga menghancurkan massa tunggal tersebut. Akibat ledakan tersebut, banyak materi yang terlontar ke segala penjuru semesta sehingga membentuk jagat raya.undefined  

0

Roboguru

Teori dentuman besar (Big Bang Theory) mengatakan bahwa Jagatraya berawal dari ...

Pembahasan Soal:

Big Bang (Ledakan Dahsyat atau Dentuman Besar) dalam kosmologi adalah salah satu teori ilmu pengetahuan yang menjelaskan perkembangan dan bentuk awal dari alam semesta. Teori ini menyatakan bahwa alam semesta ini berasal dari kondisi super padat dan panas, yang kemudian mengembang sekitar 13.700 juta tahun lalu. Para ilmuwan juga percaya bawa Big Bang membentuk sistem tata surya. Ide sentral dari teori ini adalah bahwa teori relativitas umum dapat dikombinasikan dengan hasil pemantauan dalam skala besar pada pergerakan galaksi terhadap satu sama lain, dan meramalkan bahwa suatu saat alam semesta akan kembali atau terus. Konsekuensi alami dari Teori Big Bang yaitu pada masa lampau alam semesta punya suhu yang jauh lebih tinggi dan kerapatan yang jauh lebih tinggi.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved