Roboguru

Teori Ledakan Besar (Big Bang Theory) ditemukan oleh ....

Pertanyaan

Teori Ledakan Besar (Big Bang Theory) ditemukan oleh ....space 

  1. Georges Le Maitre 

  2. Fred Hoyle 

  3. Thomas Gold 

  4. Hermann Bondi 

  5. Alexandre Friedmann 

Pembahasan Soal:

Teori Ledakan Besar (Big Bang Theory) dikemukakan oleh Georges Le Maitre (Belgia) pada tahun 19Z7. Teori dentuman besar berdasarkan jenis asumsi adanya massa yang sangat besar dan mempunyai massa jenis sangat besar. Adanya reaksi inti menyebabkan massa tersebut meledak hebat. Massa tersebut kemudian mengembang dengan sangat cepat menjauhi pusat ledakan. Karena adanya gravitasi, maka bintang yang paling kuat gravitasinya akan menjadi pusatnya. Dari berbagai teori yang dikemukakan para ahli, kebanyakan ilmuwan mendukung teori dentuman besar. Menurut mereka, ledakan besar tersebut merupakan awal terbentuknya alam semesta..

Jadi jawaban yang benar adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Rocky

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ciri khas dari teori Big Bang dalam pembentukan Jagatraya adalah ....

Pembahasan Soal:

Teori Big Bang pertama kali ditemukan oleh Abbe Georges Lemaitre, seorang kosmolog asal Belgia pada tahun 1920-an. Menurutnya, alam semesta ini mulanya berasal dari gumpalan superatom yang berbentuk bola api kecil dengan ukuran sangat kecil. Gumpalan itu semakin lama semakin memadat dan memanas, kemudian meledak dan memuntahkan seluruh isi dari alam semesta. Big Bang melepaskan sejumlah besar energi di alam semesta yang kemudian membentuk seluruh materi alam semesta dan kemudian berkembang hingga menjadi bentuk yang sekarang ini dan akan terus berkembang.

0

Roboguru

Jagat raya berasal dari adanya ledakan massa dengan berat jenis yang besar, ledakan terjadi karena ....

Pembahasan Soal:

Teori dentuman besar berdasarkan jenis asumsi adanya massa yang sangat besar dan mempunyai massa jenis sangat besar. Adanya reaksi inti menyebabkan massa tersebut meledak hebat. Massa tersebut kemudian mengembang dengan sangat cepat menjauhi pusat ledakan. Karena adanya gravitasi, maka bintang yang paling kuat gravitasinya akan menjadi pusatnya. Dari berbagai teori yang dikemukakan para ahli, kebanyakan ilmuwan mendukung teori dentuman besar. Menurut mereka, ledakan besar tersebut merupakan awal terbentuknya alam semesta..

Jadi jawaban yang benar adalah C. 

0

Roboguru

Ciri khas dari teori Bing Bang dalam pembentukan Jagatraya adalah....

Pembahasan Soal:

Teori pembentukan alam raya yang terkenal di dunia ada tiga, sebagai berikut:

  1. Teori Bigbang adalah teori satu-satunya yang dianggap masuk akal dan sangat berpengaruh terhadap perkembangan ilmu sekarang, teori ini menjelaskan bahwa jagat raya terbentuk karena ada ledakan besar sehingga serpihan dari ledakan tersebut yang akhirnya menjadi tata surya yang tersebar.
  2. Teori Keadaan Tetap (Steady State) adalah teori yang menyakatan bahwa jagat raya sudah ada sejak dulu kala, tidak berubah, dan tidak berkembang.
  3. Teori Expansi (Oscillating Theory) adalah teori mengembang dan memampat, jadi jagat raya terbentuk karena adanya siklus materi yang diawali dengan mengembang (exspansi) dan dilanjutkan memampat, seperti itu terus.

Oleh karena itu jawaban yang tepat sesuai penjelasan diatas adalah pilihan jawaban E, pada dasarnnya teori bigbang berpendapat bahwa jagat raya itu sifatnya dinamis, selalu berubah-ubah setiap waktunya.

0

Roboguru

Kelemahan dari teori Big Bang adalah ....

Pembahasan Soal:

Teori Big Bang menyatakan bahwa alam semesta terbentuk dari ledakan bola raksasa yang mengalami fusi helium dan hidrogen. Hasil ledakan tersebut kemudian menyebar ke berbagai arah dan membentuk benda-benda langit seperti saat ini. Kelemahan dari teori Big Bang adalah teori ini hanya menjelaskan bagaimana awal mula alam semesta dapat terbentuk, tetapi tidak menjelaskan akhir dunia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Ciri khas dari teori Big Bang dalam pembentukan Jagatraya adalah….

Pembahasan Soal:

Menurut teori Big Bang, jagat raya terbentuk dari ledakan dahsyat yang terjadi kira-kira 13.700 juta tahun yang lalu. Akibat ledakan tersebut materi-materi dengan jumlah sangat banyak terlontar ke segala penjuru alam semesta. Materi-materi tersebut akhirnya membentuk bintang, planet,debu, meteor, asteroid, meteor, dan pertikel lainnya.

Berdasarkan pengamatan dan penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa jagat raya ini tidak bersifat statis. Semakin jauh jarak galaksi dari Bumi, semakin cepat proses pengembangannya (bersifat dinamis).

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved