Roboguru

Tentukan struktur teks persuasif tersebut!

Tentukan struktur teks persuasif tersebut!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Jawaban:

Teks persuasif adalah teks yang berisi ajakan atau bujukan untuk mendorong seseorang mengikuti harapan dan keinginan yang disampaikan dalam teks.

Struktur teks persuasif terdiri dari:

  • Pengenalan isu, yaitu pengantar umum atau penyampaian masalah yang menjadi dasar teks. (Paragraf 1)
  • Rangkaian argumen, yakni sejumlah pendapat atau argumen yang terkait dengan isu yang telah diperkenalkan sebelumnya. Bagian ini juga biasanya diperkuat oleh pengungkapan fakta untuk menyokong pendapat atau argumen yang disajikan. (Paragraf 2)
  • Ajakan-ajakan, merupakan inti dari teks yang memberikan dorongan kepada pembaca atau pendengar agar melakukan sesuatu baik secara tersirat maupun tersurat. (Paragraf 3)
  • Penegasan kembali, yakni menegaskan kembali inti pernyataan, fakta, dan ajakan yang sebelumnya telah dipaparkan melalui simpulan dan rangkuman untuk memastikan bahwa persuasi telah tersampaikan dan dapat diingat lalu memengaruhi pembaca atau pendengar untuk benar-benar mengikutinya. (Paragraf 4)

Dengan demikian, paragraf 1 adalah pengenalan isu, paragraf 2 adalah rangkaian argumen, paragraf 3 adalah ajakan-ajakan, dan paragraf 4 adalah penegasan kembali.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved