Tentukan struktur teks persuasif tersebut!

Pertanyaan

    Apakah Anda senang berjalan kaki? Jika iya maka selamat Anda termasuk orang yang menerapkan hidup sehat. Dengan berjalan kaki Anda sudah melakukan olahraga dalam katogori ringan, meski begitu olah raga ringan ini memberi kontribusi sebesar 40%. (Paragfal 1) 

    Masih banyak orang yang menyepelekan bahkan meragukan manfaat dari berjalan kaki padahal dengan berjalan kaki Anda bisa melancarkan sirkulasi darah. Dengan berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari bisa menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 40%. (Paragraf 2)

    Detak jantung akan berdetak lebih cepat saat berjalan kaki, ketika detakan mengencang jantung pun menjadi lebih kuat dan bisa meningkatkan sirkulasi darah. Aktivitas seperti ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berjalan kaki menuntut orang untuk tetap  bergerak sehingga bisa menurunkan kadar lemak dalam darah sehingga kolestrol pun berkurang. (Paragraf 3)

    Mulailah melakukan kegiatan seperti ini untuk menjaga kesehatan Anda. lakukan dengan mulailah berjalan kaki dari rumah ke depan komplek, ke tempat kerja, ke warung, ketika pergi sekolah, dan lain-lain. (Paragraf 4)undefined 

Tentukan struktur teks persuasif tersebut!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

N. Novitasari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

paragraf 1 adalah pengenalan isu, paragraf 2 adalah rangkaian argumen, paragraf 3 adalah ajakan-ajakan, dan paragraf 4 adalah penegasan kembali.undefined 

Pembahasan

Teks persuasif adalah teks yang berisi ajakan atau bujukan untuk mendorong seseorang mengikuti harapan dan keinginan yang disampaikan dalam teks.

Struktur teks persuasif terdiri dari:

  • Pengenalan isu, yaitu pengantar umum atau penyampaian masalah yang menjadi dasar teks. (Paragraf 1)
  • Rangkaian argumen, yakni sejumlah pendapat atau argumen yang terkait dengan isu yang telah diperkenalkan sebelumnya. Bagian ini juga biasanya diperkuat oleh pengungkapan fakta untuk menyokong pendapat atau argumen yang disajikan. (Paragraf 2)
  • Ajakan-ajakan, merupakan inti dari teks yang memberikan dorongan kepada pembaca atau pendengar agar melakukan sesuatu baik secara tersirat maupun tersurat. (Paragraf 3)
  • Penegasan kembali, yakni menegaskan kembali inti pernyataan, fakta, dan ajakan yang sebelumnya telah dipaparkan melalui simpulan dan rangkuman untuk memastikan bahwa persuasi telah tersampaikan dan dapat diingat lalu memengaruhi pembaca atau pendengar untuk benar-benar mengikutinya. (Paragraf 4)

Dengan demikian, paragraf 1 adalah pengenalan isu, paragraf 2 adalah rangkaian argumen, paragraf 3 adalah ajakan-ajakan, dan paragraf 4 adalah penegasan kembali.undefined 

235

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut.       (1) Perkembangan minat baca anak tidak hanya ditentukan oleh keinginan dan sikapnya terhadap bahan-bahan bacaan. Banyak faktor yang memengaruhi, baik faktor dari dalam mau...

1rb+

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia