Roboguru

Tentukan jenis ikatan kimia pada molekul-molekul berikut. SO2

Pertanyaan

Tentukan jenis ikatan kimia pada molekul-molekul berikut.

SO2 

Pembahasan Soal:

    Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karena penggunaan pasangan elektron bersama. Pasangan elektron itu berasal dari kedua atom yang berikatan. Ikatan kovalen cenderung terjadi pada atom nonlogam.

    Molekul SO2 terbentuk melalui ikatan kovalen. Hal ini dikarenakan S dan O merupakan unsur nonlogam. Pada molekul SO2 terdapat empat ikatan kovalen, dimana 1 atom S berikatan dengan 2 atom O.

    Pada setiap ikatan, atom O dan S saling menyumbangkan 2 elektron untuk dijadikan milik bersama. Dua pasang elektron tersebut ditarik oleh kedua inti atom hingga kedua atom saling berikatan. 

Jadi, jenis ikatan yang terdapat pada SO2 adalah ikatan kovalen. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa senyawa  dapat terbentuk, tetapi  tidak dapat terbentuk?

Pembahasan Soal:

Atom Cl memiliki 7 elektron valensi sehingga membutuhkan 1 elektron untuk memenuhi kaidah oktet. Senyawa Cl subscript 2 dapat terbentuk karena keduanya unsur nonlogam yang dapat membentuk ikatan kovalen (masing-masing memberikan 1 elektron untuk digunakan bersama). Sedangkan Na merupakan unsur logam sehingga tidak dapat membentuk senyawa kovalen Na subscript 2. Atom Na cenderung berikatan secara ionik dengan melepas 1 elektron valensinya untuk memenuhi kaidah oktet.

Jadi, Cl subscript 2 dapat terbentuk karena Cl tergolong unsur nonlogam sehingga membentuk ikatan kovalen.blank subscript blank subscript blank

0

Roboguru

Adanya beberapa kemungkinan struktur Lewis dari molekul atau ion poliatomik disebut ...

Pembahasan Soal:

Gaya yang mengikat atom-atom dalam molekul dalam setiap senyawa disebut ikatan kimia. Dalam mempelajari materi ikatan kimia, kita juga perlu memahami terlebih dahulu tentang struktur Lewis. Struktur Lewis atau rumus titik elektron merupakan lambang atom yang di sekelilingnya terdapat titik, silang, atau bulatan kecil yang menggambarkan elektron valensi dari atom yang bersangkutan. Struktur Lewis berguna untuk memahami penggunaan elektron bersama pada ikatan kovalen.space

Dalam kimia, istilah resonansi merupakan penggunaan dua atau lebih struktur Lewis untuk menggambarkan molekul tertentu. Struktur resonansi adalah salah satu dari dua atau lebih struktur Lewis untuk satu molekul yang tidak dapat dinyatakan secara tepat dengan hanya menggunakan satu struktur Lewis. Tanda panah dua arah menyatakan bahwa struktur-struktur yang diberikan merupakan struktur resonansi. Posisi elektron dapat diubah-ubah untuk menghasilkan struktur resonansi yang lain, tanpa mengubah posisi atom-atomnya.space

Contoh resonansi pada senyawa benzena:

Dengan demikian, adanya beberapa kemungkinan struktur Lewis dari molekul atau ion poliatomik disebut dengan resonansi.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

0

Roboguru

Diketahui beberapa unsur dengan nomor atomnya, yaitu dan . Pasangan unsur yang dapat membentuk ikatan kovalen adalah ....

Pembahasan Soal:

Senyawa kovalen merupakan senyawa yang terbentuk dari unsur-unsur nonlogam yang berikatan secara kovalen yaitu pemakaian bersama elektron yang berasal dari kedua unsur yang berikatan. Senyawa kovalen dapat terbentuk dari satu jenis unsur yang sama maupun beberapa jenis unsur yang berbeda. Unsur-unsur yang dapat membentuk ikatan kovalen dapat dilihat dari elektron valensi nya, jika memiliki elektron valensi lebih dari 3 maka dapat digolongkan sebagai unsur nonlogam karena tidak memiliki kecenderungan untuk melepaskan elektron. Konfigurasi unsur-unsur di atas adalah sebagai berikut.

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell P presubscript 6 colon space 1 s squared space 2 s squared space 2 p squared space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space e space val end cell equals 4 row cell italic Q presubscript 9 colon space 1 s squared space 2 s to the power of 2 space end exponent 2 p to the power of 5 space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space e space val end cell equals 7 row cell italic R presubscript 11 colon space 1 s squared space 2 s to the power of 2 space end exponent 2 p to the power of 6 space end exponent 3 s to the power of 1 space space space space space space space space space space space space space space space e space val end cell equals 1 row cell S presubscript 17 colon space 1 s squared space 2 s to the power of 2 space end exponent 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p to the power of 5 space space space space space space space space space e space val end cell equals 7 row cell italic T presubscript 20 colon space 1 s squared space 2 s to the power of 2 space end exponent 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p to the power of 6 space 4 s squared space space space e space val end cell equals 7 end table 


Berdasarkan konfigurasi tersebut,  pasangan unsur yang dapat membentuk ikatan kovalen adalah P dan italic Q .

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Berikut ini senyawa-senyawa yang memiliki ikatan ionik dan kovalen adalah ...

Pembahasan Soal:

Senyawa yang memiliki ikatan ionik dan kovalen adalah amonium klorida, N H subscript 4 ClN H subscript 4 Cl merupakan senyawa ion poliatomik dengan kationnya merupakan ion poliatom NH4+.

  1. Ikatan ion, terbentuk dari ion NH4+ dan ion Cl.
  2. Ikata kovalen, terbentuk dari NH yang merupakan ikatan antara unsur nonlogam dan nonlogam.

Oleh karena itu, senyawa yang memiliki ikatan ionik dan kovalen adalah N H subscript 4 Cl.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan struktur Lewis berikut. Pernyataan yang benar dari struktur Lewis tersebut adalah....  Ikatan kovalen ditunjukkan oleh nomor 1, 2, dan 3. Nomor 2 merupakan ikatan kovalen koordinasi....

Pembahasan Soal:

Untuk menggambarkan bagaimana ikatan kovalen terjadi, digunakan rumus titik elektron (struktur Lewis). Rumus ini menggambarkan bagaimana peranan elektron valensi dalam membentuk ikatan. 

Ikatan kovalen terjadi karena adanya pemakaian elektron secara bersama, sedangkan ikatan kovalen koordinasi terjadi karena adanya pemakaian elektron bersamanya hanya berasal dari satu atom.

Dalam pembentukan ikatan kovalen, belum tentu semua elektron valensi digunakan untuk membentuk pasangan elektron bersama. Pasangan elektron yang digunakan bersama oleh dua atom yang berikatan disebut pasangan elektron ikatan (PEI), sedangkan pasangan elektron yang tidak digunakan bersama oleh kedua atom disebut pasangan elektron bebas (PEB). 

Pada senyawa N H subscript 3 B F subscript 3dengan struktur lewis, dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Ikatan kovalen ditunjukkan oleh nomor 1, 4, dan 5.
  2. Nomor 2 merupakan ikatan kovalen koordinasi. Karena sepasang elektron atom N disumbangkan kepada atom B, sehingga kedua atom dapat membentuk ikatan dan memenuhi kaidah oktet.
  3. Antara NH3 dan BF3 terjadi ikatan kovalen. Karena ikatan kovalen terjadi karena adanya pemakaian elektron secara bersama.
  4. Pasangan elektron bebas (PEB) ditunjukkan oleh nomor 3.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved