Roboguru

Tentukan jenis ikatan kimia pada molekul-molekul berikut. Na2O

Pertanyaan

Tentukan jenis ikatan kimia pada molekul-molekul berikut.

Na2O 

Pembahasan Soal:

    Ikatan ion terjadi akibat adanya gaya elektrostatis antara ion positif dan ion negatif. Ion positif berasal dari unsur logam yang memiliki energi ionisasi rendah sedangkan ion negatif berasal dari unsur nonlogam yang memiliki nilai afinitas elektron tang tinggi.

    Selain itu, antara unsur logam dan nonlogam terdapat perbedaan keelektronegatifan yang cukup besar. Perbedaan itu memungkinkan terjadinya serah terima elektron.

    Senyawa Na2O terbentuk melalui ikatan ion. Hal ini dikarenakan Na merupakan unsur logam yang akan membentuk ion Na+ sedangkan O merupakan unsur nonlogam yang akan membentuk ion O2-.

Jadi, jenis ikatan yang terdapat pada Na2O adalah ikatan ion​​​​​​​. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Suatu unsur X bereaksi dengan klorin membentuk suatu padatan XCI. Konfigurasi elektron dari unsur tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi akibat adanya gaya elektrostatik antara ion positif dan ion negatif. yang terjadi akibat perpindahan elektron dari satu atom ke atom lain. Ikatan ion biasanya terbentuk antara atom unsur logam (cenderung mudah melepaskan elektron) dan atom unsur nonlogam (cenderung menangkap elektron). Atom logam, setelah melepaskan elektron berubah menjadi ion positif. Sedangkan atom nonlogam, setelah menerima elektron berubah menjadi ion negatif. Ikatan ion merupakan ikatan yang relatif kuat. Pada suhu kamar, semua senyawa ion berupa zat padat kristal dengan struktur tertentu.space

Senyawa dengan rumus kimia XCI yang berbentuk padatan, kemungkinan besar merupakan suatu senyawa ionik. Senyawa ini terdiri atas unsur X dan Cl. Unsur X merupakan unsur logam dan unsur Cl (klorin) merupakan unsur nonlogam dari golongan VIIA. Unsur Cl (klorin) cenderung menangkap 1 elektron untuk membentuk ion Cl to the power of minus sign. Oleh sebab itu, untuk XCl reaksi ionisasinya adalah sebagai berikut.

italic X Cl yields italic X to the power of plus plus Cl to the power of minus sign 

Berdasarkan persamaan reaksi ionisasi di atas, dapat diketahui bahwa unsur X membentuk kation (ion positif) bermuatan +1. Ion italic X to the power of plus terbentuk dari unsur X yang melepaskan 1 elektron valensinya. Unsur X yang melepaskan 1 elektron valensinya menunjukkan bahwa unsur X memiliki 1 elektron valensi, artinya unsur X adalah unsur logam yang terletak pada golongan IA dalam sistem periodik. Agar kita dapat mengetahui suatu unsur merupakan unsur golongan IA dapat dilihat dari elektron valensi (elektron terluar) pada konfigurasi elektronnya. Unsur logam golongan IA akan memiliki konfigurasi elektron yang berakhir pada n italic s to the power of 1 sebagai elektron valensi, dengan n merupakan nomor kulit elektron (misal 1, 2, 3, dst).space

Dengan demikian, kemungkinan konfigurasi elektron dari unsur X adalah 1 italic s squared space 2 italic s squared space 2 italic p to the power of 6 italic space 3 italic s to the power of italic 1.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Unsur X dan Y membentuk senyawa dengan rumus kimia . Kemungkinan nomor atom X dan Y adalah  ....

Pembahasan Soal:

XY subscript 3 yields X to the power of 3 plus sign and 3 Y to the power of minus sign

  • X to the power of 3 plus sign adalah ion dari unsur yang melepaskan 3 elektron terluarnya untuk mencapai kesatabilan. Konfigurasi elektron: 2 3 (nomor atom = 5)
  • Y to the power of minus sign adalah ion dari unsur yang menyerap 1 elektron untuk mencapai kesatabilan. Konfigurasi elektron: 2 7 (nomor atom 9)

Dengan demikian, kemungkinan nomor atom X dan Y adalah 5 dan 9.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Diketahui elektronegativitas unsur-unsur sebagai berikut.  Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa senyawa yang memiliki ikatan ion paling lemah adalah ....

Pembahasan Soal:

Ikatan ion adalah ikatan berupa gaya elektrostatis yang terjadi antara ion positif (kation) dan ion negatif (anion). Kation terbentuk dari atom yang cenderung melepaskan elektron, yaitu logam; sedangkan anion terbentuk dari atom yang cenderung menerima elektron, yatu nonlogam. Kekuatan dari ikatan ion dipengaruhi keelektronegatifan, Semakin besar keelektronegatifan semakin kuat dalam menarik elektron valensi sehingga atom semakin elektronegatif dan atom lainnya semakin elektropoitif. Senyawa dengan selisih paling dekat adalah senyawa BeCl2.


Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Unsur Y mempunyai konfigurasi elektron: 1s2 2s2 2p6 3s2 3p1. Senyawa kloridanya mempunyai rumus ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan konfigurasi elektronnya, unsur Y mempunyai 1 elektron valensi sehingga termasuk logam dan cenderung melepaskan 1 elektron membentuk ion Y+. Adapun ion klorida memiliki muatan -1 dengan simbol Cl. Kedua ion dapat membentuk ikatan ion. Rumus kimia jika kedua ion berikatan adalah:

Y++ClYCl 


Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Dua buah unsur memiliki notasi  dan . Bila kedua unsur tersebut berikatan maka senyawa yang dihasilkan adalah ....

Pembahasan Soal:

Ikatan ion terjadi akibat adanya serah terima elektron sehingga membentuk ion positif dan ion negatif yang konfigurasi elektronnya sama dengan gas mulia. 

Bila kedua unsur X presubscript 13 presuperscript blank dan Y presubscript 17 presuperscript blank berikatan maka senyawa yang dihasilkan bergantung pada elektron valensi kedua unsur tersebut.

  • X presubscript 13 presuperscript blank colon space 2 space 8 space 3, melepaskan 3 elektron membentuk ion X to the power of 3 plus sign.
  • Y presubscript 17 presuperscript blank colon space 2 space 8 space 7, menyerap 1 elektron membentuk ion Y to the power of minus sign.

X to the power of 3 plus sign and 3 Y to the power of minus sign yields XY subscript 3

Sehingga jenis ikatan yang terjadi adalah ikatan ion dengan rumus kimia XY subscript 3

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved