Roboguru

Tentukan jenis ikatan kimia pada molekul-molekul berikut. F2

Pertanyaan

Tentukan jenis ikatan kimia pada molekul-molekul berikut.

F2 

Pembahasan Soal:

    Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karena penggunaan pasangan elektron bersama. Pasangan elektron itu berasal dari kedua atom yang berikatan. Ikatan kovalen cenderung terjadi pada atom nonlogam.

    Molekul F2 terbentuk melalui ikatan kovalen. Hal ini dikarenakan F merupakan unsur nonlogam. Masing-masing atom F menyumbangkan 1 elektron untuk dijadikan milik bersama. Sepasang elektron tersebut ditarik oleh kedua inti atom hingga kedua atom saling berikatan. 

Jadi, jenis ikatan yang terdapat pada F2 adalah ikatan kovalen. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Senyawa yang berikatan kovalen adalah ...

Pembahasan Soal:

Ikatan kovalen adalah ikatan antara unsur-unsur nonlogam dengan prinsip pemakaian pasangan elektron bersama untuk mencapai konfigurasi elektron gas mulia. Unsur-unsur nonlogam dalam tabel periodik umumnya terletak pada golongan IVA sampai VIIIA.

Berdasarkan jenis ikatannya, ikatan kovalen terbagi atas:

  1. Ikatan kovalen tunggal
    open parentheses contoh colon space N H subscript 3 comma space H subscript 2 O comma space H F comma space dan space Cl subscript 2 O close parentheses;
     
  2. Ikatan kovalen rangkap dua
    open parentheses contoh colon space O subscript 2 space dan space C O subscript 2 close parentheses;
     
  3. Ikatan kovalen rangkap tiga
    open parentheses contoh colon space N subscript 2 close parentheses; dan
     
  4. Ikatan kovalen koordinasi
    open parentheses contoh colon space N H subscript 4 to the power of plus sign comma space S O subscript 3 comma space H N O subscript 2 comma space dan space H subscript 2 S O subscript 4 close parentheses.


Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space space space

0

Roboguru

Senyawa berikut yang memiliki sifat ikatan kovalen adalah ....

Pembahasan Soal:

Senyawa kovalen adalah senyawa yang terbentuk dari penggunaan bersama pasangan elektron oleh dua atom berikatan (ikatan kovalen). Terdapat 2 macam senyawa kovalen yaitu kovalen polar dan nonpolar. Sifat fisis dari senyawa kovalen adalah sebagai berikut:space 

  • Senyawa kovalen memiliki titik didih dan titik leleh yang rendah sehingga kebanyakan senyawa kovalen bersifat volatil atau mudah menguap. 
  • Senyawa kovalen berwujud lunak dan tidak mudah rapuh.
  • Senyawa kovalen nonpolar tidak larut dalam pelarut polar, namun larut dalam pelarut organik, sedangkan senyawa kovalen polar dapat larut dalam pelarut polar atau dalam air, dan tidak dapat larut dalam pelarut organik.
  • Senyawa kovalen nonpolar tidak dapat menghantarkan listrik (bersifat isolator) sedangkan senyawa kovalen polar dapat menghantarkan arus listrik (bersifat konduktor).

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Senyawa dibawah ini yang mempunyai ikatan kovalen dan ikatan ion sekaligus adalah....

Pembahasan Soal:

Ikatan ion adalah yang terbentuk dari kation (ion positif) dan anion (ion negatif). Ikatan ion terjadi pada unsur logam dan nonlogam. Ikatan kovalen adalah ikatan yang terbentuk karena penggunaan bersama pasangan elektron dari kedua atom untuk berikatan. Ikatan kovalen terjadi pada unsur nonlogam dan nonlogam. Diantara senyawa tersebut yang memiliki ikatan ion dan ikatan kovalen adalah K O H.

Ikatan pada K O H:

- Ikatan ion antara K to the power of plus sign dan O H to the power of minus sign

- Ikatan kovalen terdapat penggunaan bersama elektron antara atom O dan H

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Struktur Lewis dari senyawa amonium klorida adalah sebagai berikut.  Nomor yang menyatakan ikatan kovalen dan kovalen koordinasi adalah nomor .....

Pembahasan Soal:

ikatan kovalen adalah ikatan antar atom nonlogam yang terjadi melalui pemakaian pasangan elektron bersama. Ikatan kovalen koordinasi atau ikatan semipolar adalah ikatan yang terbentuk dengan cara pemakaian bersama pasangan elektron yang berasal dari salah satu atom, ion atau molekul yang memiliki PEB. Adapun atom, ion, molekul lain hanya menyediakan orbital kosong. 

Kita tahu bahwa jumlah elektron valensi dari atom nitrogen adalah 5, 3 elektron dari N dipake bersama dengan 3 atom hidrogen secara bersama-sama (ikatan kovalen), sedangakan 2 elektron sisa dipakai untuk berikatan dengan atom H dari HCl, karena elektron pada H sudah terpakai untuk berikatan secara kovalen dengan atom Cl. Ikatan kovalen koordinasi ditunjukan oleh no 4 dan ikatan kovalen ditunjukkan oleh no 1, 2, 3, dan 5

Jadi, jawaban yang tepat adalah 1 dan 4

0

Roboguru

Tentukan jenis ikatan senyawa berikut. H2​SO3​  H2​SO4​  HNO2​  HNO3​  H3​PO3​  H3​PO4​

Pembahasan Soal:

Jenis ikatan kimia pada senyawa dapat ditinjau dari sifat unsur-unsur yang menyusun senyawa tersebut.

  • Ikatan ion merupakan gaya elektrostatik antara ion positif (unsur yang cenderung melepas elektron) dengan ion negatif (unsur yang cenderung menarik elektron). Unsur yang cenderung melepas elektron (elektropositif) biasanya bersifat logam, sedangkan unsur yang cenderung menarik elektron (elektronegatif) biasanya merupakan unsur-unsur nonlogam.
  • Ikatan kovalen merupakan ikatan yang terjadi akibat pemakaian bersama pasangan elektron yang biasanya terjadi antara unsur yang sama-sama membutuhkan elektron untuk stabil, yaitu unsur yang nilai  keelektronegatifannya besar (unsur-unsur nonlogam).

Dengan demikian,  

  1. H2SO3
    disusun oleh unsur H, S, dan O yang masing-masing berada pada golongan IA (1 elektron valensi) dan golongan VIA (6 elektron valensi), merupakan unsur nonlogam dan membutuhkan elektron agar stabil. Oleh sebab itu, jenis ikatan yang terdapat dalam senyawa ini adalah ikatan kovalen.
  2. H2SO4 
    disusun oleh unsur H, S, dan O sama dengan poin a, sehingga disimpulkan jenis ikatan dalam senyawa ini adalah ikatan kovalen.
  3. HNO2 
    disusun oleh unsur H, N, dan O yang masing-masing berada pada golongan IA (1 elektron valensi), golongan VA (5 elektron valensi), dan golongan VIA (6 elektron valensi), merupakan unsur-unsur nonlogam dan membutuhkan elektron agar stabil. Oleh sebab itu, jenis ikatan yang terdapat dalam senyawa ini adalah ikatan kovalen.
  4. HNO3 
    disusun oleh unsur H, N, dan O sama dengan poin c, sehingga disimpulkan jenis ikatan dalam senyawa ini adalah ikatan kovalen.
  5. H3PO3 
    disusun oleh unsur H, P, dan O yang masing-masing berada pada golongan IA (1 elektron valensi), golongan VA (5 elektron valensi), dan golongan VIA (6 elektron valensi), merupakan unsur-unsur nonlogam dan membutuhkan elektron agar stabil. Oleh sebab itu, jenis ikatan yang terdapat dalam senyawa ini adalah ikatan kovalen.
  6. H3PO4
    disusun oleh unsur H, P, dan O sama dengan poin a, sehingga disimpulkan jenis ikatan dalam senyawa ini adalah ikatan kovalen.

Jadi, jenis ikatan pada senyawa-senyawa tersebut adalah ikatan kovalen.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved