Roboguru

Tentukan elektron valensi dan periode dari unsur X dengan nomor atom 30!

Pertanyaan

Tentukan elektron valensi dan periode dari unsur X dengan nomor atom 30!

Pembahasan Soal:

Tentukan konfigurasi elektronnya terlebih dahulu sesuai dengan aturan Aufbau:

X presubscript 30 equals 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p to the power of 6 space 4 s squared space 3 d to the power of 10 

Elektron valensi adalah elekron pada kulit terluar yang digunakan untuk membentuk ikatan kimia. Pada atom tersebut, subkulit valensinya adalah ns squared space left parenthesis n minus sign 1 right parenthesis d to the power of 10, maka elektron valensinnya sebesar: 2 + 10 = 12 elektron valensi.

Periode suatu atom ditentukan dari nomor kulit terbesar yang ditempati elektron. Pada konfigurasi tersebut, terlihat bahwa nomor kulit terbesarnya adalah 4 sehingga atom X berada pada periode 4.


Jadi, unsur X memiliki 12 elektron valensi dan terletak pada periode 4.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Hidayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Unsur X dengan nomor atom 27, dalam sistem periodik terletak pada ....

Pembahasan Soal:

Letak unsur dalam sistem periodik dapat ditentukan dari elektron valensi berdasarkan konfigurasi elektron unsur tersebut. Jumlah kulit atom / kulit terbesar menunjukkan periode. Jumlah elektron valensi menunjukkan golongan, dimana jika elektron valensi terletak pada subkulit s dan p maka termasuk golongan A (utama), sementara jika berakhiran di subkulit d atau f termasuk golongan B (transisi).

Konfigurasi elektron unsur X dengan nomor atom 27 yaitu :


begin mathsize 14px style X presubscript 27 space equals space open square brackets Ar close square brackets space 4 italic s squared space 3 italic d to the power of 7 end style


Berdasarkan konfigurasi elektron tersebut, maka :

  • periode = jumlah kulit = 4
  • golongan = elektron valensi = (2+7)B = VIII B (karena berakhir di subkulit d, jumlah elektron 8,9,10 masuk ke golongan 8)

Dengan demikian, unsur X dengan nomor atom 27 terletak pada golongan VIIIB, periode 4.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space

Roboguru

Elektron terakhir dalam suatu unsur mempunyai bilangan kuantum n = 3, I = 2, ml = +2, ms := +1/2. Jika subkulit dengan nilai n dan I tersebut mengandung 5 elektron, dapat dinyatakan bahwa unsur ini: ...

Pembahasan Soal:

Elektron terakhir dalam unsur tersebut terletak pada orbital 3 d to the power of 5, sehingga konfigurasi elektronnya adalah

1 s squared 2 s squared 2 p to the power of 6 3 s squared 3 p to the power of 6 4 s squared 3 d to the power of 5

Elektron valensi dari unsur tersebut adalah 4s23d5, sehingga atom tersebut terdapat pada golongan VIIB (jumlah elektron pada orbital s dan d dijumlahkan, 2+5 = 7). Kulit terluar dari konfigurasi elektron adalah 4 sehingga unsur tersebut berada pada periode 4. Maka unsur tersebut dalam tabel periodik unsur terdapat pada Golongan VIIB Periode 4, yaitu unsur Mn. Unsur  Mn dapat membentuk ion Mn to the power of 2 plus sign.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Ion mempunyai konfigurasi elektron . Pernyataan yang tidak benar mengenai unsur M adalah ....

Pembahasan Soal:

Konfigurasi elektron pada ion akan berbeda dengan konfigurasi elektron pada unsur netralnya. Unsur netral M akan memiliki 3 elektron lebih banyak dari ion M to the power of 3 plus sign. Ion M to the power of 3 plus sign mempunyai konfigurasi elektron 1 s squared comma space 2 s squared comma space 2 p to the power of 6 comma space 3 s squared comma space 3 p to the power of 6 comma space 3 d to the power of 5. Maka unsur M akan memiliki konfigurasi elektron 1 s squared comma space 2 s squared comma space 2 p to the power of 6 comma space 3 s squared comma space 3 p to the power of 6 comma space 4 s squared comma space 3 d to the power of 6. Berdasarkan konfigurasi tersebut, dapat diketahui jika:

  • unsur M mempunyai nomor atom 26
  • unsur M terletak pada periode 4
  • unsur M terletak pada golongan VIIIB
  • unsur M termasuk golongan transisi
  • unsur M memiliki 4 elektron tidak berpasangan

Sehingga pernyataan yang tidak benar adalah unsur M memiliki 5 elektron tidak berpasangan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space

Roboguru

Bagan berikut ini merupakan potongan sistem periodik unsur yang tidak lengkap. Tentukanlah letak golongan dan periode dari unsur-unsur A, B, dan F. Berapa elektron tidak berpasangan yang terdapa...

Pembahasan Soal:

  1. Untuk mengetahui golongan dan periode unsur A, B dan F, diberi petunjuk unsur X dengan konfigurasi elektron open square brackets Ar close square brackets space 5 s squared space 4 d to the power of 10, sepertinya yang dimaksud adalah open square brackets Kr close square brackets space 5 s squared space 4 d to the power of 10. Karena konfigurasi elektronnya berakhir pada subkulit d, maka unsur X merupakan unsur golongan transisi (B) dengan nomor golongan 12 atau golongan IIB. Periode ditunjukkan dari kulit terbesar yang dimiliki unsur tersebut, yaitu 5. Maka unsur X berada pada golongan IIB, periode 5.

    Dengan demikian unsur A merupakan golongan IIIA (ingat susunan golongan-golongan pada tabel periodik unsur). Sedangkan unsur B berarti berada di golongan IB dan unsur F berada di golongan IVA. Periode unsur F sama dengan X, yaitu 5. Unsur B berada satu di atasnya, berarti periode 4, sedangkan A berada pada periode 3.
     
  2. Karena unsur B berada di golongan IB dan periode 4, maka konfigurasi elektronnya open square brackets Ar close square brackets space 4 s to the power of 1 space 3 d to the power of 10, jika digambarkan diagram orbitalnya:

    Berdasarkan diagram orbital tersebut, jumlah elektron tidak berpasangan pada atom B adalah 1.

    Unsur D berada pada golongan yang sama dengan A, yaitu IIIA dan periode yang sama dengan B, sehingga konfigurasi elektronnya open square brackets Ar close square brackets space 4 s squared space 3 d to the power of 10 space 4 p to the power of 1, jika diagram orbitalnya digambarkan,

    Berdasarkan diagram orbital tersebut, jumlah elektron tidak berpasangan pada atom D adalah 1.

    Unsur G berada pada periode yang sama dengan X, yaitu periode 5, dan golongan VA, sehingga konfigurasi elektronnya open square brackets Kr close square brackets space 5 s squared space 4 d to the power of 10 space 5 p cubed. Diagram orbitalnya digambarkan sebagai berikut:

    Berdasarkan diagram orbital tersebut, jumlah elektron tidak berpasangan pada atom G adalah 3.
     
  3. Energi ionisasi merupakan energi yang dibutuhkan untuk melepaskan satu elektron pada kulit terluar. Dalam satu periode dari kiri ke kanan dalam tabel periodik unsur, nilai energi ionisasi semakin besar, sedangkan dalam satu golongan dari atas ke bawah, energi ionisasinya semakin kecil. Dengan demikian, unsur yang posisinya paling kanan dan paling atas memiliki energi ionisasi paling besar, yaitu Q.
     
  4. Kecenderungan atom untuk menangkap elektron membentuk ion negatif disebut afinitas elektron, yang memiliki kecenderungan yang sama dengan energi ionisasi, yaitu dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin besar, sedangkan dalam satu golongan dari atas ke bawah semakin kecil. Dengan demikian unsur yang posisinya paling kanan dan paling atas memiliki afinitas elektron paling besar, yaitu Q.

Jadi, golongan/periode unsur A, B, dan F berturut-turut adalah IIIA/3. IB/4, IVA/5; jumlah elektron tak berpasangan untuk atom B, D, dan G berturut-turut adalah 1, 1, dan 3; atom Q memiliki energi ionisasi dan afinitas elektron paling besar.

Roboguru

Tunjukkan letak golongan dan periode unsur X di bawah ini! a.    b.    c.    d.

Pembahasan Soal:

Letak golongan ditentukan dari jumlah elektron valensi yang dimiliki, sedangkan letak periode ditentukan dari nomor kulit terbesar yang ditempati elektron. Elektron valensi adalah elektron yang terletak pada kulit terluar.

a.  X = [Ar] 4s2 3d5

Golongan: Subkulit valensi = 4s2 3d5 sehingga unsur ini termasuk golongan B. Elektron valensi = 2 + 5 = 7 elektron. Jadi, unsur X terletak di golongan VIIB.

Periode: Nomor kulit terbesar yang ditempati elektron adalah 4. Jadi, unsur X terletak di periode keempat.

b.  X = [Ne] 3s2 3p6

Golongan: Subkulit valensi = 3s2 3p6 sehingga unsur ini termasuk golongan A. Elektron valensi = 2 + 6 = 8 elektron. Jadi, unsur X terletak di golongan VIIIA.

Periode: Nomor kulit terbesar yang ditempati elektron adalah 3. Jadi, unsur X terletak di periode ketiga.

c.  X = [Ar] 4s1 3d10

Golongan: Subkulit valensi = 4s1 3d10 sehingga unsur ini termasuk golongan B. Elektron valensi = 1 + 10 = 11 elektron. Jadi, unsur X terletak di golongan IB.

Periode: Nomor kulit terbesar yang ditempati elektron adalah 4. Jadi, unsur X terletak di periode keempat.

d.  X = [Ar] 4s2 3d7

Golongan: Subkulit valensi = 4s2 3d7 sehingga unsur ini termasuk golongan B. Elektron valensi = 2 + 7 = 9 elektron. Jadi, unsur X terletak di golongan VIIIB.

Periode: Nomor kulit terbesar yang ditempati elektron adalah 4. Jadi, unsur X terletak di periode keempat.


Jadi, pada a) unsur X terletak di golongan VIIB dan periode keempat; b) unsur X terletak di golongan VIIIA dan periode ketiga; c) unsur X terletak di golongan IB dan periode keempat; serta d) unsur X terletak di golongan VIIIB dan periode keempat.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved