Pertanyaan

Tengku Ibrahim adalah salah satu sultan yang pernah memerintah di Kesultanan Siak. Namun pada masanya, Kesultanan Siak justru mengalami kemunduran sebab….

Tengku Ibrahim adalah salah satu sultan yang pernah memerintah di Kesultanan Siak. Namun pada masanya, Kesultanan Siak justru mengalami kemunduran sebab….

  1. diadakannya kerja sama dengan VOC

  2. terjadi perlawanan dari dalam kesultanan

  3. Kesultanan Siak melakukan kerja sama dengan bangsa Portugis

  4. usia Tengku Ibrahim saat memerintah Kesultanan Siak masih terlalu muda

  5. mendapat serangan dari Kerajaan Kampar yang dipimpin oleh Sultan Said Ali

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Kesultanan Siak Sri Indrapura semakin sempitgerakannya dan semakin banyak dipengaruhi politik penjajahan Hindia Belanda.

Kesultanan Siak Sri Indrapura semakin sempit gerakannya dan semakin banyak dipengaruhi politik penjajahan Hindia Belanda.

Pembahasan

Tengku Ibrahim adalah anak dari Sultan Said Ali yang juga pernah memerintah di Kesultanan Siak. Saat pemerintahan Sultan Said Ali, ia berhasil memakmurkan kesultanan ini, tetapi pada tahun 1811, ia mengundurkan diri sebagai Sultan Siak dan kemudian pemerintahannya digantikan oleh putranya, yaitu Tengku Ibrahim. Di bawah pemerintahan Tengku Ibrahim, Kesultanan Siak mengalami kemunduran sehingga banyak orang yang pindah ke Bintan, Lingga Tambelan, Trenggano, dan Pontianak. Di tambah lagi dengan adanya perjanjian dengan VOC pada tahun 1822 di Bukit Batu yang isinya menekankan Kesultanan Siak tidak diiizinkan mengadakan ikatan-ikatan atau perjanjian dengan negara-negara lain, kecuali dengan Belanda. Dengan demikian, Kesultanan Siak Sri Indrapura semakin sempitgerakannya dan semakin banyak dipengaruhi politik penjajahan Hindia Belanda.

Tengku Ibrahim adalah anak dari Sultan Said Ali yang juga pernah memerintah di Kesultanan Siak. Saat pemerintahan Sultan Said Ali, ia berhasil memakmurkan kesultanan ini, tetapi pada tahun 1811, ia mengundurkan diri sebagai Sultan Siak dan kemudian pemerintahannya digantikan oleh putranya, yaitu Tengku Ibrahim. Di bawah pemerintahan Tengku Ibrahim, Kesultanan Siak mengalami kemunduran sehingga banyak orang yang pindah ke Bintan, Lingga Tambelan, Trenggano, dan Pontianak. Di tambah lagi dengan adanya perjanjian dengan VOC pada tahun 1822 di Bukit Batu yang isinya menekankan Kesultanan Siak tidak diiizinkan mengadakan ikatan-ikatan atau perjanjian dengan negara-negara lain, kecuali dengan Belanda. Dengan demikian, Kesultanan Siak Sri Indrapura semakin sempit gerakannya dan semakin banyak dipengaruhi politik penjajahan Hindia Belanda.

40

Iklan

Pertanyaan serupa

Wayang merupakan warisan tradisi lokal Nusantara yang mengalami akulturasi dengan budaya Hindu-Buddha serta Islam. Wayang pada masa Hindu-Buddha cenderung menampilkan cerita-cerita adaptasi dari India...

98

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia