Roboguru

Tempat suci yang digunakan oleh Raja Mulawarman dalam melaksanakan ritual upacara keagamaan disebut dengan ...

Pertanyaan

Tempat suci yang digunakan oleh Raja Mulawarman dalam melaksanakan ritual upacara keagamaan disebut dengan ...

Pembahasan Soal:

Tempat suci yang digunakan oleh Raja Mulawarman dalam melaksanakan ritual upacara keagamaan disebut dengan Waprakeswara. Tempat ini merupakan suatu tempat suci untuk mengadakan persajian berupa sedekah benda-benda upacara dan khususnya lembu, untuk dipersembahkan kepada para dewa.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan bahwa Kerajaan Kutai merupakan kerajaan bercorak Hindu Siwa ...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan bercorak Hindu Siwa yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Hal ini dibuktikan dengan adanya tempat suci waprakeswara yang merupakan tempat pemujaan kepada Dewa Siwa. 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Kerajaan Kutai merupakan kerajaan bercorak Hindu Siwa dengan buktinya adalah berupa ditemukannya tempat suci waprakeswara.

0

Roboguru

Penduduk di Kepulauan Indonesia memasuki Masa Praaksara pada abad ke-5 masehi ditandai dengan adanya bukti-bukti di ...

Pembahasan Soal:

Masa Sejarah dan Masa Prasejarah, memiliki perbedaan terutama dalam pengenalannya terhadap tulisan. Masa Sejarah dimulai ketika manusia telah mengenal tulisan, sedangkan Masa Prasejarah berakhir ketika manusia telah mengenal tulisan.
Adapun dalam konteks masyarakat di wilayah kepulauan Nusantara, memasuki Masa Sejarah ketika ditemukannya Prasasti Yupa yang memuat tulisan huruf Pallawa dalam bahasa Sansakerta, di Muara Kaman, pedalaman sungai Mahakam Kabupaten Kutai, Kalimantan Timur. Prasasti terbut diperkiran dibuat pada sekitar abad ke-5 masehi. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan informasi-informasi berikut. 1) Tulisan pads Prasasti Tuk-Mas. 2) Prasasti Kota Kapur dan Prasasti Kedukan Buukit. 3) Prasasti yang ditulis di atas tujuh yupa (tugu batu). 4) Berita Tiongko...

Pembahasan Soal:

  • Prasasti Tukmas terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Prasasti ini bercerita tentang sebuah mata air yang jernih dan dipercaya merupakan sumber air suci, layaknya air suci dari Sungai Gangga di India
  • Prasasti Kota Kapur terletak di Kepulauan Bangka Belitung. Prasasti ini berisi kalimat- kalimat ancaman berupa sumpah dan kutukan terhadap pihak yang tidak tunduk pada penguasa kala itu.
  • Prasasti Kedukan Bukit ditemukan di tepi Sungai Tatang, dekat Palembang. Dalam prasasti tersebut isinya menerangkan bahwa seorang bernama Dapunta Hyang mengadakan perjalanan suci (Siddhayatra) dengan menggunakan perahu. Ia berangkat dari Minangatamwan dengan membawa tentara 20.00 orang hingga di Upang (Palembang). Di sana ia mendirikan vihara.
  • Prasasti Yupa berada di Kutai, Kalimantan Timur. Prasasti ini dimulai dengan silsilah Kudungga hingga Mulawarman. Mulawarman sendiri diebutkan sebagai raja mulia dan terkemuka, yang telah memberikan sedekah 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana. Maka dari itu, sebagai tanda kebajikan Sang Raja, tugu peringatan ini dibuat oleh para Brahmana yang datang di tempat ini.
  • Berita Tiongkok zaman Dinasti Tang, salah satunya menceritakan tentang keberadaan Kerajaan Ho-ling yang diperkirakan terletak di Cho-po. Kronik ini menyebutkan bahwa pada tahun 674, Kerajaan Ho-ling diperintah oleh Ratu Hsi-mo (Shima) yang dikenal sebagai seorang ratu yang sangat adil dan bijaksana.
  • Tujuh prasasti di wilayah Bogor, Cilincing, dan Banten bagian Selatan menceritakan tentang bukti tentang keberadaan Kerajaan Tarumanegara.

Dengan demikan, maka jawaban yang tepat adalah C.

 

 

0

Roboguru

Masyarakat di Kerajaan Kutai menganut agama Hindu Syiwa. Perkembangan agama tersebut dibuktikan dengan keberadaan tempat suci bernama ...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai Martadipura di Kalimantan Timur merupakan kerajaan pertama di Nusantara yang bercorak Hindu. Kerajaan ini diperkirakan berdiri pada abad ke-5 masehi. Adapun bukti yang mendukung keberadaan Kerajaan Kutai adalah temuan Prasasti Tujuh Buah Yupa di Bukit Brubus, Muara Kaman, Kalimantan Timur, dengan menggunakan aksara Pallawa dan bahasa Sanskerta. Adanya temuan prasasti itu memberikan keterangan terkait kehidupan Kerajaan Kutai, misalnya silsilah Raja Mulawarman sebagai raja yang membawa kejayaan pada Kerajaan Kutai. Selain itu, prasasti ini juga memuat informasi tentang kehidupan keagamaan di sana, yakni dengan adanya suatu tempat yang bernama Waprakeswara.

Waprakeswara merupakan istilah yang merujuk pada penyebutan Bapakeswara di Pulau Jawa yang selalu berhubungan dengan tiga dewa utama: Brahmana, Wisnu dan Syiwa. Dalam konteks Kerajaan Kutai, Waprakeswara merupakan tempat suci untuk mengadakan persajian berupa sedekah untuk disembahkan kepada para dewa. Hal ini menunjukan bahwa kehidupan keagamaan masyarakat Kutai adalah menganut agama Hindu Syiwa.

Jadi, tempat suci bagi para penganut Hindu Syiwa di Kerajaan Kutai bernama Waprakeswara.

0

Roboguru

Salah satu bentuk pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia tampak pada prasasti, seperti Yupa. Yupa peninggalan Kerajaan Kutai dibuat untuk ...

Pembahasan Soal:

Masa Sejarah di Indonesia ditandai dengan penemuan prasasti, yakni catatan yang ditulis di atas permukaan batu. Prasasti pertama dan tertua yang ditemukan di Indonesia adalah Prasasti Yupa. Prasasti yang berjumlah tujuh ini ditemukan dalam satu lokasi di Muara Kaman, daerah pedalaman Sungai Mahakam di Kabupaten Kutai, Kalimantan Timur. Prasati Yupa merupakan kesatuan prasasti yang masing-masing dipahatkan pada sebuah tiang batu andesit (monolit) yang disebut Yupa. Adapun penulisan prasasti ini diperkirakan berangka tahun 500 Masehi di Kerajaan Kutai dengan menggunakan aksara Pallawa dan bahasa Sanskerta.

Kandungan dalam ketujuh prasasti ini menggambarkan kebaikan, kemurahan dan kedermawanan Raja Mulawarman. Meskipun pada beberapa isi yang lain sempat disinggung silsilah, akan tetapi kandungan yang tersurat di dalamnya menceritakan tentang betapa dermawannya Raja Mulawarman. Lebih lanjut dikatakan, bahwa kebaikan raja misalnya sedekah 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana, pendirian Tugu Yupa sebagai peringatan kebesaran Raja Mulawarman, dan persembahan-persembahan lain berupa air, keju, dan minyak wijen kepada para Brahmana.

Jadi, opsi jawaban paling benar adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved