Roboguru

Tempat suci agama Buddha yang menjadi tempat Siddharta Gautama memperoleh pencerahan adalah ....

Pertanyaan

Tempat suci agama Buddha yang menjadi tempat Siddharta Gautama memperoleh pencerahan adalah ....

Pembahasan Soal:

Agama Buddha lahir dan berkembang pada abad ke-6 SM. Siddhartha Gautama merupakan figur utama dalam agama Buddha. Siddharta Gautama sang Buddha mendapatkan pencerahan ketika duduk di bawah pohon Jaya Sri Maha Bodhi. Pohon tersebut merupakan pohon keramat yang berada di Taman Mahamewna, Anuradhapura, Sri Lanka. Pohon tersebut dipercaya sebagai cabang pohon Sri Maha Bodhi yang ada di Bodh Gaya.

Jadi tempat Sidharta Gautama mendapatkan pencerahan adalah Bodhgaya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Buddha memiliki arti…

Pembahasan Soal:

Dalam bahasa sanskerta kata Buddha berarti ia yang sadar atau mencapai pencerahan sejati. Pada perkembangan selanjutnya, Sidharta Gautama pergi menelusuri daratan Gangga di India Tengah hingga berabad-abad kemudian, ajaran Buddha menyebar jauh: ke Asia Tengah, kemudian masuk ke Cina dan seluruh Asia Timur, dan akhirnya ke wilayah-wilayah jauh Asia Tenggara dan berpusat di Tibet sampai saat ini. 

Roboguru

Sidharta pertama kali menerima wahyu di….

Pembahasan Soal:

Siddhartha Gautama merupakan figur utama dalam agama Buddha. Keterangan akan kehidupannya, khotbah-khotbah, dan peraturan keagamaan yang dipercayai oleh penganut agama Buddha dirangkum setelah kematiannya serta dihafalkan oleh para pengikutnya. Berbagai kumpulan perlengkapan pengajaran akan Siddhartha Gautama diberikan secara lisan, dan bentuk tulisan pertama kali dilakukan sekitar 400 tahun kemudian. 

Selama 10 tahun lamanya, Pangeran Siddharta hidup dalam kesenangan duniawi. Pergolakan batin Pangeran Siddharta berjalan terus sampai berusia 29 tahun, tepat pada saat putra tunggalnya, yaitu Rahula lahir. Pada suatu malam, Pangeran Siddharta memutuskan untuk meninggalkan istananya dan dengan ditemani oleh kusirnya, Channa. Tekadnya telah bulat untuk melakukan Pelepasan Agung dengan menjalani hidup suci sebagai pertapa. Setelah itu, Pangeran Siddhartha meninggalkan istana, keluarga, kemewahan, untuk pergi berguru mencari ilmu sejati yang dapat membebaskan manusia dari usia tua, sakit dan mati.

Pertapa Siddharta berguru kepada Alara Kalama dan kemudian kepada Uddaka Ramaputta, tetapi ia tidak merasa puas karena tidak memperoleh jawaban yang diharapkannya. Kemudian, dia bertapa menyiksa diri dengan ditemani lima orang pertapa. Akhirnya dia juga meninggalkan cara yang ekstrem itu dan bermeditasi di bawah pohon Bodhi untuk mendapatkan penerangan agung hingga akhirnya Siddharta pertama kali menerima wahyu di Bodh Ghaya. Dengan demikian, Sidharta pertama kali menerima wahyu di Bodh Ghaya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Zaman pengembangan dan penyusunan falsafah agama, yaitu zaman orang berfilsafat atas dasar Weda adalah….

Pembahasan Soal:

Zaman Upanisahd diperkirakan muncul dan berkembang pada tahun 750-500 SM. Pada zaman ini yang dipentingkan tidak hanya upacara dan sesaji saja, tetapi lebih daripada itu, yaitu pengetahuan batin yang lebih tinggi. Zaman ini adalah zaman pengembangan dan penyusunan falsafah agama, yaitu zaman orang berfilsafat atas dasar Weda. Adapun latar belakang munculnya zaman Upanishad karena manusia pada saat itu mulai merasa terbebani dengan aturan-aturan upacara yang ketat dan memakan biaya tinggi. Pada zaman ini soal lahir material tidak terlalu diutamakan, akan tetapi soal batin lah yang dianggap lebih penting. Karena orang lebih menekankan pada hati nurani terdalam, contoh seperti tapa, yoga, dan upawasa (puasa).

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Dewa terpenting dalam zaman Weda adalah ...

Pembahasan Soal:

   Zaman Weda dimulai ketika bangsa Arya datang ke hulu sungai Sindhu atau Panjab sekitar tahun1.500 SM. Keagamaan pada zaman Weda ini mengenal banyak sekali dewa-dewa yang dihubungkan dengan tenaga alam yang menguasai dan mempengaruhi kehidupan manusia. Bahkan tenaga alam itu sendiri yang dipuja sebagai dewa. Tenaga alam ini dipuja disertai dengan sifat-sifat kemanusiaan (personifikasi dari tenaga-tenaga alam). Dewa-dewa tersebut antara lain seperti Dewa Agni (Api), Dewa Wayu (Angin), Dewa Surya (matahari) dan masih banyak lagi dewa-dewa lainnya. Diantara banyak dewa tersebut, pada zaman Weda ini yang banyak dipuja sekaligus menjadi dewa terpenting adalah Indra dan Agni.

   Dewa Indra (Perang) banyak dipuja karena dipercaya sebagai dewa yang terus menerus menggempur dewa jahat (Wrta) yang selalu menahan air angkasa dalam gunung-gunung awan. Sehingga ketika dewa jahat (Wrta) diserang dewa Indra, hujan akan turun ke bumi. Sedangkan Dewa Agni, dianggap sebagai sahabat manusia karena api selalu dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Selain itu, dalam setiap upacara keagamaan api merupakan salah satu elemen penting.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Agama Hindu muncul di Indonesia pada tahun …. SM.

Pembahasan Soal:

Agama Hindu-Budha masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang yang berasal dari India. Berdasarkan catatan sejarah, masuknya agama Hindu ke Indonesia diperkirakan terjadi sekitar awal abad ke-4 dan diketahui berasal dari India. Hal itu ditandai dengan berdirinya kerajaraan Kutai dan Tarumanegara yang bercorak Hindu. Masuknya agama HIndu dibuktikan dari beberapa prasasti yang ditemukan yang berasal dari Kerajaan Kutai, yaitu Prasasti Yupa yang menggunakan tulisan Pallawa, tulisan asli India. Dengan adanya bukti tersebut menandakan bahwa agama Hindu sudah mulai berkembang di Indonesia sekitar abad ke-4 atau kurang lebih tahun 1500 SM.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved