Roboguru

Tempat kedudukan titik-titik yang memiliki besar i...

Tempat kedudukan titik-titik yang memiliki besar induksi magnetik yang sama dari sebuah kawat lurus panjang berarus listrik adalah berupa ...undefined 

  1. garis lurusundefined 

  2. lingkaran

  3. dua garis sejajarundefined 

  4. kulit silinderundefined 

  5. kulit bolaundefined 

Jawaban:

Medan magnet timbul dari gerakan suatu muatan listrik. Dalam ilmu fisika, medan magnet adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakkan muatan listrik (arus listrik) yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya. Contohnya yaitu sebuah kawat lurus panjang yang membawa arus.

Besar induksi magnetik adalah kuat medan magnet akibat adanya arus listrik yang mengalir dalam suatu konduktor. Induksi magnetik di sekitar kawat berarus dapat diturunkan dari persamaan Hukum Biot-Savart. Rumusnya:

begin mathsize 14px style B equals fraction numerator mu subscript 0 I over denominator 2 mu r end fraction end style 

Pada persamaan di atas terlihat bahwa besar induksi magnetik (B) berbanding terbalik dengan jaraknya (r). Sehingga, titik dengan jarak sama terhadap kawat yang dialiri listrik akan memiliki besar induksi magnetik sama. Oleh karena itu, kumpulan dari titik-titik yang berjarak sama dari suatu titik adalah lingkaran. Namun, kawat ini berbentuk garis lurus, maka titik-titik dengan besar induksi magnetik sama adalah kumpulan titik-titik yang berjarak sama dari garis lurus, yaitu pada sebuah kulit silinder (tabung).

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved