Roboguru

Teks Berita I Teks Berita II ...

Teks Berita I

Teks Berita II

Fenomena alam menarik perhatian warga masyarakat di berbagai kota. Hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat di kota Bandung, Bogor, dan sebagian Jakarta yang antusias menyaksikan fenomena “Halo Matahari” yang terjadi pada Kamis (27/9) pukul 09.00 – 13.00. Pada saat itu matahari dilingkari cincin pelangi, dan makin siang hari warna pelanginya semakin tipis. Cincin pelangi dalam astronomi disebut Halo.

Ya, fenomena alam langka yang terjadi Kamis (27/9) siang itu menarik perhatian masyarakat di Semarang dan sebagian wilayah Pulau Jawa. Matahari yang tengah berada di atas kepala dikelilingi oleh cincin raksasa. Sepintas cincin itu menyerupai pelangi dengan aneka warna.

 

Persamaan isi kedua teks berita tersebut adalah….

  1. Matahari dilingkari cincin pelangi yang disebut “Halo”.

  2. Matahari tengah berada di atas kepala dilingkari cincin api.

  3. Warga masyarakat di berbagai kota tertarik melihat “Halo Matahari”.

  4. Warga masyarakat melihat “Halo” secara langsung.

Jawaban:

Persamaan isi kedua teks di atas adalah matahari dilingkari cincin pelangi yang disebut “Halo”. Hal tersebut terdapat pada teks berita I pada kalimat Cincin pelangi dalam astronomi disebut Halo dan pada teks berita II yaitu pada kalimat Sepintas cincin itu menyerupai pelangi dengan aneka warna. Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah A.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved