Roboguru

Tekanan udara di daerah pantai lebih tinggi dari puncak gunung. Faktor yang memengaruhi fenomena tersebut adalah perbedaan ....

Pertanyaan

Tekanan udara di daerah pantai lebih tinggi dari puncak gunung. Faktor yang memengaruhi fenomena tersebut adalah perbedaan ....  

Pembahasan Soal:

Tekanan udara adalah sebuah tenaga yang menggerakkan massa partikel udara menekan searah gaya gravitasi bumi. Tekanan udara akan berbanding terbalik dengan ketinggian suatu tempat sehingga semakin tinggi tempat dari permukaan laut maka akan semakin rendah tekanan udaranya. Kondisi ini disebabkan karena semakin tinggi suatu tempat maka akan semakin berkurang udara yang menekannya.
Tekanan udara di puncak gunung berbeda dengan tekanan udara yang ada di pantai. Hal ini disebabkan di puncak gunung jumlah partikel udaranya semakin kecil yang mengakibatkan gaya gravitasinya kecil sehingga tekanan pada udaranya pun akan semakin kecil.

Berdasarkan uraian di atas, maka jawaban yang tepat adalah faktor perbedaan ketinggian tempat.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan faktor- faktor yang mempengaruhi tekanan udara!

Pembahasan Soal:

Tekanan udara ialah tenaga yang menggerakan massa udara menekan bumi. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perubahan tekanan udara, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Suhu udara = pada saat suhu udara tinggi, maka volume dan molekul udara pun akan ikut mengembang. Akibatnya tekanan udara akan menjadi rendah. Sebaliknya, ketika suhu udara rendah, maka tekanan udara menjadi tinggi.
  • Ketinggian tempat =  daerah tinggi memiliki persediaan udara yang sangat sedikit dan tipis serta renggang, akibatnya tekanan udara di tempat tersebut menjadi sangat rendah. Berbeda saat berada di dataran rendah, tekanan udara di daerah ini cukup tinggi.
  • Letak lintang =  letak lintang bumi mempengaruhi suhu udara di permukaan bumi. Pada daerah khatulistiwa, tekanan udara berada pada kondisi rendah karena suhunya yang lebih tinggi. Sebaliknya, daerah dingin atau kutub mempunyai tekanan udara tinggi.
  • Persebaran daratan dan lautan = persebaran daratan dan lautan berperan penting terutama pada daerah yang berada di lintang bagian tengah. Saat musim dingin, sebagian dari daratan menjadi lebih dingin dan menjadi pusat dari tekanan udara bertekanan tinggi. Sedangkan pada musim panas, daratan akan menjadi lebih panas sehingga tekanan udara menjadi lebih rendah. Akan tetapi saat musim dingin, tekanan udara menjadi rendah saat berada di lautan dan ketika musim panas, tekanan udara di lautan menjadi tinggi.space space

0

Roboguru

Tekanan udara di daerah pantai lebih tinggi dari puncak gunung. Faktor yang memengaruhi fenomena tersebut adalah perbedaan...

Pembahasan Soal:

Perbedaan tekanan udara mempengaruhi fenomena tersebut. Tempat yang berada di ketinggian tertentu seperti daerah gunung atau pegunungan seperti Gunung Everest, lapisan udara di sekitar daerah puncaknya memiliki persediaan udara yang sangat sedikit dan tipis serta renggang, akibatnya tekanan udara di tempat tersebut menjadi sangat rendah. Tentunya sangat berbeda saat berada di dataran rendah seperti di daerah pesisir, tekanan udara di daerah ini cukup tinggi sehingga kita merasa lebih nyaman untuk bernafas saat berada di dataran rendah dibandingkan saat kita berada di dataran tinggi.space 

0

Roboguru

Tekanan udara terjadi akibat udara memiliki masa, besarnya tergantung pada tiga faktor, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Tekanan udara merupakan suatu tenaga yang bekerja dalam menggerakan massa udara pada setiap satuan luas tertentu. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perubahan dari tekanan udara. Faktor tersebut antara lain:

  1. Temperatur atau suhu, pada saat temperatur udara dalam kondisi tinggi, maka volume dan molekul udara pun akan ikut mengembang. Akibatnya tekanan udara akan menjadi rendah. Begitupun sebaliknya, ketika suhu udara rendah, maka tekanan udara menjadi tinggi.
  2. Ketinggian tempat, tempat yang berada di ketinggian tertentu seperti gunung memiliki persediaan udara yang tipis, sedangkan pada dataran rendah seperti pantai tekanan udara cukup tinggi sehingga lebih nyaman untuk bernapas.
  3. Letak lintang bumi, pengaruh dari letak lintang bumi melalu suhu bisa menghasilkan pola dari tekanan udara yang ada di permukaan bumi berbentuk simetris.
  4. Persebaran daratan dan lautan, Faktor persebaran daratan dan lautan memiliki peran penting terutama pada daerah yang berada di lintang bagian tengah, Hal ini berpengaruh juga pada kondisi uap air yang ada di wilayah tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Tekanan udara terjadi akibat udara memiliki massa yang besarnya tergantung pada tiga faktor, yaitu....

Pembahasan Soal:

Tekanan udara merupakan salah satu gejala yang terjadi di atmosfer dan termasuk dalam salah satu unsur cuaca. Tekanan udara adalah massa yang menekan bumi. Tekanan udara memiliki satuan milibar (mb) atau sentimeter air raksa (cmHg). Tekanan udara dapat diukur dengan menggunakan alat yang disebut barometer. 

Faktor - faktor yang mempengaruhi tekanan udara, adalah :

  1. Suhu udara, apabila suhu udara rendah maka tekanan udara tinggi sedangkan apabila suhu udara tinggi maka tekanan udara rendah.
  2. Uap air, semakin banyak uap air maka tekanan makin tinggi.
  3. Ketinggian tempat, semakin tinggi suatu wilayah maka tekanan udara akan semakin rendah.
  4. Letak lintang, terkait dengan suhu udara. Yaitu pada wilayah khatulistiwa yang emmiliki suhu tinggi maka tekanan udara nya cenderung rendah.
  5. Persebaran daratan dan lautan, berpengaruh pada wilayah lintang tengah yang memiliki beberapa jenis musim.

Jadi, jawaban yang benar adalah D. 

0

Roboguru

Penyebab perbedaan tekanan udara adalah....

Pembahasan Soal:

Konsep tekanan udara adalah peristiwa dimana angin menjadi bergerak dan diukur memakai barometer dengan satuan milibar. Perbedaan tekanan udara dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti temperatur suatu tempat, ketinggian tempat, letak garis lintang dan keberadaan daratan dan lautan. Dalam soal tersebut, jawaban yang tepat adalah temperatur karena jika suhu udara dalam keadaan tinggi atau panas, maka tekanan udara akan semakin rendah. Jika suhu udara dalam keadaan rendah atau dingin, maka tekanan udara akan semakin tinggi. 

Jadi, pilihan yang tepat adalah D.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved