RoboguruRoboguru
SD

Tanaman teh dapat tumbuh subur pada daerah yang memiliki kemiringan lereng cukup tinggi (400 - 800 m). Sementara sawit dapat tumbuh subur di daerah relatif datar (200 - 400 m) yang memiliki sumber air banyak. Prinsip geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah interelasi dengan alasan ....

Pertanyaan

Tanaman teh dapat tumbuh subur pada daerah yang memiliki kemiringan lereng cukup tinggi (400 - 800 m). Sementara sawit dapat tumbuh subur di daerah relatif datar (200 - 400 m) yang memiliki sumber air banyak. Prinsip geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah interelasi dengan alasan ....space 

  1. sebarannya yang tidak merataspace 

  2. mudah dilakukan pada fenomena tersebutspace 

  3. adanya hubungan saling timbal balik atau saling keterkaitanspace 

  4. cara memperoleh informasi yang sederhanaspace 

  5. menggabungkan ketiga prinsipspace 

A. Bryando

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah C.space 

Pembahasan

Prinsip geografi terbagi menjadi empat, penjelasannya adalah sebagai berikut.

  1. Prinsip persebaran adalah adalah prinsip yang mengkaji fenomena di muka bumi yang tersebar secara tidak merata seperti contohnya persebaran flora dan fauna, persebaran penduduk dan lain sebagainya.
  2. Prinsip interelasi adalah prinsip yang mengkaji fenomena di muka bumi yang memiliki hubungan atau keterikatan baik meliputi aspek fisik dengan fisik maupun fisik dengan sosial.
  3. Prinsip deskripsi adalah prinsip yang digunakan untuk menjelaskan fenomena di muka bumiyang disajikan berupa data, gambar, tabel, grafik maupun peta.
  4. Prinsip korologi adalah prinsip yang menunjukkan fenomena di muka bumi berupa perbedaan gejala, fenomena dan juga fakta antar wilayah. Prinsip ini bersifat komperhensif karena prinsip korologi merupakan gabungan dari beberapa prinsip geografi yaitu prinsip persebaran, interelasi dan deskripsi. 

Pada fenomena yang digambarkan, tanaman teh yang tumbuh di tanah subur pada ketinggian (400 - 800 m), sedangkan tanaman kelapa sawit tumbuh di tanah subur pada dataran rendah (200 - 400 m) merupakan kajian prinsip interelasi. Hal ini dikarenakan, fenomena tersebut memiliki hubungan timbal balik dan saling keterkaitan karena sama-sama membahas tentang tanaman yang tumbuh di tanah subur pada suatu wilayah yang dapat hidup pada ketinggian lereng yang berbeda. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah adanya hubungan timbal balik dan saling keterkaitan.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space 

31

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Letusan gunung api mengeluarkan material vulkanik yang bermanfaat bagi kesuburan tanah sehingga daerah sekitar gunung api digunakan masyarakat untuk lahan pertanian. Prinsip geografi yang berkaitan de...

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia