Roboguru

Syamil : What were you and your brother doing at 12.30 the last Sunday ? Rasyid : My brother and I ... picnic lunch.

Pertanyaan

Syamil : What were you and your brother doing at 12.30 the last Sunday ?

Rasyid : My brother and I ... picnic lunch.

  1. were having

  2. have

  3.  Was having

  4. has

Pembahasan Soal:

Kalimat di atas menggunakan pola Past Continuous Tense karena menceritakan tentang kegiatan yang sedang berlangsung di masa lampau. Rumusnya adalah:

Subject + was/were + Verb-ing + Object/Compliment

"was" digunakan untuk subjek tunggal dan "were" digunakan untuk subjek jamak. Kalimat di atas memiliki subjek "My brother and I" yang termasuk ke dalam subjek jamak, maka kita akan menggunakan "were+Verb-ing". Dari pilihan jawaban yang ada, jawaban yang sesuai dengan rumus tersebut adalah "were having".

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Herlina

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Use the simple past or the past continous tense. Lucy: What's wrong with your foot? Sarah: I (step) ____ on a snake while (run) ____ barefoot through the glass. It (bite) ____ me.

Pembahasan Soal:

Simple Past Tense ( S + V2 ) dan Past Continuous Tense ( S + was/were + V-ing ) dapat digunakan bersamaan dalam suatu kalimat.

Ketika digunakan secara bersamaan, Past Continuous Tense menggambarkan kejadian yang lebih dahulu terjadi dan merupakan latar belakang dari suatu kejadian, sementara Simple Past Tense menggambarkan kejadiannya. Untuk menggabungkannya menjadi suatu kalimat dapat menggunakan salah satu dari When ( When + Simple Past Tense ) dan While ( While + Past Continuous Tense).

Kalimat rumpang pada nomer 1 terdapat 3  bagian rumpang yaitu “I (step) ____ on a snake while (run) ____ barefoot through the  grass.It  ____ me”. Dari kalimat tersebut menyatakan bahwa kejadian ke dua terjadi lebih dahulu ditandai dengan adanya kata hubung while. Sehingga yang menjadi latar belakang kejadian dan menggunakan Past Continuous Tense adalah bagian rumpang ke dua diisi dengan “was running”. Sedangkan kalimat rumpang pertama dan ketiga berkedudukan sebagai kejadiannya menggunakan Simple Past Tense dan diisi dengan “stepped” dan “bit”.space 

0

Roboguru

5. They ____ watching tv when I came.

Pembahasan Soal:

Rumus kalimat Past Continuous Tense adalah S + was/were + V-ing. To be "was" digunakan subjek I, he, she, dan it, sedangan "were" oleh you, we dan they. Berdasarkan penjelangan singkat tersebut, bagian rumpang harus diisi dengan "were".

Jadi, jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah "were".

0

Roboguru

My brother       when he fell off his bike yesterday

Pembahasan Soal:

Kalimat pada soal adalah "My brother       when he fell off his bike yesterday" yang artinya "saudara laki-laki ku____ ketika ia jatuh dari sepeda kemarin".

Kata yesterday menjelaskan kejadian di masa lampau, dan kalimat ini mengindikasikan adanya kejadian yang terjadi (jatuh dari sepeda) ketika kegiatan lain dilakukan (menangis), sehingga harus menggunakan pola past continuous tense dengan rumus S+was/were+Ving.

Maka jawaban yang tepat adalah  D. Was crying.

0

Roboguru

Use the simple past or the past continous tense.    I (go) ____ to Ivan's house at four yesterday, but he (be, not) ____ at home. He (play) ____ football at the Sambiroto field.

Pembahasan Soal:

Simple Past Tense ( S + V2 ) dan Past Continuous Tense ( S + was/were + V-ing ) dapat digunakan bersamaan dalam suatu kalimat.

Ketika digunakan secara bersamaan, Past Continuous Tense menggambarkan kejadian yang lebih dahulu terjadi dan merupakan latar belakang dari suatu kejadian, sementara Simple Past Tense menggambarkan kejadiannya.

Pada soal, terdapat dua kalimat. Kalimat pertama terdapat keterangan waktu “yesterday” yang digunakan dalam Simple Past Tense (V2), sehingga kata kerja pada kalimat pertama yaitu "went" dan "was not". Di waktu bersamaan terdapat kejadian lainnya sebagai Past Continuous Tense, maka kata kerja menjadi “was playing”.undefined 

0

Roboguru

Combine the two sentences. Use when or while. Cindy was mopping the floor. Rudy was wiping the windows.

Pembahasan Soal:

Pada soal diperintahkan untuk menggabungkan dua kalimat menggunakan when atau while.

While bisa digunakan dalam kalimat yang terdapat dua aksi yang sedang berlangsung secara bersamaan . Dua aksi tersebut menggunakan Past Contionuous Tense. Penggunaannya memiliki formula yaitu while  + Past Continuous Tense ( S + was/were + V-ing).

Jadi, jawaban yang tepat adalah “Cindy was mopping the floor while Rudy was wiping the windows" atau "While Cindy was mopping the floor, Rudy was wiping the windows".undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved