Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sungai Musi merupakan salah satu tempat wisata di kota Palembang, namun sayang kebersihan dan kelestariannya tidak dapat dijaga dengan baik. Penduduk kota Palembang banyak yang membuang sampah di Sungai Musi. Pendekatan geografi yang tepat untuk mengkaji permasalahan di atas adalah....

Sungai Musi merupakan salah satu tempat wisata di kota Palembang, namun sayang kebersihan dan kelestariannya tidak dapat dijaga dengan baik. Penduduk kota Palembang banyak yang membuang sampah di Sungai Musi.

Pendekatan geografi yang tepat untuk mengkaji permasalahan di atas adalah....

  1. pendekatan ekologi

  2. pendekatan keruangan

  3. pendekatan kewilayahan

  4. pendekatan deskripsi

  5. pendekatan kronologi

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pendekatan geografi adalah upaya dalam penyelesaian masalah geografi. Penyelesaian masalah geografi ini ada tiga (3) pendekatan geografi, yakni: Pendekatan spasial/keruangan, pendekatan keruangan merupakan suatu cara pandang atau kerangka analisis yang menekankan eksistensi ruang sebagai penekanan. Pendekatan ekologi/kelingkungan, penekanannya bukan lagi pada eksistensi ruang, namun pada keterkaitan antara fenomena geosfera tertentu dengan variabel lingkungan yang ada. Dalam pendekatan kelingkungan, kerangka analisisnya mengkaitkan hubungan antara makluk hidup dengan lingkungan alam. Pendekatan kompleks wilayah/kewilayahan, permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak hanya melibatkan elemen di wilayah itu. Permasalahan itu terkait dengan elemen di wilayah lain, sehingga keterkaitan antar wilayah tidak dapat dihindarkan. Soal tersebut membahas mengenai aktivitas masyarakat kota Palembang yang kurang menjaga kebersihan dan kelestarian Sungai Musi. Pendekatan kelingkungan dapat dipilih karena dalam soal yang dibahas terfokus permasalahan lingkungan dan ekosistem sungai. Jawaban yang tepat A. pendekatan ekologi.

Pendekatan geografi adalah upaya dalam penyelesaian masalah geografi. Penyelesaian masalah geografi ini ada tiga (3) pendekatan geografi, yakni:

  • Pendekatan spasial/keruangan, pendekatan keruangan merupakan suatu cara pandang atau kerangka analisis yang menekankan eksistensi ruang sebagai penekanan.
  • Pendekatan ekologi/kelingkungan, penekanannya bukan lagi pada eksistensi ruang, namun pada keterkaitan antara fenomena geosfera tertentu dengan variabel lingkungan yang ada. Dalam pendekatan kelingkungan, kerangka analisisnya mengkaitkan hubungan antara makluk hidup dengan lingkungan alam.
  • Pendekatan kompleks wilayah/kewilayahan, permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak hanya melibatkan elemen di wilayah itu. Permasalahan itu terkait dengan elemen di wilayah lain, sehingga keterkaitan antar wilayah tidak dapat dihindarkan.

Soal tersebut membahas mengenai aktivitas masyarakat kota Palembang yang kurang menjaga kebersihan dan kelestarian Sungai Musi. Pendekatan kelingkungan dapat dipilih karena dalam soal yang dibahas terfokus permasalahan lingkungan dan ekosistem sungai. Jawaban yang tepat A. pendekatan ekologi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Keterkaitan antara fenomena geosfera tertentu dan variabel lingkungan yang ada dapat dikaji dengan menggunakan pendekatan ....

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia