Sungai Musi merupakan salah satu tempat wisata di kota Palembang, namun sayang kebersihan dan kelestariannya tidak dapat dijaga dengan baik. Penduduk kota Palembang banyak yang membuang sampah di Sungai Musi. Pendekatan geografi yang tepat untuk mengkaji permasalahan di atas adalah ....

Pertanyaan

Sungai Musi merupakan salah satu tempat wisata di kota Palembang, namun sayang kebersihan dan kelestariannya tidak dapat dijaga dengan baik. Penduduk kota Palembang banyak yang membuang sampah di Sungai Musi.

Pendekatan geografi yang tepat untuk mengkaji permasalahan di atas adalah ....

  1. pendekatan ekologi

  2. pendekatan keruangan

  3. pendekatan kewilayahan

  4. pendekatan deskripsi

  5. pendekatan kronologi

A. Kusbardini

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Ilmu geografi mengenal tiga macam pendekatan, yaitu pendekatan keruangan (spasial), pendekatan kelingkungan (ekologi), dan pendekatan kompleks wilayah. Penjelasan ketiga pendekatan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pendekatan keruangan atau pendekatan spasial mengkaji tentang berbagai gejala geografis yang terjadi pada suatu ruang/tempat di permukaan bumi. Gejala geografis ini erat kaitannya dengan aspek fisik. Dalam pendekatan ini dapat dikaji mengenai perubahan gejala, persebaran gejala, perbedaan gejala, persamaan gejala, dan lain sebagainya.
  • Pendekatan kelingkungan atau yang sering disebut sebagai pendekatan ekologi lebih menfokuskan kajiannya pada hubungan antara manusia dengan lingkungan. Fenomena yang dapat dikaji dengan pendekatan ini harus mengandung dua aspek, yaitu aspek fisik dan aspek nonfisik. Contohnya seperti fenomena pada soal. Dalam fenomena tersebut dibahas mengenai hubungan negatif antara manusia dengan lingkungan yang terjadi pada penduduk sekitar Sungai Musi, Palembang. Walaupun Sungai Musi merupakan salah satu tempat wisata, namun penduduk tidak memerhatikan kelestarian dan kebersihan sungai tersebut. Mereka memiliki kebiasaan buruk yang suka membuang sampah sembarangan di sepanjang aliran Sungai Musi. Fenomena tersebut sangat sesuai jika dikaji dengan pendekatan kelingkungan/ekologi.
  • Pendekatan kompleks wilayah merupakan kombinasi dari pendekatan keruangan dan pendekatan kelingkungan. Pada pendekatan ini, masalah yang dikaji biasanya lebih kompleks sehingga membutuhkan penanganan yang melibatkan beberapa wilayah di muka bumi.

57

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Setiap tahun permukaan tanah kota Jakarta diperkirakan mengalami penurunan akibat eksploitasi air tanah yang berlebihan. Pendekatan geografi untuk mengkaji permasalahan tersebut adalah ...

42

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia