Roboguru

Suku, agama, ras, dan antar-golongan (SARA) lekat sekali dengan pandangan sikap yang dianut masyarakat. Pertikaian antarwarga sering disebabkan oleh kasus SARA yang berawal dari hal sederhana. Umumnya terjadi ketika warga lain memberikan pandangan, lalu diterima oleh si penerima yang kondisinya tidak netral, dan menerima pandangan tersebut dengan tanpa berpikir rasional. Faktor yang memengaruhi interaksi sosial tersebut adalah…

Pertanyaan

Suku, agama, ras, dan antar-golongan (SARA) lekat sekali dengan pandangan sikap yang dianut masyarakat. Pertikaian antarwarga sering disebabkan oleh kasus SARA yang berawal dari hal sederhana. Umumnya terjadi ketika warga lain memberikan pandangan, lalu diterima oleh si penerima yang kondisinya tidak netral, dan menerima pandangan tersebut dengan tanpa berpikir rasional. Faktor yang memengaruhi interaksi sosial tersebut adalah…space 

  1. Simpatispace 

  2. Identifikasispace 

  3. Motivasispace 

  4. Imitasispace 

  5. Sugestispace 

Pembahasan Soal:

Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok di masyarakat. Faktor-faktor pendorong interaksi sosial adalah imitasi, sugesti, identifikasi, simpati, empati, dan motivasi. 

Pernyataan ketika warga lain memberikan pandangan, lalu diterima oleh si penerima yang kondisinya tidak netral, dan menerima pandangan tersebut dengan tanpa berpikir rasional merupakan bentuk perilaku yang tersugesti. Sugesti adalah suatu pemberian pandangan atau pengaruh dari dalam diri seseorang atau sekelompok orang melalui metode tertentu agar orang atau kelompok tersebut dapat menerima pandangan dan pengaruh tanpa berpikir lagi.

Jadi, jawabannya adalah E Sugestispace 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Identifikasilah lima faktor pendukung terbentuknya hubungan sosial positif!

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan interaksi sosial dan poin yang ditanyakan adalah faktor pendorong interaksi sosial.

Interaksi sosial dimaknai sebagai hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi dan memiliki tujuan yang jelas. Interaksi sosial merupakan proses yang cukup kompleks dan dilandasi oleh beberapa faktor sebagai berikut.

  1. Imitasi.Tindakan meniru pada diri orang lain secara sebagian misalnya dalam bentuk tingkah laku, gaya bicara, kebiasaan, maupun pola pikir. Sebelum meniru orang lain diawali dengan adanya sikap menerima, mengagumi sesuatu yang akan ditiru. Imitasi memiliki peran penting dalam interaksi sosial karena mendorong seseorang mematuhi nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
  2. Sugesti. Tindakan memberi pandangan atau sikap yang dianut agar diterima orang lain. Sugesti biasanya berasal dari orang yang berwibawa, memiliki pengaruh kuat, dan memiliki kedudukan yang tinggi dari orang yang diberi sugesti.
  3. Identifikasi. Tindakan meniru orang lain secara keseluruhan sehingga individu yang meniru bisa sama persis dengan orang yang ditiru. Identifikasi merupakan imitasi yang mendalam dan membentuk kepribadian seseorang.
  4. Simpati. Ketertarikan seseorang kepada orang lain di mana seseorang menempatkan dirinya seperti kondisi yang dialami, dipikirkan,dan dirasakan orang lain. Contoh: ketika ada saudara kita yang tertimpa musibah, kita ikut merasakan sedih.
  5. Empati. Simpati yang mendalam yang mempengaruhi kondisi fisik dan psikis seseorang. Contoh: seorang ibu yang melihat anaknya berada di daerah bencana kemudian memikirkan hal tersebut hingga jatuh sakit. space
Roboguru

Suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) lekat sekali dengan pandangan sikap yang dianut masyarakat. Pertikaian antarwarga sering disebabkan oleh kasus SARA yang berawal dari hal sederhana. Umumnya...

Pembahasan Soal:

Sugesti merupakan proses sosial ketika seseorang memberi pandangan atau pernyataan sikap yang dianutnya dan diterima oleh orang lain. Sugesti biasanya muncul ketika si penerima sugesti tidak dapat berpikir rasional. Ia akan langsung menerima segala anjuran atau nasihat yang diberikan dan meyakini kebenarannya. Berdasarkan soal terdapat kata kunci yaitu warga lain memberikan pandangan lalu diterima dengan tanpa berpikir rasional sehingga hal tersebut sesuai dengan konsep sugesti.
Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:
  • Simpati merupakan proses ketertarikan seseorang kepada orang lain, orang akan menempatkan diri sesuai dengan kondisi orang lain baik sedih atau senang.
  • Identifikasi merupakan proses peniruan secara menyeluruh atau menjadi identik sama.
  • Motivasi merupakan proses pemberian pandangan atau pernyataan kepada individu dan diterima dengan pertimbangan rasional.
  • Imitasi merupakan proses peniruan tetapi tidak menyeluruh hanya meniru sebagian seperti gaya rambut atau gaya bicara.
Roboguru

Seorang sales promotion girl menyampaikan demo produk kosmetik dengan gaya dan penampilan sangat menarik sehingga ibu-ibu membeli kosmetik tersebut. Faktor yang memengaruhi perilaku pada contoh terseb...

Pembahasan Soal:

Sugesti merupakan sikap, pandangan, dan pendapat orang lain yang diterima tanpa dipikir ulang. Demo yang dilakukan oleh sales promotion girl dalam keterangan soal telah menyugesti ibu-ibu untuk membeli produk kosmetik. Gaya dan penampilan sales promotion girl dalam demo juga sangat menarik sehingga ibu-ibu membeli kosmetik tanpa berpikir panjang. Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

Roboguru

Seorang siswa SMA selalu merasakan kecemasan berlebihan saat melakukan kontak dengan teman-temannya. Ia kemudian menjadi pribadi yang pemalu dan dijauhi teman-temannya. Hal tersebut menjadi perhatian ...

Pembahasan Soal:

Gillin mendefinisikan interaksi sosial sebagai hubungan sosial dinamis yang menyangkut hubungan antar individu, individu dan kelompok, dan antar kelompok. Interaksi tidak hanya sekedar proses bertemu, bertatap muka dan berbicara dengan orang lain, namun interaksi merupakan proses cukup kompleks yang dilandasi oleh beberapa faktor psikologis di antaranya:

  1. Imitasi. Tindakan individu untuk meniru perilaku orang lain baik gaya bicaranya, cara berpenampilan, kebiasaan, maupun pola pikirnya. Dalam hal ini perilaku yang ditiru hanya sebagian saja.
  2. Sugesti. Pemberian pandangan, nasehat kepada ornag lain dengan tujuan orang yang diberi sugesti menerima dan melakukan apa yang disugestikan. Sugesti pada umumnya berasal dari orang yang berwibawa, kharismatik, memiliki pengaruh yang kuat, dan memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari orang yang diberi sugesti.
  3. Identifikasi. Tindakan individu untuk meniru orang lain secara keseluruhan sehingga individu yang meniru sama (identik) dengan orang yang ditiru. 
  4. Simpati. Perasaan ketertarikan yang dialami seseorang yang seolah-olah ikut merasakan hal yang dirasakan, dipikirkan, atau dialami orang lain.
  5. Empati. Perasaan mendalam yang dapat mempengaruhi kondisi fisik dan psikis seseorang atau juga disebut dengan simpati yang mendalam.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka yang dilakukan wali kelas terhadap siswanya didasari oleh faktor sugesti sehingga siswa yang sebelumnya cemas ketika berinteraksi dengan temannya menjadi lebih percaya diri.  space

Roboguru

Bila guru Anda memberikan semangat untuk belajar, maka anda telah menerima ....

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah tentang faktor pendorong interaksi sosial

Motivasi adalah suatu dorongan eksternal dan internal pada diri individu yang dikarenakan adanya minat serta keinginan, kebutuhan, dorongan, cita-cita, harapan, serta tujuan.Sehingga pengertian motivasi dapat kita ketahui segala sesuatu yang dapat menggerakan atau mendorong seseorang guna melakukan tindakan terhadap sesuatu dengan tujuan tertentu. Motivasi ini dapat berasal dari dalam diri sendiri maupun dari orang lain. Dengan adanya motivasi, seseorang bisa dengan semangat atau antusias dalam mengerjakan sesuatu, baik hal yang positif maupun negatif.

Jadi, jawaban yang tepat adalah motivasi (E)space space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved