Roboguru

Suatu zat dapat digunakan sebagai indikator asam basa jika zat tersebut ...

Pertanyaan

Suatu zat dapat digunakan sebagai indikator asam basa jika zat tersebut ...space 

Pembahasan Soal:

Indikator asam-basa adalah senyawa yang ditambahkan dalam jumlah kecil ke dalam sampel, umumnya adalah larutan yang akan memberikan warna sesuai dengan kondisi pH larutan tersebut. Suatu zat dapat digunakan sebagai indikator asam basa jika zat tersebut dapat menghasilkan warna yang berbeda ketika dalam larutan yang kondisi asam dengan kondisi basa sehingga dapat membedakan mana larutan yang bersifat asam dan mana larutan yang bersifat basa.space 

Jadi, jawaban yang benar adalah sesuai penjelasan di atas.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Krisna

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana Anda dapat mengenali suatu larutan bersifat asam atau basa?

Pembahasan Soal:

Kita dapat mengenali larutan bersifat asam atau basa dengan pH indikator / indikator asam basa. Salah satu contoh pH indikator sederhana yang dapat digunakan adalah kertas lakmus biru dan lakmus merah.

Ketika suatu larutan bersifat asam, maka pada kertas lakmus biru akan terjadi perubahan warna menjadi merah, sedangkan pada lakmus merah tidak terjadi perubahan warna (tetap merah). Begitu pula sebaliknya, jika suatu larutan bersifat basa, maka pada kertas lakmus biru tidak terjadi perubahan warna (tetap biru), sedangkan pada lakmus merah terjadi perubahan warna menjadi biru.

Jadi, indikator asam atau basa merupakan suatu zat yang ditambahkan ke dalam larutan asam atau basa yang kemudian dapat membedakan larutan mana yang bersifat asam dan yang bersifat basa. Salah satu contohnya adalah kertas lakmus.

0

Roboguru

Trayek perubahan pH dari indikator bromtimol biru terletak antara 6,0-7,6; dengan perubahan warna dari kuning menjadi biru. Bagaimanakah warna indikator bromtimol biru dalam larutan berikut? Larutan ...

Pembahasan Soal:

Trayek pH atau trayek perubahan warna merupakan batas-batas pH ketika indikator mengalami perubahan warna. Trayek perubahan pH dari indikator bromtimol biru terletak antara 6,0-7,6; dengan perubahan warna dari kuning menjadi biru artinya untuk pH less or equal than 6 comma 0 maka warna indikator kuning, sementara untuk pHgreater or equal than 7 comma 6 warna larutan menjadi biru.

Larutan C H subscript 3 C O O H merupakan asam lemah, pH nya dapat dihitung sebagai berikut.


table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell open square brackets H to the power of plus sign close square brackets end cell equals cell square root of K subscript a middle dot M end root end cell row blank equals cell square root of 1 cross times 10 to the power of negative sign 8 end exponent middle dot 0 comma 01 end root end cell row blank equals cell square root of 10 to the power of negative sign 10 end exponent end root end cell row blank equals cell 10 to the power of negative sign 5 end exponent space M end cell row blank blank blank row pH equals cell negative sign log open square brackets H to the power of plus sign close square brackets end cell row blank equals cell negative sign log left parenthesis 10 to the power of negative sign 5 end exponent right parenthesis end cell row blank equals 5 end table


Dari perhitungan tersebut, larutan C H subscript 3 C O O H 0,01 M tersebut memiliki pH 5 yakni dibawah 6,0 sehingga warna indikator bromtimol biru dalam larutan adalah kuning.

Jadi, warna indikator bromtimol biru dalam larutan tersebut adalah kuning.space 

0

Roboguru

Kelompok larutan berikut yang mampu mengubah warna kertas lakmus biru menjadi merah yaitu ....

Pembahasan Soal:

Senyawa asam memiliki kemampuan mengubah lakmus biru menjadi merah. begin mathsize 14px style H N O subscript 3 comma space H subscript 2 S O subscript 4 comma end subscript space dan space C H subscript 3 C O O H end style merupakan kelompok senyawa asam.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.

1

Roboguru

Penambahan indikator dalam titrasi harus sedikit mungkin karena ...

Pembahasan Soal:

Indikator adalah senyawa halokromik yang ditambahkan dalam jumlah kecil ke dalam sampel, umumnya adalah larutan yang akan memberikan warna sesuai dengan kondisi pH larutan. Penambahan indikator dalam larutan dilakukan sedikit demi sedikit tujuannya adalah agar tidak mengubah pH larutan.

Jadi, penambahan indikator dalam titrasi harus sedikit mungkin agar tidak merubah pH larutan.

0

Roboguru

Suatu indikator HIn mempunyai nilai . Jika berwarna merah dan  berwarna kuning, pada pH berapa indikator akan berwarna merah dan pada pH berapa akan berwarna kuning?

Pembahasan Soal:

Jika indikator merupakan basa lemah, spesi basa dan asam konjugasinya memiliki warna yang berbeda-beda. Untuk indikator yang merupakan asam lemah (misal HIn), kesetimbangan dan perubahan warna indikator adalah sebagai berikut.


begin mathsize 14px style H In left parenthesis italic a italic q right parenthesis equilibrium H to the power of plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus In to the power of minus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis merah space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space kuning  K subscript a space equals space fraction numerator open square brackets H to the power of plus sign close square brackets open square brackets In to the power of minus sign close square brackets over denominator open square brackets H In close square brackets end fraction end style

  • Ketika pH larutan kecil (asam), konsentrasi ion begin mathsize 14px style H to the power of plus sign end style tinggi, sehingga kesetimbangan akan bergeser ke kiri dan mengubah warna larutan menjadi merah. Jadi, pH less than 5 space warna larutan merah.
  • Sebaliknya, pada pH tinggi (basa), konsentrasi ion undefined kecil, maka kesetimbangan akan bergeser ke kanan dan larutan berubah menjadi warna kuning. Jadi, pH greater than 5 warna larutan kuning.

Jadi, indikator akan berwarna merah pada pH < 5 dan akan berwarna kuning pada pH > 5.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved