Roboguru

Suatu unsur mempunyai 4 bilangan kuantum elektron terakhirnya yaitu n = 4 ; l = 1 ; m = +1 ; s = -1/2. Unsur tersebut dalam tabel periodik terletak pada golongan dan periode ….

Pertanyaan

Suatu unsur mempunyai 4 bilangan kuantum elektron terakhirnya yaitu n = 4 ; l = 1 ; m = +1 ; s = -1/2. Unsur tersebut dalam tabel periodik terletak pada golongan dan periode ….space 

  1. IV A dan 3space 

  2. VI A dan 3space 

  3. VI A dan 4space 

  4. VII A dan 3space 

  5. VII A dan 4space 

Pembahasan Soal:

Bilangan Kuantum adalah bilangan-bilangan yang menyatakan keadaan energi suatu elektron dalam atom, sehingga elektron dapat dibedakan dari lainnya. Selain itu bilangan kuantum juga dapat digunakan untuk menentukan letak dari suatu unsur.

Setiap elektron mempunyai empat buah bilangan kuantum yaitu :

  1. Bilangan Kuantum Utama (n) = menunjukkan kedudukan elektron dalam kulit atom.
  2. Bilangan Kuantum Azimuth (l) = menunjukkan kedudukan elektron dalam subkulit atom.
  3. Bilangan Kuantum Magnetik (m) = menunjukkan orientasi orbital dalam ruang.
  4. Bilangan Kuantum Spin (s) = menunjukkan arah rotasi elektron dalam orbital.


Suatu unsur yang mempunyai bilangan kuantum n = 4 ; l = 1 ; m = +1 ; s = -1/2, maka

  • n = 4, elektron terletak pada kulit ke 4
  • l = 1, subkulit = p
  • m = +1, s = -1/2 diagram orbitalnya adalah

 


Sehingga dari bilangan kuantum tersebut, dapat ditulis


 begin mathsize 22px style bold 4 italic p to the power of bold 6 end style 


Atom terletak pada Periode 4, dan Golongan VIA.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Zharva

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 14 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Elektron terakhir dari suatu atom mempunyai bilangan kuantum n = 4, I = 3, m = -2, dan s = −21​. Tentukan golongan dan periode unsur tersebut.

Pembahasan Soal:

  • Bilangan kuantum utama (n) mendeskripsikan ukuran dan tingkat energi orbital. Semakin besar nilai n, maka semakin besar ukuran orbital dan semakin tinggi tingkat energinya. Nilai n yang diperbolehkan adalah bilangan bulat positif (1, 2, 3, dan seterusnya).
  • Bilangan kuantum azimuth (l) mendeskripsikan bentuk orbital. Nilai l yang diperbolehkan adalah bilangan bulat dari 0 hingga n − 1, dimana nilai l untuk subkulit s = 0, p = 1, d = 2, f = 3
  • Bilangan kuantum magnetik (m) mendeskripsikan orientasi orbital. Nilai m yang diperbolehkan adalah bilangan bulat dari −l hingga +l.
  • Bilangan kuantum spin (s) mendeskripsikan arah spin elektron dalam orbital. Nilai ms yang diperbolehkan adalah 21 atau 21 

Bilangan kuantum utama adalah 4, artinya elektron terakhir berada pada kulit 4. Bilangan kuantum azimuth atom tersebut adalah 3 artinya elektron terakhir berada pada subkulit f. Untuk bilangan kuantum magnetik (m) kita perlu menggambarkan diagram orbitalnya. Letak elektron terakhir dari konfigurasi tersebut berwarna merah. 


 


Dari diagram orbital dan nilai bilangan kuantum tersebut kita bisa simpulkan bahwa konfigurasi elektron berakhir pada kulit 4f9. Sebelum menentukan golongan dan periode unsur tersebut kita perlu menuliskan konfigurasi elektron total sesuai konsep aufbau. 


1s22s22p63s23p64s23d104p65s24d105p66s24f9  


Dari konfigurasi elektron berakhir pada kulit 6s24f9, sehingga unsur tersebut terletak pada blok f  atau golongan lantanida. Sedangkan periode unsur tersebut ditentukan dari kulit terbesarnya yaitu 6 sehingga berada pada periode 6. 

Jadi, golongan unsur tersebut adalah golongan lantanida dan periodenya adalah 6

Roboguru

Tentukan letak unsur berikut dalam tabel periodik modern jika diketahui keempat bilangan kuantum elektron terakhirnya!  ,  ,  , dan

Pembahasan Soal:

Unsur dengan bilangan kuantum begin mathsize 14px style italic n equals 3 end style , undefined , begin mathsize 11px style italic m equals plus 1 end style , dan begin mathsize 14px style italic s equals minus sign 1 half end style. Bilangan kuantun utama (n) 3 sehingga terletak pada kulit 3, bilangan kuantum azimut (l) 1 menunjukkan sub kulit p, maka akan terletak, bilangan magnetik (m) dan spin (s) menunjukkan bahwa elektron yang mengisi kulit p terisi penuh sehingga sub-kulit terakhirnya adalah pada subkulit undefined . Konfigurasi elektron unsur dapat ditulis seperti berikut:

   begin mathsize 14px style X equals 1 s squared 2 s squared 2 p to the power of 6 3 s squared 3 p to the power of 6 end style 

Jadi, letak unsur X adalah sebagai berikut:

•    golongan VIIIA karena mempunyai elektron valensi 8 pada subkulit s dan p.

•    periode 3 karena jumlah kulit atom sebanyak 3.

Jadi, unsur yang dimaksud terletak pada golongan VIIIA dan periode 3.

Roboguru

Elektron terakhir dari suatu atom menempati bilangan kuantum . Dalam tabel periodik, unsur tersebut terletak pada ...

Pembahasan Soal:

Bilangan kuantum digunakan untuk menyatakan tempat kedudukan elektron dalam suatu atom. Terdapat 4 bilangan kuantum, yaitu bilangan kuantum utama (n), bilangan kuantum azimut (l), bilangan kuantum magnetik (m), dan bilangan kuantum spin (s).

Bilangan kuantum didasarkan pada konfigurasi elektron suatu unsur, sehingga bilangan kuantum dapat juga digunakan untuk menentukan letak suatu unsur dalam tabel periodik (periode dan golongannya).

Berikut langkah-langkah menentukan periode dan golongan unsur yang mempunyai elektron terakhir dengan bilangan kuantum:

italic n equals 3 comma space italic l equals 1 comma space italic m equals 0 comma space italic s equals 1 half 

  1. italic n equals 3 
    Bilangan kuantum utama menyatakan kulit terluar yang ditempati elektron. Pada konfigurasi elektron, nilai n ditulis berupa angka di depan subkulit.
     
  2. italic l equals 1 
    Bilangan kuantum azimut menyatakan subkulitnya. Nilai l = 1 berarti elektron terakhir menempati subkulit p.
     
  3. italic m equals 0 space dan space italic s equals plus 1 half  
    Bilangan kuantum magnetik menyatakan orbital yang ditempati elektron. Bilangan kuantum spin menyatakan arah rotasi elektron dalam orbital. Untuk nilai italic m equals 0 space dan space italic s equals plus 1 half menyatakan elektron terakhir berada pada orbital dengan nilai m = 0 dan disimbolkan dengan panah ke atas, diagram orbitalnya adalah:

    space space space space space space space space box enclose upwards arrow space space space end enclose box enclose upwards arrow space space space end enclose box enclose space space space space space end enclose italic m space colon space minus sign 1 space space space space 0 space space space plus 1  
     
  4. Jika digabungkan, maka konfigurasi elektron terakhir unsur yang dimaksud adalah:

    bold 3 italic p to the power of bold 2

     Konfigurasi elektron lengkapnya adalah:

    1 italic s squared space space 2 italic s squared space space 2 italic p to the power of 6 bold space bold space bold 3 italic s to the power of bold 2 bold space bold space bold 3 italic p to the power of bold 2
     
  5. Periode: bilangan kuantum utama
    Periode: 3
     
  6. Golongan: jumlah elektron pada kulit terluar.
    Golongan: IVA
     

​​​​​​​Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Manakah seperangkat bilangan kuantum berikut yang tidak diperbolehkan? Jelaskan alasannya. n = 3, l = 2, m = -1 n = 2, l = 3, m = -1 n = 4, l = 0, m = -1 n = 3, l = 3, m = -1 n = 5, l = 3, m = ...

Pembahasan Soal:

Bilangan kuantum adalah bilangan yang menyatakan kedudukan atau posisi elektron dalam suatu atom. Bilangan kuantum utama (n) menyatakan tingkat energi/nomor kulit. Bilangan kuantum azimuth (l) menyatakan sub kulit/bentuk orbital. Bilangan kuantum magnetik (m) menyatakan orbital yang nilainya adalah –l hingga +l. Bilangan kuantum spin (s) menunjukkan arah putaran elektron.

Letak elektron berdasarkan bilangan kuantum tersebut sebagai berikut.

  1. n = 3 (kulit ke 3), l = 2 (sub kulit d), m = -1 
    Berdasarkan bilangan kuantum  di atas, elektron terletak pada sub kulit 3d. Sub kulit d memiliki bilangan kuantum m = -2, -1, 0, +1, +2. Seperangkat bilangan kuantum tersebut sesuai dengan ketentuan bilangan kuantum.
  2. n = 2 (kulit ke 2), l = 3 (sub kulit f), m = -1
    Berdasarkan bilangan kuantum  di atas, elektron terletak pada sub kulit 2f. Hal itu tidak mungkin karena kulit ke 2 tidak memiliki sub kulit f. Sub kulit f ada di kulit ke 4 dan 5. 
  3. n = 4 (kulit ke 4), l = 0 (sub kulit s), m = -1
    Berdasarkan bilangan kuantum  di atas, elektron terletak pada sub kulit 4s dan terletak pada orbital m = -1. Hal itu tidak mungkin karena sub kulit s hanya memiliki 1 orbital yaitu m = 0. 
  4. n = 3 (kulit ke 3), l = 3 (sub kulit f), m = -1
    Berdasarkan bilangan kuantum  di atas, elektron terletak pada sub kulit 3f. Hal itu tidak mungkin karena kulit ke 3 tidak memiliki sub kulit f. Sub kulit f ada di kulit ke 4 dan 5. 
  5. n = 5 (kulit ke 5), l = 3 (sub kulit f), m = +2
    Berdasarkan bilangan kuantum  di atas, elektron terletak pada sub kulit 5f. Sub kulit f memiliki bilangan kuantum m = -3, -2, -1, 0, +1, +2, +3. Seperangkat bilangan kuantum tersebut sesuai dengan ketentuan bilangan kuantum.

Maka, bilangan kuantum yang tidak diperbolehkan adalah:

  1. n = 2, l = 3, m = -1
  2. n = 4, l = 0, m = -1
  3. n = 3, l = 3, m = -1

Karena, kulit ke 2 dan 3 tidak memiliki sub kulit f (l = 0) dan sub kulit s (l = 0) hanya memiliki 1 orbital (m = 0). 

Roboguru

Berapa banyak elektron yang terdapat dalam atom yang memiliki bilangan kuantum berikut? n=3,l=2,m=0,s=+21​

Pembahasan Soal:

Konfigurasi elektron suatu unsur dapat ditentukan berdasarkan bilangan kuantum elektron terakhirnya. Bilangan kuantum menyatakan posisi elektron dalam atom yang terdiri dari:

  1. Bilangan kuantum utama (n) : menyatakan kulit atom.
  2. Bilangan kuantum azimuth (l) : menyatakan subkulit. Harga  adalah 0 hingga (n-1), Nilai = 0 untuk subkulit s, nilai  = 1 untuk subkulit p,  = 2 untuk subkulit d, dan  =  3 untuk subkulit f.
  3. Bilangan kuantum magnetik (m) : menyatakan orientasi orbital. Harga adalah -l, 0, hingga +l.
  4. Bilangan kuantum spin (s) : menyatakan arah putar elektron. Nilai adalah 21 jika rotasi elektron berlawanan arah jarum jam / elektron berpasangan, dan nilai adalah +21 jika rotasi elektron searah jarum jam / elektron tunggal.

Dari data keempat bilangan kuantum pada soal, maka:

  • n = 3, artinya kulit elektron terakhirnya adalah 3
  • = 2, artinya elektron terakhir terletak pada subkulit d
  • m = 0 dan s+21, maka gambar diagram orbitalnya adalah sebagai berikut.

Elektron valensi berdasarkan data keempat bilangan kuantum pada soal adalah 3d3. Untuk menentukan jumlah elektron, maka perlu dibuat konfigurasi elektronnya terlebih dahulu. Cara menuliskan konfigurasi elektron Aufbau yaitu:
 


Oleh karena itu, konfigurasi elektronnya adalah 1s22s22p63s23p64s23d3 sehingga jumlah elektron yaitu 2 + 2 + 6 + 2 + 6 + 2 + 3 = 23.

Dengan demikian, banyaknya elektron yang terdapat dalam atom yang memiliki bilangan kuantum tersebut adalah 23. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved