Roboguru

Suatu peristiwa sejarah yang diceritakan dan disusun berdasarkan urutan kejadian tanpa dijelaskan mengenai hubungan sebab akibat antara peristiwa disebut....

Pertanyaan

Suatu peristiwa sejarah yang diceritakan dan disusun berdasarkan urutan kejadian tanpa dijelaskan mengenai hubungan sebab akibat antara peristiwa disebut.... 

  1. diakronik

  2. sinkronik

  3. interpretasi

  4. periodisasi

  5. kronik

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Diakronik adalah suatu metode atau cara mempelajari sejarah dengan melalui, melintasi, melampaui dan menjelajah waktu, sehingga bisa menguraikan peristiwa sejarah secara detail.

Berpikir sejarah secara sinkronis yaitu berpikir meluas dalam ruang tetapi terbatas dalam waktu. Pendekatan sinkronik biasa digunakan dalam ilmu-ilmu sosial.

Kronik merupakan catatan peristiwa sejarah yang diceritakan dan disusun berdasarkan urutan kejadian.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 29 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan hal-hal berikut ini!  Aspek tempat terjadinya peristiwa Aspek perkembangan Aspek pengulangan Aspek perubahan Aspek militer Ciri-ciri dari aspek waktu dalam sejarah ditunjukkan oleh...

Pembahasan Soal:

Ciri-ciri dari aspek waktu dalam sejarah sedikitnya ada tiga. Aspek pertama adalah perkembangan. Perkembangan terjadi apabila masyarakat mengalami pergerakan berturut-turut dari satu bentuk ke bentuk lain. Aspek kedua adalah kesinambungan. Kesinambungan terjadi apabila suatu masyarakat masih menjalankan pola atau kebiasan lama. Aspek ketiga adalah pengulangan. Pengulangan adalah fenomena yang pernah terjadi sebelumnya terulang kembali pada masa sesudahnya atau masa sekarang. Aspek Perubahan, perubahan merupakan sebuah keadaan ketika terjadi pergeseran dari satu kondisi ke kondisi lain.space space space

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space space space

0

Roboguru

Dimensi waktu dalam sejarah disebut ….

Pembahasan Soal:

Sejarah memiliki dua dimensi, yakni temporal (waktu terjadinya sejarah) dan dimensi spasial (tempat terjadinya sejarah). Konsep ruang dan waktu tersebut merupakan unsur penting yang tidak dapat dipisahkan dalam suatu peristiwa dan perubahannya dalam kehidupan. Waktu menjadi batasan temporal dari setiap peristiwa yang telah terjadi.

Dengan demikian, dimensi waktu dalam sejarah disebut temporal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Masyarakat Hindu melihat waktu sebagai ….

Pembahasan Soal:

Waktu merupakan salah satu unsur utama dalam sejarah. Konsep ini dipandang berbeda oleh beberapa bangsa, suku, hingga golongan. Dalam masyarakat Hindu, waktu dipandang sebagai sesuatu yang terus berlanjut dari zaman ke zaman dan tanpa akhir. Dalam artian meskipun sesuatu berakhir secara fisik namun hal tersebut akan membuka pintu pada waktu berikutnya. Konsep ini dalam agama Hindu dikenal dengan reinkarnasi.

Dengan demikian, masyarakat Hindu menganggap waktu sebagai siklus tanpa akhir.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Dalam kajian sejarah, konsep waktu merupakan bagian paling penting. Konsep waktu dalam kajian sejarah berfungsi sebagai....

Pembahasan Soal:

Kuntowijoyo menyatakan sejarah merupakan ilmu yang berbicara tentang waktu. Oleh karena itu, waktu menjadi bagian sangat penting dalam kajian sejarah. Waktu menunjukkan saat terjadinya peristiwa. Selain sebagai penjelas informasi, waktu dalam kajian sejarah menjadi penanda peristiwa sejarah bersifat unik. Peristiwa sejarah dikatakan unik karena peristiwa tersebut terjadi satu kali ditempat tertentu. Waktu menjadi batasan temporal setiap peristiwa yang telah terjadi atau perjalanan hidup manusia. Sejarah manusia tidak bisa dilepaskan dari waktu. Hal tersebut sebagai penegas bahwa kajian sejarah bersifat diakronik, artinya peristiwa sejarah diteliti atau diamati pada kajian waktu tertentu. Hanya manusia yang memiliki kesadaran akan waktu, sehingga hanya manusia yang mempunyai sejarah. Konsep waktu dalam sejarah mencakup empat unsur, yaitu perkembangan, perubahan, kesinambungan, dan pengulangan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E.

7

Roboguru

Perhatikan tabel berikut! Unsur yang termasuk konsep waktu dalam sejarah ditunjukkan oleh kombinasi ....

Pembahasan Soal:

Perjalanan hidup manusia tidak dapat dilepaskan dari waktu. Lebih daripada itu, dalam sejarah, masa lampau itu bukan merupakan suatu masa yang final, berhenti, ataupun tertutup, melainkan terus berproses memengaruhi masa kini dan masa depan. Masa lampau dalam hal ini bukanlah keadaan atau peristiwanya melainkan kearifannya. Meskipun kearifannya terus bergerak ke masa depan, sejarah itu tetaplah sebuah kajian tentang peristiwa masa lalu. Hasilnya adalah pemahaman tentang peristiwa itu sendiri serta perspektif untuk memahami masa kini dan masa depan. Jadi, perlu ditekankan bahwa sejarah tidak memberikan ramalan masa depan, tetapi memberikan perspektif (sudut pandang) masa depan berlandaskan masa lalu.

Konsep waktu dalam sejarah mencakup empat hal, yaitu.

  1. Perubahan, terjadi apabila masyarakat mengalami pergeseran yang hampir sama dengan perkembangan, tetapi asumsinya adalah perkembangan secara besar-besaran dan dalam waktu relatif singkat.
  2. Kesinambungan, tetap mengadopsi lembaga-lembaga dan kebiasaan-kebiasaan lama.
  3. Perkembangan, terjadi apabila masyarakat mengalami pergerakan berturut-turut dari satu bentuk ke bentuk lain.
  4. Pengulangan, terjadi apabila peristiwa di masa lalu terjadi lagi. Akan tetapi, hanya  pola peristiwanya yang mengalami pengulangan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

4

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved