Roboguru

Suatu organisme dimodifikasi gennya dengan cara mengganti urutan basa nitrogen pada DNA yang ada dengan basa nitrogen yang lain sehingga terjadi perubahan sifat pada organisme tersebut. Proses di atas merupakan rekayasa genetika dengan menggunakan teknik ....

Pertanyaan

Suatu organisme dimodifikasi gennya dengan cara mengganti urutan basa nitrogen pada DNA yang ada dengan basa nitrogen yang lain sehingga terjadi perubahan sifat pada organisme tersebut.

Proses di atas merupakan rekayasa genetika dengan menggunakan teknik ....

  1. hibridoma

  2. fusi sel

  3. kultur jaringan

  4. teknologi plasmid

  5. rekombinasi gen

Pembahasan Soal:

Rekombinasi gen ialah penyisipan gen pada kegiatan rekayasa genetik untuk mendapatkan organisme dengan sifat unggul yang diinginkan. Proses rekombinasi dapat dilakukan dengan menggunakan vektor pembawa berupa plasmid yang disisipi gen target. Contoh hasil rekombinasi gen yang telah berhasil dilakukan pada organisme adalah golden rice, dan bakteri penghasil insulin.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 17 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut....

Pembahasan Soal:

Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut dengan rekayasa genetika dengan teknik rekombinasi DNA. Pada proses pembuatan hormon insulin ini menggunakan teknologi plasmid. Hormon insulin dihasilkan dengan cara pencangkokkan gen yang mengkode insulin ke dalam plasmid bakteri. Bakteri yang DNAnya telah terekombinasi ini, kemudian akan membelah diri dan menghasilkan insulin.

Dengan demikian, pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut dengan rekayasa genetika melalui teknik rekombinasi DNA.
 

0

Roboguru

Tuliskan 4 alasan melakukan rekombinasi DNA!

Pembahasan Soal:

Rekombinasi DNA adalah suatu upaya penggabungan DNA dari sumber yang berbeda dengan tujuan untuk menyambungkan gen yang ada di dalamnya. Alasan melakukan rekombinasi DNA adalah:

  • Struktur DNA semua spesies sama yaitu tersusun dari gula pentosa, basa nitrogen dan gugus fosfat.
  • DNA dapat disambungkan dengan menggunakan enzim.
  • Gen dapat mengontrol sintesis polipeptida dan mengekspresikan sifat tertentu asalkan kondisinya sesuai. Contohnya gen pengendali insulin manusia tetap dapat bekerja walaupun berada dalam sel bakteri.  
  • Rekombinasi DNA dapat dimanfaatkan dalam pembuatan hormon dan mendapatkan organisme dengan sifat gabungan yang berasal dari organisme sejenis maupun berbeda jenis. 

0

Roboguru

Tanaman kapas antiserangga merupakan produk bioteknologi modern. Pembuatan tanaman kapas antiserangga dilakukan dengan teknik ...

Pembahasan Soal:

DNA rekombian sama dengan rekayasa genetika. DNA rekombian adalah proses mengubah susunan DNA suatu organisme dengan cara menyisipkan gen asing ke organisme sehingga diperoleh sifat yang tidak dimiliki sebelumnya. Tanaman kapas transgenik antiserangga atau hama diperoleh dengan memasukkan gen delta endotoksin Bacillus thuringiensis ke dalam tanaman kapas melalui teknik DNA rekombian. Selanjutnya tanaman tersebut akan memproduksi protein delta endotoksin. Ketika serangga memakan bagian tumbuhan kapas maka protein delta endotoksin ini akan bereaksi dengan enzim dalam lambung serangga, reaksi tersebut menyebabkan racun bagi serangga sehingga serangga akan mati.

0

Roboguru

Seorang pasien mengeluhkan cepat mengantuk dan saat urin yang dikeluarkan kental. Melalui pemeriksaan ternyata kadar glukosa darahnya tinggi dan mengalami defisiensi insulin akibat rusaknya sel pankre...

Pembahasan Soal:

Kadar glukosa darah yang tinggi dapat diturunkan dengan hormon  yang dihasilkan dari pankreas. Melalui bioteknologi modern dapat dihasilkan hormon insulin dengan menerapkan teknologi plasmid atau DNA rekombinan dengan menyambungkan gen penghasil insulin dengan plasmid pada bakteri untuk menghasilkan insulin dengan cepat.

0

Roboguru

Hasil pemeriksaan urine seorang pasien menunjukkan adanya peningkatan kadar gula darah nya. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut dapat diduga bahwa pasien tersebut mengalami penyakit diabetes melitu...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan hasil pemeriksaan seorang pasien menunjukkan adanya peningkatan kadar gula darah. Hasil pemeriksaan tersebut menandakan bahwa pasien tersebut mengalami penyakit diabetes melitus. Penyakit diabetes melitus dapat diatasi dengan memberikan insulin ke dalam tubuh. Insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar pankreas dan berfungsi mengatur kadar gula dalam darah. Melalui teknik rekayasa genetika, insulin dapat diproduksi dalam jumlah banyak. Produksi insulin dibuat dengan mencangkokkan gen yang mengode insulin dari pankreas ke dalam plasmid bakteri. Bakteri dengan DNA rekombinan ini lalu membelah diri. Bakteri ini selanjutnya akan memproduksi insulin yang dibutuhkan. Sementara itu, pembuatan interferon untuk menaikkan respons sistem imun dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu, pembuatan interferon juga mampu memacu pertahanan tubuh manusia untuk melawan kuman penyakit. Pemberian vaksin bertujuan untuk memicu terbentuknya sistem kekebalan tubuh. Terapi gen yang melalui rekayasa genetika biasa diberikan kepada penderita fibrosis sistik. Pembuatan antibodi monoklonal dapat digunakan untuk mendeteksi kandungan hormon korionik gonadotropin dalam urine wanita hamil, mengetahui adanya kehamilan, serta untuk mendeteksi dini dan membunuh sel kanker. Pembentukan protein secara alami oleh sel-sel sistem imun merupakan pembuatan interferon. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved