Roboguru

Pertanyaan

Suatu negara mengendalikan perekonomian makro dengan mengatur jumlah uang yang beredar. Berarti negara tersebut melakukan ....undefined 

  1. Kebijakan fiskalundefined 

  2. Kebijakan moneterundefined 

  3. Kebijakan non moneterundefined 

  4. Kebijakan keuanganundefined 

  5. Kebijakan Bank Indobesiaundefined 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Pembahasan

Kebijakan moneter adalah sebuah kebijakan yang dikeluarkan oleh bank sentral dengan tujuan memelihara dan mencapai stabilitas perekonomian dalam bentuk pengaturan persediaan uang dengan menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar untuk memengaruhi kegiatan ekonomi.undefinedKebijakan ini dilaksanakan melalui:

  1. Operasi Pasar Terbuka
    Kebijakan bank sentral dengan menerbitkan instrumen Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dimana saat terjadi inflasi bank sentral menerbitkan SBI untuk menarik uang dari masyarakat dan sebaliknya saat deflasi membeli kembali SBI dari masyarakat.
  2. Tingkat Bunga Diskonto
    Kebijakan menaikkan/menurunkan tingkat suku bunga bank. Saat inflasi, suku bunga bank dinaikkan dan sebaliknya saat deflasi tingkat suku bunga diturunkan.
  3. Cadangan Kas Minimal
    Pada saat inflasi maka bank sentral menaikan cadangan kas minimalnya dan sebaliknya saat deflasi cadangan kasnya diturunkan agar lebih banyak uang yang beredar di masarakat.
  4. Kebijakan Kredit Selektif
    Pengetatan persyaratan kredit dilakukan saat terjadi inflasi agar uang yang beredar tidak semakin tinggi dan sebaliknya saat deflasi dilakukan pelonggaran persyaratan kredit.
  5. Pembujukan Moral
    Kebijakan melalui pembujukan kepada bank-bank umum untuk melakukan suatu tindakan tertentu agar mencapai stabilitas  perekonomian.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

543

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perekonomian pasca kritis tahun 1997 pada umumnya ditandai dengan naiknya harga barang - barang sehingga tingkat inflasi meningkat tajam. Untuk mengatasi inflasi tersebut dapat dilakukan dengan kebija...

10

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia