Roboguru

Suatu kearifan lokal dapat dikatakan mengandung nilai lokal apabila ...

Pertanyaan

Suatu kearifan lokal dapat dikatakan mengandung nilai lokal apabila ...

  1. memuat aturan-aturan berupa larangan, himbauan, dan sanksi bagi anggota masyarakat

  2. memuat pengetahuan masyarakat mengenai sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan

  3. memiliki kaitan terhadap kepercayaan masyarakat terhadap unsur-unsur spiritualitas

  4. memiliki landasan berupa anggapan baik ataupun buruk oleh masyarakat

  5. mendorong masyarakat menciptakan sesuatu demi mencukupi kebutuhan

Pembahasan Soal:

Kearifan lokal merupakan upaya menemukan nilai-nilai bersama sebagai akibat hubungan dengan lingkungannya. Artinya, kearifan lokal menciptakan nilai lokal yang mereka sepakati dan dijalani masyarakat dalam menjalankan aktivitas. Dengan demikian, kearifan lokal dilandasi nilai-nilai yang sesuai lingkungan demi kepentingan bersama. Karena berdasar pada kesepakatan bersama, kearifan lokal mengandung nilai lokal apabila di dalamnya memiliki landasan berupa anggapan baik ataupun buruk oleh masyarakat. Bahasa merupakan salah satu wujud kearifan lokal karena di dalamnya terkandung tradisi,
nilai, dan kebiasaan suatu masyarakat pada daerah tertentu. Misalnya masyarakat Bali mengenal adanya tingkatan dalam berbahasa. Secara garis besar terdapat tiga tingkatan yaitu Bali Alus, Bali Madya, dan Bali Kasar. Setiap tingkatan merniliki syarat terhadap siapa dan kapan bahasa tersebut dituturkan. Misalnya ketika berbicara dengan orang yang lebih tua, berdoa, atau berbicara kepada pemuka agama, masyarakat menggunakan bahasa Bali Alus. Penggunaan bahasa tersebut mengandung nilai penghormatan terhadap lawan bicaranya.
Penjelasan lain :
- Poin A mengarahkan pada kearifan lokal sebagai hukum lokal
- Poin B mengarahkan pada kearifan lokal sebagai pengetahuan lokal
- Poin C mengarahkan pada kearifan lokal sebagai kepercayaan lokal

- Poin E mengarahkan pada kearifan lokal sebagai keterampilan lokal

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Rgfreelanceseratusempattujuh

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kearifan lokal erat kaitannya dengan kondisi geografis suatu masyarakat, nilai-nilai dalam kearifan lokal menjadi modal utama dalam mengarungi kehidupan masyarakat, seperti ....

Pembahasan Soal:

Kearifan lokal terbentuk sebagai budaya unggul dari masyarakat setempat yang berkaitan dengan kondisi geografis, nilai-nilai yang terkandung didalamnya diyakini sangat universal juga menjadi modal utama dalam mengarungi kehidupan masyarakat sehingga dapat membangun masyarakat tanpa merusak tatanan sosial dengan lingkungan sosial.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! . Sistem gotong royong yang dimiliki masyarakat desa mengandung unsur-unsur kearifan berupa....

Pembahasan Soal:

Kearifan lokal merupakan upaya menemukan nilai-nilai bersama sebagai akibat hubungan dengan lingkungannya. Artinya, kearifan lokal menciptakan nilai lokal yang mereka sepakati dan dijalani masyarakat dalam menjalankan aktivitas. Dengan demikian, kearifan lokal dilandasi nilai-nilai yang sesuai lingkungan demi kepentingan bersama. Karena berdasar pada kesepakatan bersama, nilai-nilai gotong royong seperti yang ditampilkan pada gambar tersebut mengandung nilai lokal. Selain itu, nilai lokal sistem gotong royong yang ditampilkan pada gambar tersebut juga mengandung unsur keterampilan lokal. Artinya, masyarakat memiliki aktivitas-aktivitas yang dilakukan demi menunjang kehidupannya. Aktivitas tersebut diselaraskan dengan keadaan dan kondisi lingkungan alam serta sosial. Dalam aktivitas inilah terkandung keterampilan lokal dalam membangun sebuah tempat tinggal. 

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Masyarakat suku Bajo memercayai pamali yang berkaitan dengan laut. Pamali dapat diartikan sebagai...

Pembahasan Soal:

Pamali merupakan salah satu produk folklor setengah lisan dalam bentuk kepercayaan masayarakat. Pamali adalah sering dianggap tabu oleh sebagian masyarakatnya, sering pula masyarakat menganggap pamali sebagai mitos atau sebatas warisan leluhur. Menurut Danadibrata (2009, hal. 489) dalam kamusnya menyebutkan pamali sebagai suatu larangan (berdasarkan adat istiadat) yang jika dilarang akan mendatangkan celaka. 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut!  Unsur kearifan lokal yang termuat pada gambar di atas adalah...

Pembahasan Soal:

Berikut ini adalah unsur-unsur yang terkandung dalam kearifan lokal:

  1. Nilai lokal. Kearifan lokal memuat nilai-nilai lokal yang disepakati dan dijalankan oleh masyarakat demi kepentingan bersama. Setiap masyarakat dapat mengembangkan nilai-nilai lokal sesuai kesepakatan bersama. Sebagai contoh, masyarakat Jawa memiliki tradisi kenduri.
  2. Keterampilan lokal. Kearifan lokal juga mengandung kemampuan masyarakat dalam mengelola lingkungan alam dan sosialnya. Keterampilan lokal yang dimiliki masyarakat dipengaruhi oleh kondisi geografis tempat tinggal masyarakat tersebut. Kearifan lokal merupakan cerminan nilai dan pengetahuan lokal yang diwujudkan dalam perilaku, kepandaian, dan keterampilan lokal. Contoh kearifan yang memuat unsur keterampilan lokal yaitu cara membatik 
  3. Pengetahuan lokal. Setiap masyarakat memiliki pengetahuan lokal mengenai lingkungan hidupnya. Pengetahuan lokal berkaitan dengan perubahan dan siklus iklim, jenis flora dan fauna, kondisi geografis, demografis, serta. sosiografi. Kemampuan masyarakat dalam beradaptasi dengan lingkungan alam ataupun lingkungan sosial membentuk pengetahuan lokal. Contoh pengetahuan lokal yaitu pengetahuan para nelayan tentang angin darat dan angin laut. 
  4. Kearifan lokal memuat hukum lokal yang disepakati bersama. Hukum lokal (local law) adalah hukum yang hanya berlaku di daerah tertentu. Hukum lokal dijunjung tinggi oleh kelompok masyarakat tertentu. Hukum local biasanya berupa hukum adat yang cenderung tidak tertulis, memiliki kandungan kemasyarakatan, kekeluargaan, dan tidak lepas dari unsur keagamaan. 
  5. Kearifan lokal mengandung unsur-unsur kepercayaan lokal masyarakat. Kepercayaan lokal berkaitan dengan pemahaman spiritualitas masyarakat lokal. Kepercayaan lokal hanya dipercaya oleh kelompok atau etnik tertentu. Kepercayaan lokal muncul dan berkembang dari latar belakang masyarakat; tradisi, dan adat istiadat yang berbeda. Oleh karena itu, setiap masyarakat memiliki kepercayaan lokal yang khas satu sama lain. Contoh kepercayaan lokal antara lain Kaharingan dalam masyarakat Dayak 

Berdasarkan penjelasan di atas, nampak bahwa gambar ukiran jepara merupakan suatu keterampilan lokal dalam membuat sebuat karya ukir yang indah.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini! Masyarakat pertanian menggunakan hewan sebagai alat bajak meskipun pemerintah telah memberikan traktor di setiap desa Konser yang menghadirkan artis terkenal dar...

Pembahasan Soal:

Kearifan lokal merupakan pandangan hidup dan ilmu pengetahuan serta berbagai strategi kehidupan yang berwujud aktivitas yang dilakukan masyarakat lokal. Dalam kearifan lokal terdapat nilai-nilai tradisi yang sudah melembaga dan mempunyai daya guna untuk menghadapi masalah-masalah kehidupan di masyarakat. berdasarkan pernyataan yang memiliki nilai kearifan lokal di tengah globalisasi yaitu:

  • Masyarakat tetap melatih dan membiasakan kepada generasi muda sopan santun dalam pergaulan meskipun mereka sudah berprestasi secara internasional.
  • Meskipun sudah tersedia alat komunikasi canggih, masyarakat tetap mengadakan rembug warga dengan bersilaturahmi langsung.
  • Masyarakat Jawa memiliki gamelan yang bisa mendidik pemainnya untuk menahan diri, tidak saling mendalami agar timbul harmoni sosial. 

Jadi, jawabannya adalah E (3), (4), dan (5) 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved