Pertanyaan

Suatu jenis angsa memiliki perilaku berkaitan dengan pengembalian telur yang terpisah dari sarang sebagaimana ditunjukkan oleh gambar di bawah ini. Beberapa peneliti mengganti telur dengan objek lain, seperti batu, telur mainan, bahkan yang memiliki warna dan bentuk berbeda dari telur angsa tersebut. Perhatikan beberapa pernyataan berikut! Anjing laut yang menangkap bola, yang dilemparkanoleh instruktur pada pertunjukanmenggunakan hidung mereka. Semut yang mengikuti rute dengan semut terbanyak. Bayi yang memegang benda yang disentuhkan pada telapak tangan mereka. Anjing yang mengeluarkan air liur saat mendengar suara wadah makanan mereka yang dipukul. Tentukan apakah model-model perilaku tersebut identik (B) atau tidak (S) dengan model perilaku pada gambar di atas!

Suatu jenis angsa memiliki perilaku berkaitan dengan pengembalian telur yang terpisah dari sarang sebagaimana ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.

Beberapa peneliti mengganti telur dengan objek lain, seperti batu, telur mainan, bahkan yang memiliki warna dan bentuk berbeda dari telur angsa tersebut. Perhatikan beberapa pernyataan berikut!

  1. Anjing laut yang menangkap bola, yang dilemparkan oleh instruktur pada pertunjukan menggunakan hidung mereka.
  2. Semut yang mengikuti rute dengan semut terbanyak.
  3. Bayi yang memegang benda yang disentuhkan pada telapak tangan mereka.
  4. Anjing yang mengeluarkan air liur saat mendengar suara wadah makanan mereka yang dipukul.

Tentukan apakah model-model perilaku tersebut identik (B) atau tidak (S) dengan model perilaku pada gambar di atas! 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Gambar yang disajikan pada soal adalahperilaku angsa yang menunjukkan pola aksi tetap atau Fixed Action Pattern (FAP). FAP merupakan suatu tindakan atau perilaku bawaan yang tidak dapat diubah, tindakan akan dilakukan sampai selesai jika sudah dimulai. Perilaku ini dipicu karena stimulus yang bersifat eksternal (stimulus kunci). Pernyataan 1 tidak identik (S), karena perilaku anjing laut menangkap bola diperoleh dari instruktur. Tanpa instruktur, anjing laut tidak dapat berperilaku demikian. Pernyataan 2 tidak identik (S), semut yang mengikuti rute dengan semut terbanyak termasuk innate behaviour (perilaku bawaan) , namun tidak identik dengan FAP karena melibatkan senyawa feromon dalam komunikasinya. Pernyataan 3 identik (B), bayi memegang benda yang disentuhkan pada telapak tangan mereka,termasuk innate behaviour dan identik dengan FAP, karena jika kita menyentuhkan benda ke tangan bayi, maka bayi akan menggerakkan tangannya untuk memegang. Walaupun, benda tersebut nantinya kita lepaskan maka stimulus itu tidak akan mengubah gerakan tangan bayi untuk tetap memegang. Pernyataan 4 tidak identik (S), anjing yang mengeluarkan air liur saat mendengar suara wadah makanan mereka yang dipukul termasuk classical condition (perilaku yang dipelajari). Classical condition merupakan suatu perilaku yang diperoleh dari pembelajaran yang mengasosiasikan beberapa stimulus.

Gambar yang disajikan pada soal adalah perilaku angsa yang menunjukkan pola aksi tetap atau Fixed Action Pattern (FAP). FAP merupakan suatu tindakan atau perilaku bawaan yang tidak dapat diubah, tindakan akan dilakukan sampai selesai jika sudah dimulai. Perilaku ini dipicu karena stimulus yang bersifat eksternal (stimulus kunci). Pernyataan 1 tidak identik (S), karena perilaku anjing laut menangkap bola diperoleh dari instruktur. Tanpa instruktur, anjing laut tidak dapat berperilaku demikian. Pernyataan 2 tidak identik (S), semut yang mengikuti rute dengan semut terbanyak termasuk innate behaviour (perilaku bawaan), namun tidak identik dengan FAP karena melibatkan senyawa feromon dalam komunikasinya. Pernyataan 3 identik (B),  bayi memegang benda yang disentuhkan pada telapak tangan mereka, termasuk innate behaviour dan identik dengan FAP, karena jika kita menyentuhkan benda ke tangan bayi, maka bayi akan menggerakkan tangannya untuk memegang. Walaupun, benda tersebut nantinya kita lepaskan maka stimulus itu tidak akan mengubah gerakan tangan bayi untuk tetap memegang. Pernyataan 4 tidak identik (S), anjing yang mengeluarkan air liur saat mendengar suara wadah makanan mereka yang dipukul termasuk classical condition (perilaku yang dipelajari). Classical condition merupakan suatu perilaku yang diperoleh dari pembelajaran yang mengasosiasikan beberapa stimulus. 

437

4.6 (3 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan minimal5 cabang ilmu biologi dan jelaskanmasalah yang dibahas didaIamnya!

1rb+

4.3

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia