Roboguru

Suatu bentuk perbanyakan tumbuhan secara vegetatif dengan memanipulasi jaringan tubuh tumbuhan di dalam suatu media bebas kuman dengan suatu lingkungan yang terkendali dikenal sebagai ....

Pertanyaan

Suatu bentuk perbanyakan tumbuhan secara vegetatif dengan memanipulasi jaringan tubuh tumbuhan di dalam suatu media bebas kuman dengan suatu lingkungan yang terkendali dikenal sebagai .... 

  1. kloning 

  2. kultur jaringan 

  3. biopestisida alami 

  4. enzim untuk rekayasa genetika 

  5. hibridoma 

Pembahasan Soal:

Kultur jaringan merupakan suatu bentuk perbanyakan tumbuhan secara vegetatif dengan memanipulasi jaringan tubuh tumbuhan di dalam suatu media bebas kuman dengan suatu lingkungan yang terkendali. Kultur jaringan dapat membantu menyediakan bibit pertanian yang bersifat identik dengan induknya, seragam, dan berjumlah banyak dalam waktu yang cepat. Tanaman yang biasa dikultur adalah tanaman unggul atau tanaman langka, antara lain anggrek, pisang abaca (batang semu sebagai penghasil serat), tanaman obat-obatan, tebu, kentang, wortel, mawar, krisan, atau mangga.space 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Suatu bentuk perbanyakan tumbuhan secara vegetatif dengan memanipulasi jaringan tubuh tumbuhan di dalam suatu media bebas kuman dengan suatu lingkungan yang terkendali dikenal sebagai ....

Pembahasan Soal:

Suatu bentuk perbanyakan tumbuhan secara vegetatif dengan memanipulasi jaringan tubuh tumbuhan di dalam suatu media bebas kuman dengan suatu lingkungan yang terkendali dikenal sebagai kultur jaringan. Keuntungan kultur jaringan yaitu menghasilkan anak dengan jumlah banyak, waktu cepat, sifat seragam, tidak memerlukan musim tertentu, dan tidak memerlukan lahan yang luas.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space space 

Roboguru

Rekayasa genetika merupakan teknik untuk memperbanyak tanaman secara vegetatif. Rekayasa genetika pada gambar di atas disebut proses ....

Pembahasan Soal:

Gambar tersebut adalah kultur jaringan. Kultur jaringan adalah suatu metode untuk mengisolasi bagian dari tanaman seperti sekelompok sel atau jaringan yang ditumbuhkan dalam kondisi aseptik, sehingga bagian tanaman tersebut dapat memperbanyak diri tumbuh menjadi tanaman kembali. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.  

Roboguru

Suatu teknik untuk mengisolasi bagian-bagian tanaman yang ditumbuhkan secara aseptis di dalam media in vitro dinamakan . . .

Pembahasan Soal:

Suatu teknik untuk mengisolasi bagian-bagian tanaman yang ditumbuhkan secara aseptis di dalam media in vitro dinamakan kultur jaringan. In vitro berarti "di dalam kaca", dikarenakan jaringan tersebut dibiakkan di dalam botol kultur dengan medium dan dalam kondisi tertentu. Teori dasar dari kultur in vitro ini adalah Totipotensi, yaitu mempercayai bahwa setiap bagian tanaman dapat berkembang biak karena seluruh bagian tanaman terdiri atas jaringan-jaringan hidup. 

Bioteknologi cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol,antibiotik, asam organik) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang dapat digunakan oleh manusia. 

Rekombinanan DNA adalah suatu bentuk DNA buatan yang dibuat dengan cara menggabungkan atau merekombinasi dua atau lebih untaian benang DNA yang dalam keadaan normal tidak berpasangan atau terjadi bersama.  

Kloning adalah suatu upaya tindakan untuk memproduksi atau menggandakan sejumlah individu yang hasilnya secara genetik sama persis (identik) berasal dari induk yang sama, mempunyai susunan (jumlah dan gen) yang sama dengan cara menggabungkan inti sel somatis (sel tubuh) dengan sel telur (sel gamet) yang telah dihilangkan intinya.  

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.  

Roboguru

Seorang petani ingin memperbanyak tanaman wortel yang memiliki sifat unggul. la ingin menghasilkan bibit yang berkualitas dalam waktu yang singkat, bersifat seragam dan dalam jumlah yang banyak. Te...

Pembahasan Soal:

Teknik produksi yang dapat digunakan oleh petani dalam soal adalah kultur jaringan. Kultur jaringan adalah teknik yang menggunakan potongan kecil tumbuhan untuk menumbuhkan individu baru. Keuntungan dari teknik ini adalah dapat menghasilkan bibit dalam jumlah banyak dan waktu yang sempit, sifat keturunan seragam, dan hanya membutuhkan ruang penumbuhan bibit yang kecil. 

Langkah kerja teknik ini adalah sebagai berikut

  1. Eksplan (potongan tanaman) diisolasi, potongan ini dapat berupa potongan daun, batang, maupun akar yang masih memiliki peluang menjadi sel meristem.
  2. Dilakukan sterilisasi eksplan dan penyiapan media steril dengan nutrisi yang dibutuhkan.
  3. Eksplan diletakkan di atas media dan dibiarkan hingga tumbuh kalus.
  4. Kalus dipindahkan ke media baru setelah terjadi organogenesis (pembentukan organ) dan dibiarkan hingga terbentuk planlet.
  5. Dilakukan subkultur berulang (potongan planlet diambil dan ditumbuhkan dimedia baru).
  6. Planlet yang siap diaklimatisasi, lalu dipindahkan pada area tanam.
Roboguru

Salah satu masalah yang dihadapi para petani adalah kurangnya bibit unggul dalam jumlah banyak. Untuk mengatasi hal tersebut maka bioteknologi yang dikembangkan adalah ....

Pembahasan Soal:

Pemerolehan bibit unggul untuk para petani dapat dilakukan melalui teknik kultur jaringan. Kultur jaringan adalah teknik pemerolehan individu dari bagian tumbuhan yang ditumbuhkan secara aseptis pada medium pertumbuhan.  Kultur jaringan bertujuan untuk memperoleh bibit tanaman baru dengan sifat yang lebih baik, memperoleh bibit tanaman dalam waktu cepat, dan menghasilkan anakan dengan sifat yang sama dengan induknya.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved