Roboguru

Suatu atom tersusun atas sejumlah elektron, proton, dan neutron. Secara teori ketiga partikel tesebutlah yang membentuk massa atom. Namun sebagian besar massa atom hanya diwakili massa proton dan neutron saja. Hal ini karena massa elektron tidak memengaruhi massa keseluruhan atom secara signifikan. Benarkah pernyataan tersebut? Buktikan dengan menggunakan massa satu atom C-12 dan berikan alasannya! (Satu atom C-12 mempunyai massa 2×10−23 kg)

Pertanyaan

Suatu atom tersusun atas sejumlah elektron, proton, dan neutron. Secara teori ketiga partikel tesebutlah yang membentuk massa atom. Namun sebagian besar massa atom hanya diwakili massa proton dan neutron saja. Hal ini karena massa elektron tidak memengaruhi massa keseluruhan atom secara signifikan. Benarkah pernyataan tersebut? Buktikan dengan menggunakan massa satu atom C-12 dan berikan alasannya! (Satu atom C-12 mempunyai massa begin mathsize 14px style 2 cross times 10 to the power of negative sign 23 end exponent end style kg)space 

Pembahasan Soal:

Pernyataan tersebut dapat dibuktikan kebenarannya dengan percobaan yang telah dilakukan oleh E. Rutherford. Ukuran inti atom jauh lebih kecil dari ukuran atom itu sendiri, dan hampir sebagian besar tersusun dari proton dan neutron, hampir sama sekali tidak ada sumbangan dari elektron. Inti atom terdiri dari proton dan neutron. Menurut proposisi Rutherford, muatan atom positif (proton) atom seluruhnya terkumpul di dalam inti (nucleus), yaitu suatu inti pusat yang padat dan terletak di dalam atom. Setiap kali partikel alfa mendekat ke inti dalam percobaan hamburan, partikel ini mengalami gaya tolak yang sangat besar sehingga partikel ini membelok jauh. Hal itu disebabkan karena massa dan muatan atom terpusat pada inti (nukleus). Rutherford menyatakan bahwa muatan inti atom sebanding dengan massa atom dalam sma (satuan massa atom). 

Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa massa atom sangat kecil jika diukur dalam gram, untuk itulah para ahli sepakat menentukan massa atom dengan cara membandingkannya dengan suatu atom standar. Isotop C-12 dijadikan standar/pembanding, karena sifatnya yang stabil dengan massa atom 12 sma (satuan massa atom).

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell italic A subscript r space C end cell equals cell fraction numerator massa space atom space rata bond rata over denominator begin display style 1 over 12 end style cross times massa space atom space C presubscript 6 presuperscript 12 end fraction end cell row blank equals cell fraction numerator 2 cross times 10 to the power of negative sign 23 end exponent space g over denominator begin display style 1 over 12 cross times 2 cross times 10 to the power of negative sign 23 end exponent space g end style end fraction end cell row blank equals 12 end table 

Oleh karena itu, massa isotop sama dengan massa atom relatiifnya yaitu 12. 

Jadi, pernyataan benar dan sesuai penjelasan diatas.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Chandra

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Inti atom tidak mungkin mengandung ....

Pembahasan Soal:

Atom tersusun atas partikel dasar (sub atom) yaitu elektron, neutron, dan proton. Elektron merupakan partikel bermuatan negatif yang berada di sekeliling inti atom. Proton merupakan partikel bermuatan positif yang berada di dalam inti atom. Neutron merupakan partikel tidak bermuatan (netral) yang berada di inti atom bersama dengan proton.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka inti atom tidak mungkin mengandung partikel yang bermuatan negatif.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.undefined

0

Roboguru

Salin dan lengkapilah tabel berikut ini!

Pembahasan Soal:

Soal di atas dapat diselesaikan dengan rumus:

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Nomor space atom end cell equals cell Z double bond jumlah space proton double bond jumlah space elektron end cell row cell Nomor space massa end cell equals cell A double bond jumlah space proton and jumlah space neutron end cell row cell Notasi space atom end cell equals cell space X presubscript Z presuperscript A end cell end table
 

2

Roboguru

Sebutkan sub-sub bagian atom!

Pembahasan Soal:

Sub-sub bagian atom terdiri dari inti atom (nukleon)  yang terdiri dari proton dan neutron, dan elektron yang berada pada lintasan (kulit-kulit) atom.space 

0

Roboguru

Suatu atom yang bermuatan negatif disebut ....

Pembahasan Soal:

Atom tersusun atas partikel dasar (subatom), yaitu elektron, neutron, dan proton. Elektron merupakan partikel bermuatan negatif yang berada di kulit atau di luar inti atom. Proton merupakan partikel bermuatan positif yang berada di dalam inti atom, sedangkan neutron merupakan partikel tidak bermuatan (netral) yang berada di inti atom bersama dengan proton.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka suatu atom yang bermuatan negatif disebut elektron.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.undefined

0

Roboguru

Menurut pandangan modern, atom terdiri atas inti atom dan kulit atom. Tuliskan penyusun dari: inti atom dan kulit atom.

Pembahasan Soal:

Berdasarkan Teori Atom Modern, atom terdiri atas inti atom dan kulit atom.

  1. Nukleus atau inti atom adalah bagian di pusat atom. Inti atom tersusun dari partikel-partikel neutron dan proton. Bagian ini menyusun sebagian besar massa atom.  
  2. Inti atom dikelilingi oleh kulit atom, yang diisi oleh elektron yang bermuatan negatif, yang mengitari inti atom pada lintasan yang disebut sebagai kulit atom.

Jadi, jawaban yang benar adalah seperti uraian di atas.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved