Roboguru

Struktur masyarakat Indonesia yang beragam dapat dilihat secara horisontal maupun vertikal. Struktur masyarakat yang dilihat secara veritikal ditandai oleh ….

Pertanyaan

Struktur masyarakat Indonesia yang beragam dapat dilihat secara horisontal maupun vertikal. Struktur masyarakat yang dilihat secara veritikal ditandai oleh …. 

  1. Interaksi yang terjalin 

  2. Adanya perbedaan suku bangsa 

  3. Perbedaan agama di setiap daerah 

  4. Adanya status sosial  dalam masyarakat 

  5. Adanya lapisan atas dan lapisan bawah dalam masyarakat 

Pembahasan Soal:

Poin soal membahas tentang struktur sosial.

Menurut Nasikun, struktur sosial di masyarakat dapat dilihat secara vertikal dan horizontal sebagai berikut:

  1. Secara horizontal, struktur sosial ditandai dengan adanya kesatuan sosial berdasarkan perbedaan suku bangsa, agama, dan adat.
  2. Secara vertikal, struktur sosial ditandai dengan adanya kesatuan sosial berdasarkan perbedaan lapisan sosial masyarakat.

Pilihan A kurang tepat karena interaksi yang terjalin adalah syarat dari adanya struktur sosial baik secara horizontal ataupun vertikal.

Pilihan D kurang tepat karena status sosial di dalam masyarakat merupakan salah satu dasar pembentuk struktur sosial

Pilihan B dan C kurang tepat karena perbedaan suku bangsa dan perbedaan agama termasuk struktur sosial secara horizontal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Tri

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di suatu komplek pemukiman terdapat kelompok sosial berdasarkan agama seperti kelompok Majelis Taklim dan kelompok penganut Kristen. Parameter dari struktur sosial horizontal tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat seperti Majelis Taklim dan Perkumpulan Kristen termasuk dalam struktur sosial secara horizontal. Struktur sosial secara horizonal tidak terbentuk atas strata atau lapisan hierarkis dalam masyarakat, namun karena adanya kesamaan ciri sosial antarkelompok (opsi D). Pilihan jawaban A tidak tepat karena kesamaan ciri sosial yang dijelaskan pada pernyataan soal terjadi pada kelompok yang berbeda.

0

Roboguru

Jelaskan tentang konsep konflik horizontal!

Pembahasan Soal:

Konflik sosial merupakan suatu peristiwa atau fenomena sosial di mana terjadi pertentangan atau pertikaian baik antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, maupun kelompok dengan pemerintah. Salah satunya adalah konflik horizontal. Konflik horizontal merupakan terminologi konflik yang terjadi antar individu atau kelompok organisasi yang memiliki kedudukan yang sama atau setara. Contoh konflik horizontal adalah konflik antar ras, etnis, maupun agama.space space

0

Roboguru

Struktur masyarakat ditandai oleh ciri-ciri yang unik, baik secara horizontal maupun vertikal. Secara horisontal masyarakat tersebut ditandai ....

Pembahasan Soal:

Struktur sosial masyarakat secara horizontal ditandai dengan adanya kesatuan-kesatuan sosial berdasarkan perbedaan-perbedaan suku bangsa, agama, adat dan kedaerahan. Semua kelompok dan golongan dianggap sama dan sejajar, baik itu berdasarkan ras, suku, klan, agama, profesi dan jenis kelamin.space space  

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space space  

0

Roboguru

Sikap rasisme merupakan salah satu masalah sosial yang ada dimasyarakat indonesia. Rasisme menciptakan konflik horizontal dalam kelompok masyarakat. Berdasarkan perbedaan sosial, rasisme digolongan ke...

Pembahasan Soal:

Rasisme merupakan sikap diskriminasi yang dilakukan oleh kelompok atau individu terhadap suatu ras tertentu. Pada umumnya rasisme terjadi karena ras minoritas diperlakukan tidak adil dan didominasi serta didiskriminasi oleh kelompok ras mayoritas. Sehingga memunculkan suatu tingkatan dalam ras dimana ras yang mendominasi berada di atas dan ras yang didominasi dan didiskriminasi ditindas di bawah. Sehingga rasisme termasuk dalam struktur sosial yang berdimensi vertikal. Hal itu merupakan konsep salah karena ras harusnya disetarakan atau sederajat tanpa ada perbedaan kedudukan sosial. Karena kunci perbedaan antara struktur sosial vertikal dan horizontal adalah ada atau tidaknya perbedaan kedudukan sosial di masyarakat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Struktur sosial yang dibangun atas identitas sosial yang beragam dalam masyarakat, seperti keragaman suku, ras, agama, profesi maupun pola pikir dan perilaku adalah ....

Pembahasan Soal:

Struktur sosial heterogen dibangun atas identitas sosial yang beragam dalam masyarakat, seperti keragaman suku, ras, agama maupun profesi. Selain itu, dalam struktur sosial yang heterogen juga terdapat keragaman pola pikir dan perilaku dalam masyarakat, yang diwujudkan oleh keragaman kelompok sosial di dalamnya. Nah umumnya, struktur sosial ini dapat kita temukan pada masyarakat perkotaan yang telah mengalami pesatnya industrialisasi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved