Roboguru

Pertanyaan

Stabilitas ekonomi didorong oleh jumlah uang beredar terkendali dan·sesuai kebutuhan. Analisislah hubungan antara stabilitas nilai tukar rupiah terhadap kesempatan kerja!space 

D. Ismawati

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Kurs atau nilai tukar adalah harga 1 unit mata uang domestic dalam satuan valuta asing. Artinya, nilai tukar rupiah adalah harga rupiah per satu unit dollar AS. Perubahan nilai tukar akan mempengaruhi daya saing industri domestik. Pengaruh yang diberikan tergantung pada industri yang bersangkutan apakah berorientasi pada ekspor atau impor. 

Bila rupiah mengalami penguatan industri yang berorientasi pada ekspor akan mengalami penurunan daya saing. Hal ini dapat terjadi karena harga barang ekspor menjadi mahal dan pembeli luar negeri akan berpindah membeli karet ke negara lain. Hal sebaliknya akan terjadi pada industri yang berorientasi pada kegiatan impor. Daya saing akan meningkat ketika bila rupiah menguat terhadap dolar.

Industri yang mengalami penurunan daya saing akan mengalami kerugian dan mengakibatkan pemberhentian pekerja. Ketidakstabilan industri akan menyebabkan lowongan pekerjaan berkurang, maka kesempatan kerja akan berkurang. 

Maka, ketidakstabilan industri akan menyebabkan lowongan pekerjaan berkurang sehingga kesempatan kerja akan berkurang.undefined   

165

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Kesempatan kerja banyak tersedia di daerah perkotaan. Akan tetapi, jumlah angka pengangguran di kota masih cukup tinggi. Kondisi tersebut umumnya disebabkan oleh. . . .

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia