Pertanyaan

Spesi K + dan Ca 2 + isoelektronik dengan Ar. Urutan kenaikan jari-jari yang tepat dari yang terkecil ke yang terbesar adalah .... (Z Ar= 18)

Spesi  dan  isoelektronik dengan Ar. Urutan kenaikan jari-jari yang tepat dari yang terkecil ke yang terbesar adalah .... (Z Ar = 18) 

  1. undefined 

  2.  

  3.  

  4.  

  5.  

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalahC.

jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan

Isoelektronik adalah pasangan atom atau ion yang memiliki jumlah elektron sama . Argon (Ar) merupakan unsurdari gas mulia yang memiliki nomor atom18. Pada atom netral, jumlah proton = jumlah elektron. Jumlah elektron K + = 18. Muatan +1 artinya melepas satu elektronsehingga jumlah elektron pada atom K = 19. Jumlah elektron Ca 2 + = 18. Muatan +2artinya melepas dua elektronsehingga jumlah elektron pada atom Ca = 20. Ingat! Hanya elektron saja yang dapat berpindah, sedangkan proton tetap. Dengan demikian, dapat disimpulkan jumlah proton Ar, K, dan Ca berturut-turut adalah 18, 19, dan 20. Bertambahnya jumlah proton dan elektron menyebabkan gaya tarik inti dengan elektron pada kulit terluar makin kuatsehingga jari-jari atom makin kecil. Dalam satu golongan dari atas ke bawah,jari-jari atom makin besar, sedangkan dalam satu periode dari kiri ke kanan, jari-jari atom makin kecil. Jari-jari atom yang paling rendah adalah atom yang memiliki jumlah proton paling banyak . Urutan kenaikan jari-jari atomdari yang terkecil ke yang terbesar adalah Ca 2 + , K + , dan Ar . Jadi, jawaban yang tepat adalahC.

Isoelektronik adalah pasangan atom atau ion yang memiliki jumlah elektron sama. Argon (Ar) merupakan unsur dari gas mulia yang memiliki nomor atom 18.

Pada atom netral, jumlah proton = jumlah elektron.

  • Jumlah elektron  = 18. Muatan +1 artinya melepas satu elektron sehingga jumlah elektron pada atom K = 19.
  • Jumlah elektron  = 18. Muatan +2 artinya melepas dua elektron sehingga jumlah elektron pada atom Ca = 20.


Ingat! Hanya elektron saja yang dapat berpindah, sedangkan proton tetap. Dengan demikian, dapat disimpulkan jumlah proton Ar, K, dan Ca berturut-turut adalah 18, 19, dan 20.

Bertambahnya jumlah proton dan elektron menyebabkan gaya tarik inti dengan elektron pada kulit terluar makin kuat sehingga jari-jari atom makin kecil. Dalam satu golongan dari atas ke bawah, jari-jari atom makin besar, sedangkan dalam satu periode dari kiri ke kanan, jari-jari atom makin kecil.

Jari-jari atom yang paling rendah adalah atom yang memiliki jumlah proton paling banyak. Urutan kenaikan jari-jari atom dari yang terkecil ke yang terbesar adalah , dan

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

560

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Dari eksperimen suatu reaksi pembuatan H 2 ​ EF 4 ​ didapatkan bahwa reaksi terdiri dari 3 tahapan, yaitu sebagai berikut. Total : EF 2 ​ ( g ) + ½ F 2 ​ ( g ) + H 2 ​ F ( l ) ​ → ​ Tahap 1 : EF ...

122

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia