Roboguru

Sosiologi dapat digunakan dalam kajian yang lebih luas yaitu meliputi perencanaan suatu program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dari uraian tersebut maka fungsi sosiologi adalah membantu dalam merencanakan ....

Pertanyaan

Sosiologi dapat digunakan dalam kajian yang lebih luas yaitu meliputi perencanaan suatu program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dari uraian tersebut maka fungsi sosiologi adalah membantu dalam merencanakan ....

  1. penelitian dan kontrol sosial

  2. pembangunan dan analisis

  3. penelitian dan analisis

  4. pembangunan dan kontrol sosial

  5. pembangunan dan penelitian

Pembahasan Soal:

Pada soal tersebut dijelaskan bahwa kajian sosiologi dapat digunakan dalam kajian yang lebih luas, yaitu meliputi perencanaan suatu program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hal itu berarti bahwa sosiologi berfungsi untuk membantu merencanakan program pembangunan bersama pihak tertentu berdasarkan data yang telah didapatkan dari hasil penelitian sosial. Data yang didapatkan melalui hasil penelitian tersebut dimanfaatkan dalam proses pembangunan dengan memerhatikan serta menyesuaikan kebutuhan masyarakat setempat yang mengalami proses pembangunan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimanakah peranan sosiologi dalam menghadapi fenomena sosial dalam kehidupan masyarakat sehari-hari?

Pembahasan Soal:

Poin pada soal terkait dengan penerapat sosiologi dalam kehidupan sehari-hari. 

Konsep pada soal terkait dengan peran sosiologi dalam pembangunan. Pada sosiologi yaitu ilmu tentang kemasyarakatan yang melihat fenomena-fenomena sosial dari aktivitas-aktivitas interaksi masyarakat yang memunculkan gejala sosial sebagai akibat adanya interaksi. Dalam sebuah ilmu yang mempelajari masyarakat sosiologi memiliki peran-peran dalam pembangunan masyarakat sebagai sebagai berikut :

Sosiologi sebagai ahli riset : pengumpulan dan penggunaan data kehidupan sosial yang berlangsung di masyarakat untuk diolah menjadi karya ilmiah. untuk melihat penyebab dari masalah sosial dan juga memperdalam dan memperluas ilmu pengetahuan

Sosiologi sebagai praktisi : menekankan terhadap riset atau penelitian yang dilakukan oleh sosiolog untuk mencari penyelesaian dari masalah yang terjadi di kehidupan sosial. Karena sosiologi juga ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan masyarakat. 

Sosiolog sebagai konsultan kebijakan  :  Prediksi yang dilakukan oleh seorang sosiolog dapat membantu pemimpin perusahaan atau kepala daerah memperkirakan apa pengaruh dari kebijakan mereka terhadap masyarakat. Dampaknya, kebijakan tersebut bisa menghasilkan pengaruh yang diinginkan. 

Sosiolog sebagai guru dan pendidik : kegiatan yang dapat digeluti oleh seorang sosiolog adalah mengajar. mengajarkan dan mengembangkan sosiologi sebagai ilmu di berbagai bidang dengan memberi contoh yang ada dalam masyarakat.  

Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan pada peranan ilmu sosiologi pada fenomena-fenomena sosial pada masyarakat yaitu mengajarkan dan mengembangkan sosiologi sebagai disiplin ilmu sosial yang populer, serta memberikan pemahaman komprehensif terhadap fenomena dari gejala sosial yang ada di masyarakat.

0

Roboguru

Kebiasaan buruk masyarakat membuang sampah sembarangan menjadi hal yang harus segera ditangani. Untuk mencegah berbagai macam dampak negatif dari perilaku tersebut, pemerintah mengambil langkah untuk ...

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah istilah untuk peran sosiologi dalam mendampingi pemerintah melakukan penyuluhan terkait permasalahan kebiasaan buruk masyarakat membuang sampah sembarangan.

Berdasarkan kasus yang di muat dalam soal, maka peran yang tepat dalam mendampingi pemerintah untuk melakukan penyuluhan kepada masayarakat sebagai upaya menangani berbagai macam dampak negatif dari perilaku membuang sampah sembarangan adalah peran sosiolog sebagai praktisi. Sebagai praktisi sosiolog berperan secara aktif dalam perencanaan dan pelaksaan kegiatan di masyarakat, salah satunya adalah kegiatan mendampingi pemerintah untuk melakukan penyuluhan. 

0

Roboguru

Para anggota legislatif mempekerjakan staf ahli untuk membantu melaksanakan pekerjaannya dalam menganalisis persoalan sebelum dituangkan dalam undang-undang. Salah satu tenaga ahli yang direkrut adala...

Pembahasan Soal:

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang obyek kajiannya didasarkan pada observasi terhadap kenyataan hidup manusia dan akal sehat sehingga hasil kajian ilmu sosiologi tidak bersifat spekulatif. Karena hasil penelitian sosiologi tidak bersifat spekulatif, maka hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebuah organisasi atau instansi untuk membuat keputusan atau kebijakan. Bentuk penerapan sosiologi bagi pembuat keputusan adalah dengan adanya ilmu sosiologi, pembuat keputusan dapat mempertimbangkan kondisi sosial masyarakat dalam rangka pembuatan keputusan, sehingga keputusan yang dibuat secara menyeluruh dapat menguntungkan masyarakat.space space  

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space space  

0

Roboguru

Penerapan pengetahuan sosiologi dalam pembangunan, bahwa pengetahuan sosiologi dapat diterapkan dan berguna dalam kehidupan sehari-hari, dalam hal ....

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah tentang peranan sosiologi dalam pembangunan.

Salah satu peran sosiologi adalah sebagai pembangunan. Menurut Soerjono Soekanto, sosiologi sebagai pembangunan masyarakat dapat diidentifikasi melalui beberapa tahap, yaitu :

  1. Tahap perencanaan. Pada tahap ini, pihak yang berkepentingan menetapkan visi pembangunan disertai penampungan aspirasi. Salah satu aspirasi dapat memanfaatkan data - data sosial. Berdasarkan langkah ini diharapkan perencanaan dapat diterapkan sehingga sesuai dengan tujuan.
  2. Tahap pelaksanaan. Tahap ini dapat dilakukan melalui tiga cara, yaitu a). Secara struktural, b). Secara spiritual, c). Gabungan dua cara tersebut.
  3. Tahap evaluasi atau penilaian. Tahap ini melakukan analisis terhadap akibat perubahan sosial sebagai hasil pembangunan apakah berjalan dengan baik dan berhasil atau belum.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Kapankah seorang sosiolog dianggap telah menyalahgunakan profesinya sebagai seorang intelektual?

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah tentang penyalahgunaan profesi sebagai intelektual.

Keterampilan intelektual merupakan keterampilan untuk menentukan dan menganalisis persoalan, selanjutnya mengumpulkan data, mengolah dan menganalisisnya. Seorang sosiolog dianggap telah menyalahgunakan profesinya sebagai seorang intelektual, saat ia memanfaatkan keahliannya untuk kepentingan pribadi dan merugikan orang lain.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved