Roboguru

Soal terdiriatas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Kondisi tangkap lebih disebabkan karena penangkapan meningkatnya kebutuhan dan kualitas ekosistem laut sebagai habitat ikan mengalami kerusakan dan pencemaran. SEBAB Kegiatan tangkap lebih menyebabkan ketersediaan ikan di habitatnya semakin berkurang dan terancam punah. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat diatas adalah…

Pertanyaan

Soal terdiriatas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.


Kondisi tangkap lebih disebabkan karena penangkapan meningkatnya kebutuhan dan kualitas ekosistem laut sebagai habitat ikan mengalami kerusakan dan pencemaran.

SEBAB

Kegiatan tangkap lebih menyebabkan ketersediaan ikan di habitatnya semakin berkurang dan terancam punah.


Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat diatas adalah…space

  1. Jika pernyataan betul, alasan betul dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.space

  2. Jika pernyataan betul, alasan betul tapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.space

  3. Jika pernyataan betul; alasan salah dan keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.space

  4. Jika pernyataan salah, alasan betul dan keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.space

  5. Jika kedua pernyataan salahspace

Pembahasan Soal:

Penangkapan ikan secara berlebihan (Overfishing) adalah penangkapan ikan yang melebihi kemampuan populasi ikan untuk meningkatkan kembali jumahnya, sehingga menyebabkan populasi ikan yang ada berkurang, dampak ekosistem secara luas, dan berdampak pada komunitas manusia yang bergantung dengan ikan seperti nelayan.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

T. Desti

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 14 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Indonesia merniliki 11 wilayah pengelolaan perikanan (WPP). Setiap wilayah memiliki identitas berupa penomoran wilayah. Analisislah alasan penomoran WPP Indonesia menggunakan kombinasi angka 57 dan 71...

Pembahasan Soal:

Kode satuan WPP RI menurut kodefikasi internasional yang diterapkan oleh Food and Agriculture Organzation (FAO) pada bidang perikanan, terutama untuk keperluan statistik perikanan. Menurut pembagian wilayah statistik perikanan FAO, perairan Indonesia berada pada dua area, yaitu area 57 yang merupakan kawasan Samudra Hindia bagian timur (Eastern Indian Ocean) dan area 71 yang merupakan kawasan Indo-Pasifik bagian barat (Western Central Pacific). Selanjutnya, satuan penomoran WPP RI mengikuti kedua area tersebut dengan kode lokal berurutan dari nomor 1 dan seterusnya dimulai dari arah barat ke timur untuk kode regional 57 sesuai dengan sistem koordinat internasional, sedangkan untuk area 71 dimulai dari Laut Tiongkok Selatan, Laut Jawa, Selat Makassar, Laut banda, Laut Seram, Laut Sulawesi, Samudra Pasifik, dan Laut Arafura.

0

Roboguru

Perhatikan ilustrasi berikut! Kondisi seperti ilustrasi tersebut dapat optimalkan dengan upaya ....

Pembahasan Soal:

Sumber daya kelautan mendukung tujuan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Sumber daya kelautan adalah sumber daya laut, baik yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif serta dapat dipertahankan dalam jangka panjang. Dari sumber daya kelautan tersebut upaya optimal untuk mendukung tujuan Indonesia sebagai poros maritim dunia salah satunya adalah meningkatkan jalur distribusi barang melalui laut.

Usaha pemerintah untuk meningkatkan hal tersebut adalah dengan membangun tol laut. Karena itu salah satu pilar utama agenda pembangunan dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia yaitu dengan mengembangkan infrastruktur dan konektivitas maritim dengan membangun tol laut, pelabuhan, logistik dan industri perkapalan serta wisata maritim.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Keindahan alam laut di Indonesia memiliki potensi untuk aktivitas pariwisata. Akan tetapi, aktivitas pariwisata ini dapat menimbulkan dampak negatif jika dilakukan tanpa pelestarian lingkungan. Salah ...

Pembahasan Soal:

Aktivitas pariwisata kemaritiman di Indonesia banyak membawa keuntungan baik untuk negara maupun untuk penduduk lokal. Akan tetapi, jika kegiatan ini dilakukan secara tidak bertanggungjawab akan menimbulkan dampak negatif. Contohnya adalah peningkatan sampah di pantai yang dapat menimbulkan kerusakan pada ekosistem laut.space 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Salah satu program mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia yaitu menggiatkan kembali sektor-sektor ekonomi kelautan. Upaya tepat untuk mendukung program tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Dalam mewujudkan diri sebagai poros maritim dunia, maka Indonesia perlu melakukan beberapa upaya. Salah satunya adalah melakukan program Tol Laut Indonesia melalui pembangunan  yang merata di wilayah pesisir, meningkatkan jaringan transportasi laut yang kuat, dan menggiatkan sektor-sektor ekonomi kelautan. Kegiatan yang dilakukan untuk mendukung hal tersebut adalah membangun dan memperbaiki infrastruktur transportasi laut yang memadai, seperti pelabuhan dan kapal laut. Tujuannya adalah meningkatkan arus distribusi barang di Indonesia melalui jalur laut. Berdasarkan hal tersebut, maka jawaban yang tepat adalah D.

1

Roboguru

Perhatikan gambar berikut !  Sumber: https://tinyurl.com/ycj5ovyv, diunduh 14 Januari 2019 Alat pada gambar dilarang penggunaannya karena . . .

Pembahasan Soal:

Gambar pada soal berikut ini adalah jaring pukat harimau. Pukat harimau adalah jaring yang sangat besar atau lebar dan digunakan menangkap ikan untuk tujuan komersial. Ketika dibenamkan ke air, pukat harimau mencakup wilayah yang luas, dan jaringnya bisa terbenam sampai ke dasar laut. Oleh karena itu penggunaan pukat harimau ini dilarang oleh pemerintah Indonesia. Alasannya karena penangkapan ikan menggunakan pukat harimau dapat memerangkap ikan dalam jumlah yang besar. Selain itu, jaringnya yang bermata rapat menyebabkan ikan berukuran kecil atau anak-anak ikan pun ikut terperangkap sehingga bisa menyebabkan populasi ikan cepat habis dan memutus regenerasi ikan.

Dengandemikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved