Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN, kata SEBAB dan ALASAN yang disusun berurutan. Setelah mempelajari sejarah kehidupan di bumi, dapat diambil kesimpulan bahwa kehidupan binatang dan tumbuhan tidak tergantung pada manusia. SEBAB Manusia baru muncul di bumi pada akhir era Pleistosen sedangkan binatang dan tumbuhan sudah muncul pada era sebelumnya. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah. . .

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN, kata SEBAB dan ALASAN yang disusun berurutan.

Setelah mempelajari sejarah kehidupan di bumi, dapat diambil kesimpulan bahwa kehidupan binatang dan tumbuhan tidak tergantung pada manusia.

SEBAB

Manusia baru muncul di bumi pada akhir era Pleistosen sedangkan binatang dan tumbuhan sudah muncul pada era sebelumnya.

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah. . .space space 

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space space 

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space space 

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.space space 

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.space space  

  5. Pernyataan dan alasan salah.space space 

Pembahasan Soal:

Kehidupan binatang dan tumbuhan muncul pada masa Paleozoikum (590 sampai 250 juta tahun yang lalu) sedangkan manusia baru muncul pada Masa Kenozoikum, zaman Kuartier, kala Pleistosen (1,5 juta tahun yang lalu). Oleh karena itu, kehidupan binatang dan tumbuhan tidak tergantung pada manusia dan pernyataan pertama adalah benar. 

Manusia baru muncul di bumi pada akhir kala Pleistosen sedangkan binatang dan tumbuhan sudah muncul pada era sebelumnya adalah benar dan menunjukkan hubungan dengan pernyataan pertama. Pada Kala Pleistosen ini iklim di bumi menjadi hangat dan muncul manusia purba. Memasuki Kala Holosen, manusia modern muncul sampai saat ini.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Gustinawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menurut teori Harold Urey terbentuknya zat hidup di atmosfer karena pengaruh ....

Pembahasan Soal:

Tokoh yang menyatakan bahwa di atmosferlah pertama kali terjadi pembentukan material organik adalah Harold Urey. Dalam teorinya Harold urey menyatakan bahwa kehidupan pertama kali terbentu diatmosfer yang kaya akan air, karbon dioksida, gas metana, dan amonia. Molekul-molekul tersebut selanjutnya berubah menjadi asam amino dengan bantuan loncatan listrik yang berasal dari halilintar.undefined 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah Bundefined 

0

Roboguru

Di bawah ini adalah pernyataan yang berhubungan dengan asal usul kehidupan!  Timbulnya kehidupan hanya mungkin jika telah ada kehidupan sebelumnya.  Belatung tidak terbentuk dari daging yang membu...

Pembahasan Soal:

Teori Evolusi Biokimia menurut Alexander Ivannovich Oparin (1894-1980), yaitu atmosfer bumi banyak mengandung senyawa berbentuk uap H subscript 2OC O subscript 2C H subscript 4N H subscript 3, dan H subscript 2. Dengan adanya energi dari benda-benda angkasa/petir, zat-zat tersebut bereaksi membentuk zat organik sederhana yang berlangsung tanpa adanya O subscript 2. Zat organik terbawa oleh air hujan menuju ke lautan yang panas sehingga disebut yang primordial soup (sop purba). Secara bertahap zat organik sederhana bersintesis membentuk mikromolekul (asam amino dan nukleotida), makromolekul (protein, nukleotida, asam nukleat, polipeptida, lemak, dan polisakarida). Selanjutnya, senyawa organik akan mengalami evolusi biologi sehingga terbentuk organisme yang kompleks. Proses evolusi berlangsung dari lautan menuju ke daratan.space 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah C.space

 

0

Roboguru

Banyak sekali teori-teori yang dikemukakan oleh para ahli tentang asal usul kehidupan makhluk hidup penghuni bumi pada saat itu. Teori asal usul kehidupan tersebut disusun oleh para ahli berdasarkan ....

Pembahasan Soal:

Hingga saat ini, proses terjadinya jagad raya, terbentuknya bumi beserta kehidupan di dalamnya, dan proses evolusinya masih merupakan suatu teori yang kebenarannya belum bisa dipastikan. Teori asal-usul kehidupan di Bumi disusun oleh para ahli berdasarkan hasil analisis data dari peristiwa masa lampau. Metode analisis data peristiwa masa lalu berarti menganalisis proses yang terjadi sesuai dengan urutan waktu. Beberapa teori asal mula kehidupan, antara lain abiogenesis, biogenesis, kreasi khas, kosmozoan, dan kataklisma, serta teori evolusi biokimia.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.space 

0

Roboguru

Seleksi alam tidak dapat menciptakan sistem yang kerumitannya tidak dapat disederhanakan. Pernyataan tersebut bertentangan dengan teori evolusi Darwin dan dikenal sebagai teori ....

Pembahasan Soal:

Charles Darwin mengemukakan teori evolusinya dalam buku yang berjudul On The Origin of Species by Means of Natural Selection. Buku Darwin tersebut mengandung dua teori utama. Pertama, spesies-spesies yang hidup sekarang ini berasal dari spesies-spesies yang hidup dimasa lalu. Kedua, seleksi alam merupakan penyebab evolusi adaptif.

Teori evolusi Darwin menjelaskan bahwa perubahan pada semua makhluk hidup akan terus terjadi secara berangsung-angsur sesuai dengan perkembangannya dari generasi ke generasi yang mengarah pada terbentuknya spesies baru, sedangkan yang tidak mampu beradaptasi akan mati dan punah.

Adapun teori asal-usul kehidupan pada soal sebagai berikut.

  • Teori abiogenesis adalah teori yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati. Penganut dari abiogenesis adalah ilmuwan-ilmuwan di masa lampau seperti Aristoteles (384-322 SM) dan Antony an Leuwenhoek.
  • Teori biogenesis adalah teori asal usul kehidupan yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup lain. Adapun para ilmuwan yang mengemukakan teori ini Francesco Redi, Lazzaro Spallanzani, dan Louis Pasteur.
  • Teori Perancangan cerdas adalah suatu pernyataan yang menyatakan bahwa ciri-ciri tertentu pada alam semesta dan makhluk hidup merupakan hasil dari suatu sebab yang intelijen, bukan oleh proses tak terbimbing seperti seleksi alam.
  • Teori kreasionisme adalah kepercayaan bahwa manusia, kehidupan, bumi, dan seluruh jagat raya mempunyai asal-usul secara ajaib yang dihasilkan oleh campur tangan adikodrati suatu keberadaan yang maha tinggi yang umumnya disebut Tuhan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined

0

Roboguru

Teori Kosmozoik mengatakan bahwa, makluk hidup berasal dari ruang angkasa . . . .

Pembahasan Soal:

Teori kosmozoan atau cosmozoic menyatakan bahwa asal mula makhluk hidup bumi berasal dari spora kehidupan yang berasal dari luar angkasa. Kondisi bumi yang sesuai untuk kehidupan memungkinkan spora kehidupan ini dapat bertahan dan berkembang. Teori ini dipelopori oleh Arrhenius.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved