Roboguru

Skema di atas menunjukkan ciri dalam sistem ekonomi ....

Pertanyaan

 

Skema di atas menunjukkan ciri dalam sistem ekonomi ....space 

  1. pasarspace 

  2. campuranspace 

  3. terpusatspace 

  4. Pancasilaspace 

  5. tradisionalspace 

Pembahasan Soal:

Sistem ekonomi adalah suatu aturan dan tata cara untuk mengatur perilaku masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi untuk meraih suatu tujuan. Sistem perekonomian di setiap negara dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara  lain ideologi bangsa, sifat dan jati diri bangsa, dan struktur ekonomi.

Contoh Sistem Ekonomi Pasar / Liberal / Kapitalis adalah Semua aktivitas ekonomi dilaksanakan oleh swasta, aktivitas ekonomi ditujukadumn untuk mendapatkan keuntungan, setiap orang bebas memiliki barang, termasuk barang modal, setiap orang bebas menggunakan barang dan jasa yang dimilikinya, Adanya pembagian kelas dalam masyarakat, yaitu kelas pekerja (buruh) dan pemilik modal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Poin A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Makhrisza

Mahasiswa/Alumni Universitas Pertahanan

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sistem ekonomi pasar bebas secara murni sebenarnya hanya ada dalam teori. Kenyataan itu terjadi karena dalam kenyataan negara menganut sistem itu, juga ....

Pembahasan Soal:

Sistem ekonomi pasar bebas secara murni sebenarnya hanya ada dalam teori. Kenyataan itu terjadi karena dalam kenyataan negara menganut sistem itu, juga memiliki campur tangan dalam perekonomian secara tidak langsung. Sistem ekonomi pasar bebas adalah sistem perekonomian dimana individu atau  perusahaan swasta menguasai semua alat dan sumber produksi. Namun, sebenaranya tidak ada negara yang benar-benar murni menggunakan sistem ekonomi pasar bebas karena yang ada adalah negara yang cenderung lebih mengarah pada pasar bebas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban D.space 

1

Roboguru

Perbedaan sistem ekonomi pasar dengan sistem ekonomi campuran, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Sistem ekonomi pasar atau lebih dikenal dengan sistem ekonomi liberal adalah sistem ekonomi ketika sektor perekonomian diserahkan sepenuhnya pada permintaan dan penawaran di masyarakat (mekanisme pasar). 

Sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang merupakan perpaduan antara sistem ekonomi pasar dan komando. Dalam sistem ekonomi campuran, perekonomian dikelola secara bersama-sama oleh sektor swasta dan pemerintah.

Perbedaan utamanya adalah ekonomi pasar diatur oleh mekanisme pasar sedangkan ekonomi campuran diatur oleh negara dan swasta. 

Maka, jawaban yang tepat adalah poin D.  space 

1

Roboguru

Berikan masing-masing 3 (tiga) penerapan sistem ekonomi pada perbedaan antara Sistem Ekonomi Kapitalis, Sosialis dan Campuran pada masyarakat.

Pembahasan Soal:

Penerapan sistem ekonomi kapitalis:

  1. Negara maju seperi Eropa dan USA memberikan kebebsan individu untuk berwirausaha
  2. Pemerintah memberikan dukungan masyarakat berwirausaha dengan memberikan BLT dan kebijakan 
  3. Masing-masing individu berkompetisi untuk menghasilkan produk yang paling diminati oleh konsumen

Penerapan sistem ekonomi sosialis:

  1. Pemerintah berperan serta dengan membatasi individu untuk berwirausaha karena perusahaan dalam negeri juga dimiliki oleh negara
  2. Pemerintah membatasi perdagangan dalam negeri dengan peraturan
  3. Mekanisme pasar diatur oleh pemerintah

Penerapan sistem ekonomi campuran:

  1. Peran pemerintah dan swasta seimbang dalam industri persaingan dagang
  2. Terjadi kolaborasi kerjasama penguasaan SDA dalam negeri antara pemerintah dan swasta
  3. Persaingan di pasar tetap ada dalam batas yang wajar dan bersih karena pemerintah ikut mengawasi dan melakukan intervensi space space 

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan macam-macam sistem ekonomi!

Pembahasan Soal:

Macam-macam Sistem Ekonomi:

  1. Sistem ekonomi pasar (kapitalis/liberal) adalah suatu sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, dan konsumsi) diserahkan kepada mekanisme pasar.
  2. Sistem ekonomi komando adalah suatu sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat besar sedangkan peran swasta/masyarakat sangat minim bahkan tidak ada.
  3. Sistem ekonomi campuran mengadopsi kelebihan sistem ekonomi pasar dan kelebihan sistem ekonomi komando. Disebut campuran karena dalam sistem ekonomi ini peran pemerintah dan swasta sama-sama besar.
  4. Sistem ekonomi tradisional adalah dilakukan sesuai dengan kebiasaan atau tradisi. Teknologi yang digunakan masih sederhana, produktivitas masih rendah, setiap anggota masyarakat belum memiliki motivasi untuk mengembangkan harta yang dimiliki, masyarakat sulit berubah karena ada kecenderungan penolakan, dan struktur ekonomi yang ada biasanya dominan bercocok tanam/pertanian.  

1

Roboguru

Jelaskan perbedaan sistem ekonomi tradisional, modern, pasar dan campuran kemudian bandingkanlah keempat sistem ekonomi tersebut!

Pembahasan Soal:

Perbedaan sistem ekonomi tersebut ialah:

  • Tradisional
    Sistem ekonomi yang didalam segala aktivitas ekonominya dilakukan dengan masih berpegang pada tradisi yang terus diturunkan dari generasi ke generasi. Kelebihan sistem ekonomi ini adalah membuat masyarakatnya tidak terbebani dengan target ekonomi berupa kekayaan harta. Kekurangan sistem ekonomi ini adalah sulitnya mengalami kemajuan karena cenderung menolak perubahan karena menjaga tradisi.
  • Modern
    Sistem ekonomi yang dalam kegiatan ekonominya lebih mengandalkan kemajuan teknologi pada setiap sektornya. Kelebihan sistem ekonomi modern adalah kegiatan ekonomi yang menjadi cepat dan mudah untuk manusia karena bantuan teknologi canggih, namun kekurangan dari sistem ekonomi ini adalah ketergantungan terhadap teknologi dalam kegiatan ekonomi yang menyebabkan tenaga manusia tergusur sehingga menimbulkan pengangguran yang meningkat.
  • Pasar
    Sistem ekonomi yang kegiatan ekonominya menyesuaikan dengan mekanisme permintaan dan penawaran pasar, sehingga pembentukkan harga terjadi secara alami. Kelebihan sistem ekonomi pasar adalah adanya kebebasan masyarakat untuk berkreasi sehingga kreativitas masyarakat berkembang untuk menciptakan produk yang berkualitas dan bersaing di pasar. Kekurangan sistem ekonomi pasar adalah distribusi pendapatan masyarakat yang tidak merata.
  • Campuran
    Kombinasi antara sistem ekonomi pasar dan komando, dikatakan juga sebagai penyempurnaan dari sistem ekonomi pasar. Kelebihan sistem ekonomi campuran adalah terminimalisirnya berbagai kerugian yang ditimbulkan dari mekanisme pasar dengan intervensi dari pemerintah. Kekurangan sistem ekonomi campuran adalah laju pertumbuhan ekonomi cenderung lambar.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved