Roboguru

Sistem pernapasan pada manusia disusun oleh beberapa organ, bagian yang paling efektif untuk terjadinya difusi oksigen dan karbon dioksida adalah....

Pertanyaan

Sistem pernapasan pada manusia disusun oleh beberapa organ, bagian yang paling efektif untuk terjadinya difusi oksigen dan karbon dioksida adalah....

  1. Rongga hidung

  2. Laring

  3. Pleura

  4. Alveolus

  5. Trakeolus

Pembahasan Soal:

Sistem pernapasan manusia disusun oleh berbagai organ yang memiliki fungsi dalam menunjang proses pernapasan. Pilihan jawaban pada soal terdiri dari berbagai organ pernapasan, berikut merupakan penjabaran organ pada sistem pernapasan manusia dan fungsinya yang terdapat pada pilihan jawaban:

  • Rongga hidung, di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut hidung yang berfungsi untuk menyaring kotoran dalam udara pernapasan yang dihirup dan juga terdapat mukosa yang berfungsi untuk mengatur kelembapan udara pernapasan.
  • Laring merupakan saluran pernapasan yang terdapat struktur epiglotis dan pita suara (rima glotis), laring memiliki fungsi melindungi saluran pernapasan dari masuknya benda asing yang dapat membahayakan saluran pernapasan.
  • Pleura merupakan selaput tipis pembungkus paru-paru. Pleura memiliki fungsi untuk melindungi paru-paru dari berbagai gesekan.
  • Alveolus merupakan struktur pada paru-paru yang berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dengan karbon dioksida secara difusi.
  • Trakeolus merupakan sistem trakea pada serangga yang terdiri dari tabung-tabung yang berfungsi sebagai sistem pernapasan pada serangga.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 13 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved