Roboguru

Sistem pelapisan sosial berdasarkan kasta sifatnya tertutup karena ...

Pertanyaan

Sistem pelapisan sosial berdasarkan kasta sifatnya tertutup karena ...space space

  1. sejak India merdeka pelaksanaan sistem kasta cenderung lunakspace space

  2. sistem kasta hanya dikenal di negara Indiaspace space

  3. masyarakat Bali sebagian besar memeluk agama Hinduspace space

  4. kasta diperoleh melalui keturunan dan berlaku seumur hidupspace space

  5. bentuk perkawinan dalam masyarakat Hindu bersifat eksogamispace space

Pembahasan Soal:

Sistem kasta pada stratifikasi sosial bersifat tertutup karena anggota lapisan sosial tidak bisa berpindah lapisan sosial disebabkan oleh status sosial yang dimiliki oleh individu diperoleh berdasarkan kelahiran turun temurun dan berlangsung seumur hidup.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Dspace spacespace space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Pratiwi

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar struktur sosial vertikal di atas, gambar tersebut menunjukkan stratifikasi sosial yang bersifat ...

Pembahasan Soal:

Stratifikasi sosial tertutup adalah pelapisan sosial yang menutup kemungkinan seseorang untuk berpindah strata sosial baik itu dari lapisan atas ke bawah maupun sebaliknya atau singkatnya seseorang tidak bisa melakukan perubahan status sosial. Sebagai contoh, pembagian kasta di India, yaitu kasta brahmana (pendeta), ksatria (bangsawan dan raja), waisya (pedagang dan pegawai pemerintah), dan sudra (petani). space space

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini: 1.        stratifikasi siklus 2.        stratifikasi semi 3.        stratifikasi terbuka 4.        stratifikasi tertutup 5.        stratifikasi campuran berdas...

Pembahasan Soal:

Kata stratifikasi berasal dari bahasa Latin yaitu stratum yang artinya strata atau tingkatan. Sedangkan sosial diartikan sebagai suatu hal yang berkaitan dengan kelompok atau masyarakat. Stratifikasi sosial ini mengelompokkan masyarakat secara vertikal, di mana ada status sosial yang lebih tinggi dari pada status sosial yang lain.

Status sosial seseorang dalam tingkatan stratifikasi akan menunjukkan hak istimewa apa yang akan individu dapatkan dari masyarakat. perubahan atau berpindahnya status seseorang dari satu tingkatan ke tingkatan yang lainnya sangat tergantung dengan sifat stratifikasi sosial yang berlaku pada masyarakatnya nih. Ada tiga sifat umum stratifikasi sosial, di antaranya,

•      Stratifikasi terbuka

•      Stratifikasi tertutup

•      Stratifikasi campuran

Roboguru

Silsilah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, kelas sosial paling tinggi diduduki oleh....

Pembahasan Soal:

Dalam keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, kelas atau tingkatan sosial paling atas diduduki oleh Sri Sultan yang merupakan gelar anugerah tertinggi sebagai pemilik tahta. Sri Sultan yang saat ini menjabat adalah Sri Sultan Hamengku Buwono X (sepuluh) yang bernama asli Bendara Raden Mas (BRM) Herjuno Darpito. Lapisan berikutnya diisi oleh para bangsawan atau kerabat keraton (sentana keraton). Lapisan ketiga, ditempati oleh para pekerja administrasi kesultanan atau kita bisa menyebutnya sebagai abdi dalem. maka jawaban yang benar adalah C. 

Roboguru

Stratifikasi sosial sangat dihargai pada masyarakat yang  memiliki sistem ... karena usaha dan prestasi sangat dihargai oleh setiap anggota masyarakat  tersebut.

Pembahasan Soal:

Pada masyarakat feodalisme atau pada masyarakat yang memiliki kelas sosial yang tertutup untuk bisa memasuki golongan tertentu sangatlah sulit, khsusnya jika negara tersebut menganut sistem kasta yang dimana sistem pelapisan sosial dirasakan langsung oleh masyarakatnya khususnya ditentukan karena didasari pada garis keturunan. namun berbeda dengan masyarakat yang menganut sistem demokrasi. Faktor keturunan tidak menentukan kedudukan atau tinggi-rendahnya status seseorang, namun yang diutamakan adalah kemampuannya dan  usaha seseorang untuk meningkatkan   kedudukannya di masyarakat. selain itu  dalam  masyarakat  yang menganut sistem stratifikasi terbuka memiliki         potensi dimana seseorang akan kehilangan kedudukannya  atau bahkan mengalami penurunan karena seperti yang kita ketahui jika  stratifikasi terbuka membuat semua orang memiliki peluang tersebut, apabila kita tidak mempertahankan, maka akan digantikan dengan orang lain. jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Gelar seseorang yang berkasta ksatria pada masyarakat di Bali adalah...

Pembahasan Soal:

Jawaban: b

Masyarakat Bali memiliki sifat stratifikasi tertutup dan menganut sistem kasta. Sistem kasta pada masyarakat Bali terbagi menjadi beberapa golongan yang disebut sebagai Caturwarna. Caturwarna dibagi atau dikelompokkan menjadi 4, yaitu:

  1. Brahmana, bidang keagamaan (tokoh agama). Jika dalam kasta diberi gelar Ida Bagus (laki-laki) dan Ida Ayu (perempuan).
  2. Ksatria, bidang kepemimpinan, keperwiraan, dan pertahanan keamanan negara. Jika di dalam kasta di beri gelar Anak Agung, Dewa Agung, dan Tjokorda.
  3. Waisya, bidang kesejahteraan masyarakat (perekonomian, perindustrian, dan lain- lain). Jika dalam kasta diberi gelar Gusti Bagus (laki-laki) dan Gusti Ayu (perempuan).
  4. Sudra, bidang ketenagakerjaan (pekerja/buruh). Jika dalam kasta tidak terdapat gelar. Biasanya diberi nama depan Wayan, Made, Nyoman, Ketut.
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved