Roboguru

Simpulkan bagian-bagian informasi yang terdapat dalam teks di atas dengan format sebagai berikut.

Pertanyaan

Cermatilah teks berikut.


Bencana Alam Akibat Kerusakan Lingkungan

    Bencana alam memang sering terjadi di Indonesia, baik dari yang berskala besar maupun yang kecil. Bencana alam sering kali menimbulkan korban jiwa yang jumlahnya tidak sedikit. Salah satu penyebabnya adalah kerusakan lingkungan. Ya, lingkungan dan bencana merupakan dua aspek yang saling berhubungan dan merupakan masalah yang serius bagi negara kita (Indonesia) ataupun negara-negara lainnya.

    Kerusakan lingkungan dapat meningkatkan risiko bencana alam di berbagai negara, termasuk Indonesia. Tingkat kerusakan alam juga penentu tinggi rendahnya risiko bencana di suatu wilayah, terutama di negara kepulauan seperti Indonesia. Hubungan antara tingkat kerusakan lingkungan dan risiko bencana ini terungkap dari World Risk Report (Laporan Risiko Dunia) 2012 yang diluncurkan leh German Alliance for Development Works (Alliance), United Nations University Institute for Environment and Human Security (UNU-EHS) dan The Nature Conservancy (TNC) di Brussels, Belgia, awal Oktober ini. Sepuluh negara dengan peringkat tertinggi atas risiko bencana akibat kerusakan alam, antara lain, adalah Vanuatu (63,66%), Tonga (55,27%), Filipina (52,46%), Jepang (45,91%), Costa Rica (42,61%), Brunei Darussalam (41,10%), Mauritius (37,35%), Guatemala (36,30%), El Salvador (32,60%), dan Bangladesh (31,70%). Sebaliknya, negara dengan risiko bencana terendah adalah Malta dan Qatar. Indonesia sendiri berdasarkan lndeks Risiko Dunia ini berada di peringkat -33 dengan nilai 10,74%. Meskipun begitu, Indonesia masih termasuk negara berisiko tinggi terhadap berbagai bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, erosi, kenaikan air laut, abrasi pantai, dan badai.

    Berdasarkan laporan yang sama, alam mempunyai kemampuan untuk mengurangi risiko bencanana alam tersebut. Salah satunya adalah terumbu karang dan pohon mangrove. Terumbu karang dapat menyelamatkan penduduk di pesisir pantai. Rusaknya terumbu karang dapat meningkatkan risiko bencana alam terhadap para penduduk tersebut.

    Kerusakan alam dapat menyebabkan bencana alam, seperti tanah longsor, banjir, kekeringan, dan lain sebagainya. Kerusakan hutan dapat menyebabkan tanah longsor. Tanah longsor adalah peristiwa geologi yang diakibatkan oleh pergerakan massa berbagai batuan atau tanah, seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan tanah yang besar. Tanah longsor ini juga dapat diakibatkan oleh kerusakan alam, seperti penebangan pohon dengan skala besar. Penebangan pohon dengan skala besar menyebkan berkurangnya pepohonan, terutama pada tebing-tebing curam sehingga tidak dapat menahan tanah yang berada di kawasan tersebut. Tanah longsor ini dapat menyebabkan kerusakan bangunan hingga dapat makan korban.

    Selain tanah longsor, kerusakan alam juga dapat menyebabkan banjir. Banjir adalah peristiwa terendamnya daratan oleh air yang berlebih. Beberapa penyebab banjir yang diakibatkan dari kerusakan lingkungan, yaitu pendangkalan sungai akibat sampah, perusakan lahan, kerusakan hutan, dan lain-lain. Pendangkalan sungai disebabkan oleh sampah-sampah yang dibuang oleh manusia yang tidak bertanggung jawab sehingga menumpuk di sungai tersebut. Kalau tidak terdapat sampah, sungai masih dapat berfungsi sesuai dengan semestinya.

    Sungai yang dangkal dapat menyebabkan meluapnya air sungai pada saat terjadi curah hujan yang tinggi di suatu kawasan. Kedua, penebangan hutan juga dapat menyebabkan banjir. Hutan memliliki fungsi yang penting bagi daerah resapan air, menyimpan air hujan, dan kemudian mengalirkan air hujan tersebut kepada manusia dalam bentuk air tanah. Hutan yang ditebang terus-menerus secara liar akan menimbulkan banjir di kawasan tersebut. Terjadinya banjir secara terus-menerus dan dalam skala yang besar berpotensi menyebabkan tanah longsor.

    Dengan demikian, manusia patut menjaga kelestarian alam agar terjadi keseimbangan sehingga tidak menimbulkan bencana. Bencana alam tidak hanya disebabkan oleh alam itu sendiri, tetapi juga karena adanya kerusakan lingkungan yang dilakukan oleh manusia. Padahal, alam itu sendiri pun secara tidak langsung, sudah melindungi kita dari risiko bencana alam, seperti adanya hutan, terumbu karang, serta mangrove. Oleh karena itu, kita sebagai makhluk Tuhan yang diberi akaI sehat harus melestarikan alam sekitar serta meningkatkan kesadaran diri bahwa alam ini juga melindungi kita dan mengurangi bahaya dari risiko bencana alam. Jadi, berhentilah merusak alam dan mulai menjaga alam.

(Diolah dari berbagai sumber)space 

Simpulkan bagian-bagian informasi yang terdapat dalam teks di atas dengan format sebagai berikut.


space 

Pembahasan:

Teks tanggapan merupakan jenis teks yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, dan menanggapi suatu teks, yaitu dapat berupa teks sastra, artikel, berita, ataupun karya seni pertunjukkan. Struktur teks tanggapan yaitu:

  1. Evaluasi
    Struktur yang pertama dari teks tanggapan adalah evaluasi. Struktur ini berisi pernyataan umum mengenai apa yang akan disampaikan penulis dalam teks. Struktur ini terdapat pada paragraf pertama teks.

  2. Deskripsi teks
    Pada struktur ini akan disampaikan informasi tentang data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung pernyataan atau bahkan melemahkan tanggapan yang disampaikan. Pendapat-pendapat tersebut mulai muncul pada paragraf kedua dan ketiga.

  3. Penegasan ulang
    Struktur yang terakhir ini berisi tentang penegasan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau yang telah diputuskan. Penegasan ulang muncul pada paragraf terakhir.

Bagian evalusi dalam teks tanggapan tersebut terdapat di paragraf pertama karena paragraf pertama  berisi gambaran secara umum tentang materi yang akan dibahas. Paragraf pertama membahas tentang bencana alam sering terjadi di Indonesia dan menimbulkan korban jiwa. Salah satu penyebabnya adalah kerusakan lingkungan.

Jadi, pokok materi yang dibahas tentang bencana alam yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan.space 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 21 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan paragraf berikut! Dewasa ini, minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah. Berdasarkan data Most Littered Nation In the World, studi untuk mencari tahu seberapa tinggi minat ...

0

Roboguru

Pernyataan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah....

0

Roboguru

Simpulan pendapat pro pada teks tersebut adalah ...

0

Roboguru

Berdasarkan teks pada soal nomor (1) di atas, diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan guru dan teman-temanmu. d. Bagaimana penulis menyimpulkan budaya lokal Pelalawan?

0

Roboguru

Berdasarkan teks pada soal nomor (1) di atas, diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan guru dan teman-temanmu. c. Bagaimana tafsiran penulis terhadap budaya lokal Pelalawan?

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved