Roboguru

Siapakah wali sanga yang berperan besar dalam pengembangan pewayangan di Indonesia ?

Pertanyaan

Siapakah wali sanga yang berperan besar dalam pengembangan pewayangan di Indonesia ?

  1. Sunan kalijaga

  2. Sunan bonang

  3. Sunan ampel

  4. Sunan kudus

  5. Sunan drajat

Pembahasan Soal:

Sunan Kalijaga atau Raden Mas Syahid dalam dakwahnya dengan memanfaatkan media wayang. Di mana memasukan cerita-cerita tentang ajaran-ajaran Islam. Tidak hanya lewat wayang, tapi juga lewat seni ukir atau seni suara. Beberapa lagu yang berhasil diciptakan seperti Lir Ilir atau Gundul Pacul. Cara itu dipakai untuk menarik dan mengambil hati masyarakat. Bahkan terkesan efektif.

Jadi, jawabannya adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Purnasih

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu faktor pendukung pendukung perkembangan Islam di Nusantara adalah…

Pembahasan Soal:

Di antara para pedagang Islam yang datang ke Nusantara ada beberapa yang menetap, dan membentuk perkampungan Islam.  Sebagian dari pedagang yang menetap tersebut ada yang menikah dengan penduduk lokal. Beberapa di antaranya bahkan menikah dengan putri raja atau bangsawan. Hal tersebut menjadi salah satu faktor pendukung  perkembangan Islam di Nusantara, Sebab, sebelum menikah dengan pedagang Muslim, penduduk lokal tersebut harus diIslamkan. Kemudian setelah mereka menikah dan memiliki keturunan maka keturunan-keturunan mereka semakin menambah jumlah penduduk Islam yang sudah ada.  Islam pun menjadi agama yang dianut secara turun-temurun di wilayah Nusantara.

0

Roboguru

Sunan Bonang yang bernama asli Raden Maulana Makdum Ibrahim menyebarkan agama Islam melalui….

Pembahasan Soal:

Sunan Bonang memiliki nama asli Raden Maulana Makdum Ibrahim, dan merupakan anak dari Sunan Ampel. Beliau menyebarkan dakwah melalui permainan alat musik bonang, karya sastra suluk, seperti Suluk Wujil, Suluk Regol, Suluk Wragul, dan lain-lain. Selain itu beliau juga menciptakan lagu yang berjudul Tombo Ati, dan gending jawa berjudul Sunan Bonang dan Durma. Beliau berasal dari Tuban, Jawa Timur.

0

Roboguru

Dampak dari adanya islamisasi melalui perkawinan yang terjadi di lingkungan kerajaan adalah ….

Pembahasan Soal:

Dampak dari adanya islamisasi melalui perkawinan yang terjadi di lingkungan kerajaan adalah pihak kerajaan lebih mudah mempengaruhi istana untuk mendukung penyebaran Islam. Secara bertahap, seluruh anggota keluarga kerajaan memeluk Islam. Kerajaan yang tadinya bercorak Hindu-Buddha pun berubah menjadi bercorak Islam. Kemudian, perkawinan tidak hanya terjadi antara pedagang dengan rakyat pribumi, atau antara pedagang dengan kaum bangsawan. Perkawinan juga terjadi di antara putra-putri kesultanan Islam.

0

Roboguru

Penyebaran Islam melalui pendidikan, dilakukan para ulama dengan cara….

Pembahasan Soal:

Para ulama mulai menyebarkan Islam melalui pendidikan dengan mendirikan pondok-pondok pesantren di berbagai daerah. Para pemuda dari berbagai daerah di Nusantara pun mulai menimba ilmu di pesantren. Sebutan yang dipakai untuk mengenali orang yang belajar di pesantren adalah santri ya, teman-teman. Setelah para santri tersebut menimba ilmu, mereka kembali ke daerah asal dan menyebarkan ajaran Islam. Dalam perjalanannya, ternyata saluran pendidikan ini dinilai sangat efektif untuk memperluas penyebaran ajaran Islam, bahkan sampai ke daerah pelosok Nusantara.

0

Roboguru

Penggunaan wayang kulit dalam menyebarkan agama Islam juga digunakan oleh walisongo, tepatnya dilakukan oleh ….

Pembahasan Soal:

Wayang kulit digunakan Sunan Bonang dan Sunan Kalijaga untuk berdakwah. Sunan Kalijaga menggunakan cerita Mahabharata dan Ramayana yang disadur dengan menggunakan unsur Islam selama menampilkan kisah wayangnya. Selain itu, beliau juga berkolaborasi dengan Sunan Bonang membuat cerita wayang, contohnya seperti Petruk Dadi Ratu, Layang Kalimasada, Dewa Ruci, Obong Bale Sigala-gala, dan lain-lain. Sunan Kalijaga juga memberikan syarat bagi orang-orang yang ingin menonton cerita wayang kulitnya. Syaratnya adalah, orang tersebut mau bersyahadat dan bersaksi bahwa ia rela masuk Islam. Setelah itu, beliau akan berdakwah dengan memberikan pengetahuan tentang Islam melalui cerita-cerita wayang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved